Pengetahuan

6 Perbedaan SAP 2000 dengan ETABS Pada Analisis Struktur Konstruksi

Baik ETABS maupun SAP 2000 adalah software yang banyak dipakai dalam analisa struktur kosnstruksi. Lalu bagaimana karakteristik mereka? Apa perbedaan antara SAP 2000 dengan ETABS?

Perbedaan SAP 2000 dengan ETABS

perbedaan sap 2000 dengan tekla
bestructural.com

Pengerjaan kasus analisa struktur ada tiga macam yaitu pengerjaan secara manual, menggunakan matriks, dan memakai aplikasi. Banyak sekali aplikasi digunakan antara lain ETABS, SAP 2000 dan SAFE.

Kali ini, pembahasan terbatas antara SAP 2000 dan ETABS. Seorang analis struktur memakai SAP 2000 atau ETABS berdasarkan fungsinya. Pemakaian SAP 2000 mengacu pada pekerjaan general, sedangkan ETABS mengacu pada pekerjaan spesifik.

Nah, agar tahu perbedaannya secara menyeluruh. Ikuti ulasan berikut

SAP 2000

SAP 2000 memiliki 6 karakteristik sebagai berikut

  • Awal mulanya digunakan untuk analisa dan mendesain gaya gravitasi yang terbentuk
  • Lebih sering dipakai untuk pengerjaan struktur yang lebih kecil, atau bagian dari struktur besar
  • Sangat direkomendasi untuk penangangan geometri kompleks karena menawarkan banyak elemen kepada pengguna. Menawarkan banyak penyesuaian sehubungan dengan opsi meshing.
  • Banyak digunakan di semua jenis strukrur umum seperti stadion, tangki penahan air, hangar bandara, serta cerobong asap. Untuk kemudahan, tersedia banyak templat yang sudah ditentukan untuk mempermudah permodelan struktur.
  • Dapat digunakan untuk menganalisa angin dan prosedural desain seismik yang lebih sederhana. Tetapi butuh banyak data tentang post-precessing untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.
  • Untuk masalah diskrit struktur agar menjadi elemen makroskospik jauh lebih kompleks daripada ETABS

ETABS

ETABS memiliki 6 karakteristik sebagai berikut

  • Lebih banyak digunakan pada pengerjaan proyek seismik skala besar, terutama yang melibatkan permodelan non linier
  • Banyak digunakan pada pengerjaan gedung bertingkat (High Rise Building)
  • Aplikasi ini dapat menganalisa struktur yang meliputi sifat material yang bergantung pada waktu seperti penyusutan dan mulur, analisis tahap kosntruksi, serta analisis pemendekan kolom
  • Menyederhanakan prosedur analisis struktur secara keseluruhan sehingga dapat mencapai target kinerja makroskopik
  • Prosedur lateral menjadi sederhana
  • Untuk desain lateral, opsi data keluaran jadi lebih konduktif.

Perbandingan SAP 2000 dengan ETABS lewat pengujian struktur baja

Untuk tahu perbedaan kedua aplikasi ini secara mendalam dengan melakukan pengujian. Tujuannya supaya bisa mengidentifikasi secara menyeluruh. Memiliki perbandingan yang jelas dan terukur.

Mengambil dari jurnal perbandingan SAP 2000 dengan ETABS, pengujian dilakukan dengan memakai portal baja dengan aturan LRFD (Load Resistance Factor Design). Di Indonesia, penggunaan LRFD mengadopsi aturan SNI 03-1729-2002. 

LRFD merupakan metode perencanaan struktur pada kondisi pembebanan dengan berbagai kombinasi beban faktor yang sudah direncanakan sehingga kondisi batas tidak terlampaui. 

Kesimpulan dari hasil pengujian tersebut adalah baik sap 2000 maupun ETABS meniliki hasil analisis struktur yang sama. Pada benda uji, nilai hasil cek struktur SAP 2000 lebih tinggi daripada ETABS. Nilai tersebut dipengaruhi oleh jumlah data perencanaan yang digunakan.

Secara umum, perbedaan SAP 2000 dengan ETABS terlihat dari penggunaannya. Untuk struktur kecil cocok dengan SAP 2000, tetapi gedung bertingkat lebih tetap menggunakan ETABS. Atau kamu ada pendapat lain?

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait