Kreatifitas

9 Inspirasi Kreasi Hasil 3D Printing Untuk Bahan Tugas Akhir Anak Teknik

Bingung mau bikin gambar 3D? Ini ada berbagi inspirasi hasil 3D Printing yang bisa kamu contoh.

Ishak Okta Sagita26 Agustus 2021

9 Inspirasi Kreasi Hasil 3D Printing Untuk Bahan Tugas Akhir Anak Teknik

Anak Teknik sudah gak asing dengan istilah gambar 3D. Dosen sudah mengenalkan gambar 3D di matkul gambar teknik maupun permodelan. Salah satunya adalah kreasi hasil 3D Printing yang dibuat dari software CAD. 

Gambar hasil 3D Printing dapat digunakan untuk tugas akhir mahasiswa teknik. Setidaknya digunakan unutk materi presentasi sidang skripsi. Berikut ini kumpulan inspirasi kreasi gambar 3D untuk referensi tugas akhir mahasiswa tekniik. 

1. Mesin menggambar otomatis

mesin gambar otomatis
instructables.com

Mesin menggambar otomatis ini bekerja dengan aturan tiga sumbu. Cara kerjanya dengan memasukan program yang telah disiapkan lalu menjalankan dengan mikrokontroler seperti arduino. Mesin ini bertujuan untuk mempermudah proses menggambar yang sifatnya mengulang. 

Mesin ini dapat dipakai untuk membuat gambar 2 dimensi, ataupun gambar artistik. Ini merupakan salah satu tugas akhir yang sering dipakai oleh mahasiswa teknik mesin, mekatronika dan elektro. 

2. Lengan robot

lengan robot
designrobotics.net

Lengan robot merupakan komponen penting pada industri manufaktor. Terutama ketika berurusan dengan benda yang sulit dijangkau dan membahayakan keselamatan manusia. 

Pabrik yang pertama kali menggunakan lengan robot adalah Unimate 1900. Inovasi ini datang dari dua orang bernama George Devol dan Joseph Engelberger.

Bagi mahasiswa teknik mekatronika maupun mesin, kamu bisa membuat tugas akhir lengan robot. Penerapannya bisa untuk kebutuhan pertanian, perkebunan, ataupun pakan ternak.

3. Mesin 4 silinder

mesin 4 silinder
wonderfulengineering.com

Proyek mesin 4 silinder bisa jadi ide tugas akhir untuk mahasiswa teknik mesin. Terutama untuk mengetahui bagian-bagian serta cara kerja mesin 4 silinder. Kamu bisa membuat cekatannya dengan printer 3D FDM konvensional. 

Namun ini tidak menutup fakta bahwa ada tingkat kesulitan yang lumayan tinggi. Penyebabnya adalah mesin 4 silinder memiliki banyak part. Sehingga memakan waktu untuk membuat gambar 3D. 

4. Pengukir laser CNC

pengukir laser cnc
instructables.com

Pengukir laser CNC memakai laser untuk menguapkan permukaan material agar dapat menghasilkan tulisan berupa huruf maupun angka. Berbagai industri menggunakan mesin ini.

CNC bukanlah hal asing bagi mahasiswa teknik mesin maupun mekatronika. Program CNC berguna untuk pengerjaan manufaktur yang sangat kompleks. Mesin CNC banyak dipakai di industri manufaktur.

5. Quadcopter

desain quadcopter
sculpteo.com

Orang awam sering menyebutnya dengan istilah drone, Quadcopter jadi salah satu favorit tugas akhir mahasiswa teknik. Terutama mereka yang tertarik dengan ilmu penerbangan.

Hambir semua kegiatan manusia melibatkan quadcopter. Baik untuk liputan berita, dokumentasi konser musik, sampai kebutuhan pemantauan untuk area yang sujit dijangkau manusia. 

6. Robot modular

robot 3d printing
thecoolist.com

Robot bisa menjadi topik tugas akhir yang gak ada habisnya. Tiap saat selalu ada kebutuhan robot untuk membantu pekerjaan manusia.

Pengerjaan robot sendiri terbagi dalam dua aspek yaitu desain dan elektronika. Desai robot dapat dibuat dengan memakai printer 3D. 

Kemendikbud membuat Kontes Robot Indonesia (KRI) tiap tahun untuk mahasiswa. Biasanya mahasiswa yang ikut KRI memanfaatkan untuk menyusun tugas akhir.

7. Mesin Jet

replika mesin jet
3dprint.com

Mahasiswa teknik penerbangan bisa pakai mesin jet sebagai materi tugas akhir. Mirip dengan mesin 4 silinder, anak teknik penerbangan dapat membuat replika mesin jet lewat gambar 3D. 

Bagian-bagian mesin jet yang dapat disorot antara lain

  • Kipas
  • Inti (core)
  • Penempatan kompresor
  • Ruang pembakaran dengan injektor bahan bakar
  • Turbin yang terhubung pada poros dan knalpot

Sebagai informasi, masin jet pertama kali diproduksi oleh Hans von Ohain. Tanggal 27 Agustus 1939, Heinkel HE 178 melakukan pengujia terbang pertama. Pemegang hak paten jet adalah Frank Whittle karena dia yang pertama kali mematenkan mesin jet. 

8. Router CNC

router cnc
Caption

Router CNC beroperasi dengan koordinat kartesius 3 sumbu yang dikendalikan oleh komputer. Sering kali penggunaannya untuk pengerjaan kayu. 

9. Pesawat RC

pesawat rc
all3dp.com

Topik lain untuk tugas akhir anak teknik penerbangan adalah membuat pesawat RC. Untuk desain bisa mencekat dengan printer FDM konvensional.

Kuntungan lainnya adalah kamu dapat membuat desain sesuai keinginanmu. Tujuannya untuk membuat perbandingan, misalnya dampak laju terbang pesawat terhadap ukuran sayap. 

 

Kamu bisa gunakan semua kreasi desain 3D untuk topik tugas akhir. Siapa tahu ada yang menarik hati.

Untuk memesan jasa cetak 3D print bisa melalui DM Instagram @tridiku_3d atau melalui via WhatsApp 

 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait