Pengetahuan

8 Daftar Web Untuk Belajar Arduino Bagi Pemula

Butuh tutorial belajar arduino? Ada kok web belajar arduino untuk pemula.

Ishak Okta Sagita21 Juli 2021
belajar arduino untuk pemula
Image by Tomasz Mikołajczyk from Pixabay 

Arduino merupakan perangkat microcontroller yang bersifat open source. Perangkat ini banyak digunakan pada peralatan elektronika dan dapat dioperasikan melalui komputer. Inilah yang membuat banyak orang belajar arduino. 

Arduino memiliki keunggulan yaitu bahasa program yang sederhana, dapat beroperasi pada OS windows, dan harga yang terjangkau. Kelebihan inilah menjadi alasan mahasiswa elektronika, elektro, maupun mekatronika sebagai judul tugas akhir. 

Mahasiswa sekarang mendapat kemudahan untuk belajar arduino secara online. Salah satunya adalah lewat website yang berisi tutorial belajar arduino.

Untuk para mahasiswa yang ingin mendalami arduino atau pecinta teknologi, kamu bisa masuk web untuk tahu tutorial belajar arduino untuk pemula. Apa sajakah itu? 

1. Arduino.cc

Ini merupakan situs resmi dari Arduino yang memuat konten terkait produk, proyek dan tutorial menggunakan arduino. Kamu bisa mendapatkan informasi tersebut secara gratis. Dan dapat bergabung sebagai member komunitas apabila ingin terlibat diskusi dalam forum.

Namanya website resmi selalu terdepan dalam menyampaikan informasi harga papan yang original. Serta bisa mengunggal berbagai software yang ada hubungannya dengan pengerjaan arduino.

LINK Arduino.cc

2. Adafruit Learning System

Adafruit sendiri merupakan tempat penyedia papan arduino dan komponen lainnya. Selain membuka lapak, kamu bisa membaca artikel untuk mendapatkan pengetahuan dalam bermain arduino. Terdapat juga forum untuk berbagi ilmu terkait arduino dan microcontroller. 

LINK Adafruit Learning System

3. Instructables

Situs satu ini merupakan tempat dimana banyak karya seni berbau DIY (Do It Yourself). Salah satunya adalah hasil kreasi dengan arduino. Banyak ragam hasil karya arduino yang bisa kamu amati, tiru dan modifikasi sendiri. 

Kamu juga bisa mengirim hasil kreasi kamu agar orang lain terinspirasi dengan karya arduino yang kamu buat. 

LINK Instructables

4. LifeHacker Arduino Projects

Lifehacker sendiri meurupakan situs untuk kamu penggemar DIY, serupa dengan instructables. Dalam situs ini banyak sekali berbagai konten tentang arduino, pastinya berguna untuk mengisi waktu luang atau mencari inspirasi tugas akhir. 

LINK LifeHacker Arduino Projects

5. Github

Github merupakan situs yang mampu menghubungkan antara professional dengan amatir di bidang teknologi perangkat lunak. Di sini kamu bisa mengunggah banyak referensi secara terbuka. Tentunya merupakan tempat yang ramah untuk arduino karena Github adalah komunitas open source.  

Kamu bisa menggunakan proyek milik salah satu member, mencobanya, dan mengembangkan jadi lebih baik lagi. Ini bagus untuk menjalin relasi dengan pengguna dari luar negeri. 

LINK Github

Tadi merupakan situs yang menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar. Tetapi ada juga kok situs yang memakai bahasa indonesia sebagai pengantarnya. Inilah daftar situs tutorial belajar arduino berbahasa indonesia.

6. Ardutech

Ardutech sendiri merupakan situs penyedia jasa untuk belajar arduino. Kamu bisa belajar lewat course ataupun dari konten yang mereka buat. Salah satu contohnya adalah konten tentang data logger suhu kelembaban, sensor suhu, dan membuat fingerprint dengan arduino

LINK Ardutech

7. Arduino Indoensia

Situs kali ini tidak hanya memiliki artikel tentang tutorial belajar arduino, tetapi juga ada video pembelajaran yang bisa diikuti. Di sini tidak hanya konten tutorial saja, kamu bisa mempelajari hal-hal yang terkait dengan elektronika. Selain itu, kamu bisa mencari starter kit arduino sesuai dengan kebutuhanmu. 

LINK Arduino Indonesia

8. Kelas Robot

Situs kelas robot menyediakan puluhan konten terkait tutorial arduino. Kamu bisa menemukan tutorial membuat program membaca data, program led, sensor suhu, audio, motor servo, dll. Ada juga program latihan apabila kamu membutuhkan. Uniknya lagi adalah Kelas Robot menyediakanWAG (WhatsApp Grup) dan Grup Telegram untuk menjalin relasi dan sharing ilmu tentang arduino. 

LINK Kelas Robot

Itu semua adalah 8 daftar situs yang bisa kamu jadikan referensi untuk belajar arduino. Sudah ada konten dan penjelasannya tinggal kamu persiapkan saja komponen yang mau dipakai. Selamat mencoba.

 

Share:

0 Komentar