Teknologi

9 Rekomendasi Aplikasi Manajemen Proyek untuk Berbagai Industri

Mencari aplikasi manajemen proyek mirip-mirip cari pacar. Apakah dia sesuai untuk kita?

Ishak Okta Sagita17 Juli 2021

Aplikasi manajemen proyek sangat berguna bagi perusahaan untuk meningkatkan produktivitas. Semua informasi dapat terpampang dengan jelas seperti jadwal pekerjaan sampai dengan pembagian tugas masing-masing. Pembagian tugas yang jelas mampu menjadi jembatan antar departemen agar tercipta komunikasi.

Kegiatan manajemen proyek meliputi berbagai hal yaitu pengaturan, pencatatan, rincian biaya, hingga estimasi waktu pengerjaan. Durasi pengerjaan proyek sangatlah bervariasi mulai dari hitungan bulan sampai tahun. Setiap industri memiliki tingkat kesulitan tersendiri sehinga gak bisa disamaratakan.

Pemilihan aplikasi manajemen proyek mirip-mirip mencari jodoh. Harus dicari yang sesuai dengan kebutuhan, kecocokan dalam industri, spesifikasi, dan kemudahan dalam mengakses. 

Untuk itu, Anak Teknik memiliki berbagai daftar aplikasi manajemen proyek yang bisa dicoba. Siapa tahu bisa ketemu yang cocok. 

1. Procore

aplikasi menejemen protek procore
procore.com

Procore merupakan produk buatan Procore Technology. Aplikasi berbasis cloud ini dibuat khusus untuk industri kosntruksi yang dirancang sederhana namun aman untuk pengguna. Aplikasi ini juga memiliki fitur perubahan sistem urutan serta alat manajemen gambar

Procore mampu mengerjakan berbagai proyek, mengundang kolaborator, dan memungkinkan memantau perkembangan di seluruh perangkat. 

2. BuilderTrend

buildertrend aplikasi manajemen kosntruksi
clockshark.com

Bulidertrend merupakan aplikasi manajemen konstruksi yang mengelola penjadwalan, komunikasi, anggaran, pembagian tugas, dan sebagainya. Aplikasi ini dapat digunakan dimana saja selama terhubung dengan web. Sehingga semua pekerja yang terlibat dapat melihat secara langsung.

Aplikasi ini sangat cocok untuk perusahaan konstruksi yang membutuhkan komunikasi dengan klien secara teratur. Serta klien yang membutuhkan layanan subkontraktor.  

3. Eclipse

eclipse aplikasi manajemen proyek
bestwindows8apps.net

Eclipse menawarkan layanan manajemen kosntruksi berbasis browser atau menggunakan cloud sebagai peranti lunak. Penggunanya dapat modul tambahan sehingga mampu menyesuaikan kebutuhan perusahaan.

Aplikasi ini dapat berjalan lewat semua browser sehingga gak butuh perantara orang ketiga. Sangat cocok untuk kebutuhan pekerjaan dari akutansi kosntruksi menuju manajemen proyek, dan kebutuhan analisis bisnis menuju pengambilan data jarak jauh.

4. TeamGantt

teamgantt aplikasi manejemen proyek
teamgantt.com

Aplikasi ini menyuguhkan kegiatan manajemen dengan menggunakan Gantt Chart. Gantt Chart merupakan salah satu metode manajemen berbentuk tabel yang memiliki keterangan waktu. Metode ini sudah ada sejak abad ke-19. 

TeamGantt dapat melakukan perencanaan, penjadwalan, dan manajemen dalam satu tempat. Selain itu, dapat mengundang klien dan divisi terkait untuk melihat perkembangan proyek.

5. Ora

ora aplikasi managemen proyek
ubunlog.com

Ora memiliki tampilan yang menarik untuk ukuran aplikasi manajemen proyek. Pengaturan pekerjaan jadi lebih mudah karena ada jadwal atau card pada setiap pekerjaan. Sehingga semua pihak dapat melihat perkembangan dan progress pekerjaan. Terdapat pula fitur "team chat" untuk komunikasi lebih lanjut ketika malas menambah WAG. 

6. Fieldwire

fieldwire aplikasi manajemen konstruksi
g2.com

Fieldwire dibuat untuk membantu manajemen proyek untuk perusahaan konstruksi. Terbukti dari beberapa fitur seperti construction inspection, signature block, dan detail building inspection. Dengan demikian, para pekerja konstruksi semakin terbantu.

7. Tomps.id

tomps.id aplikasi manajemen proyek
tomps.id

Tomps.id merupakan aplikasi manajemen proyek dengan desain professional. Terdapat berbagai fitur untuk pekerjaan skala menengah dan besar. Termasuk untuk pekerjaan konstruksi.

Fitur yang ditawarkan antara lain project cost, schedule, tracking, dan gantt chart. Serta penyimpanan berbasis cloud.

8. Manpro 

manpro aplikasi manajemen proyek
manpro.id

Serupa dengan tomps.id, Manpro merupakan apliksi manajemen proyek yang ramah untuk pekerjaan konstruksi. Semua kegiatan perencanaan dapat terpantau oleh klien, manager, sampai kontraktor sekalipun. Manpro merupakan aplikasi berbasis cloud sehingga memungkinkan mobilitas.

9. Microsoft Project

microsoft project aplikasi manejemen proyek
youtube.com/microsoft365

Dari nama saja sudah terlihat bahwa ini merupakan produk dari Microsoft. Ms Project merupakan alat yang sering dipakai oleh project manager

Apliaksi ini membantu pekerja proyek membuat perencanaan, penjadwalan, estimasi pengerjaan, sampai kepada pengawasan. Aplikasi ini juga memiliki penawaran tiga paket dengan harga terjangkau.

Kamu bisa belajar lebih jauh lagi tentang Ms Project di e-course Anak Teknik. Dalam e-course Project Management & Schedulling with Microsoft Project akan dibahas lebih lengkap dan mendalam. Dan disertai video praktik. 

Nah, itu tadi merupakan kumpulan aplikasi manajemen proyek yang bisa dipilih sesuai keperluan. Semoga aja bisa ketemu sama yang cocok. 

 

 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait