Teknologi

9 Software Pengganti AutoCAD yang Dapat digunakan di Industri

Lain kuliah lain halnya di industri. Drafter di industri sering menggambar dengan software CAD selain AutoCAD. Lalu, apa saja software pengganti Autocad yang ada di Industri?

Ishak Okta Sagita19 Oktober 2022

AutoCAD bukanlah satu-satunya software untuk gambar teknik. Masih banyak software CAD diluar sana yang dipakai oleh industri. Walau begitu, popularitas Autocad masih tidak terbendung. Salah satu contohnya adalah penggunaan AutoCad pada mata kuliah gambar teknik.

Lain kuliah lain halnya di industri. Drafter di industri seringkali menggambar dengan software selain CAD. Pertimbangan terkait lisensi dan biaya operasional menjadi pertimbangan tersendiri lho. Jadi, jangan kaget pas kerja praktik kamu harus menggambar dengan software pengganti Autocad.

Daftar software pengganti AutoCAD

Mencari software pengganti autocad masih bisa ditemukan secara gratis. Kamu bisa mencari lewat mesin pencari google dengan kata kunci "software gratis pengganti autocad" atau "software CAD selain autocad". Namun itu butuh waktu dan usaha untuk ngulik.

Daripada waktu kamu habis buat searching, langsung akan simak daftarny6a berikut ini. 

1. Freecad

Freecad merupakan salah satu software alternatif AutoCAD. Aplikasi ini dapat diakses melalui freecad.com. Selain gratis, freecad bersifat open source, dimana semua orang dapat mengakses gambar kamu.

Freecad merupakan parameter pemodelan 3D. Dimaan kamu dapat membuat gambar 2D dan menggunakannya untuk menjadikan gambar 3D. Kamu dapat melakukan hal sebaliknya. 

File freecad dapat support berbagai tipe seperti

  • STL
  • IGES
  • SVG
  • DAE
  • IFC
  • OBJ
  • DFX
  • STEP

Langsung klik download freecad untuk memakai software tersebut. Freecad dapat digunakan pada OS windows dan Mac.

2. LibreCAD

Untuk pekerjaan gambar 2D, LibreCAD dapat menjadi pilihan software pengganti AutoCAD. Sifatnya yang open source memudahkan kamu membagikan hasil gambarmu untuk membantu orang lain. 

Sebelumnya libreCAD bernama CADuntu. Jadi, masih ada sebagian orang yang masih mengenalnya sebagai CADuntu, bukan librecad.

Software ini bisa digunakan secara gratis. Download Librecad untuk mendapatkan ilmu gambar teknik dari 30 negara di seluruh dunia

3. BrL-CAD

Tempat ketiga terdapat BRL-CAD, software gratis pengganti AutoCAD yang bersifat open source. Sesungguhnya, BRL-CAD berkolaborasi dengan LibreCAD. Sebagai contoh, LibreCAD beroperasi di bawah paying BRL-CAD di Google Summer dan Google Code-In.

Platform lintas modeling ini telah beroperasi selama lebih dari 30 tahun. Pengembangan yang sudah dilakukan adalah Hybrid CSG and B-rep kernel, High-performance ray-tracing, Extensive geometry libraries

Salah satu keunggulan dari BRL-CAD adalah software ini digunakan oleh militer amerika serikat. Satuan militer Amerika Serikat menggunakannya untuk pemodelan sistem persenjataan. Tujuannya untuk menguji tingkat kematian dan potensi kerentanan berbagai senjata. 

Brl-cad dapat beroperasi di windows maupun MAC, dan linux. Dan tersedia beragam plugin BRL-CAD hanya di SourceForge.

4. NANOCAD

NanoCAD merupakan software alternatif Autocad gratis lainnya. Sayangnya versi gratisnya untuk tujuan edukasi dan evaluasi. Walau begitu, tetap saja masih ada orang membutuhkannya.

Kamu tidak perlu membuat akun untuk menggunakan Nanocad. Gunakan sajaversi gratis, tetapi harus bayar untuk urusan komersil. 

Nanocad menjadi salah satu software alternatif AutoCAD karen banyak fitur menarik. Diantaranya adalah

  • Ability to create a viewport from model space
  • A line-type editor
  • Ability to preview undos and redos (premium version)

NanoCAD juga mendukung file DWG yang berarti dapat digunakan pada software CAD lainnya. Tentu saja bebas gangguan.

Selain itu, NanoCAD memiliki tipe API yang berbeda., dimana mampu membangun aplikasi add-on untuk fungsional tambahan. 

Kamu dapat menggunakan NanoCAD gratis maupun berbayar. Harga lisensi NanoCAD adalah $180 per tahun. Sedangkan harga lisensi AutoCAD adalah $220 per bulan atau $2640 per tahun.

5. OPENSCAD

Openscad adalah software pengganti AutoCAD lainnya. Kamu dapat mengakses secara gratis untuk membuat objek CAD. Platform ini dapat digunakan di OS windows, Mac, dan Linux. 

Software OPENSCAD telah diperbaiki secara berkala, jadi gak perlu download versi lama. Langsung saja masuk ke laman OPENSCAD untuk menggunakannya begitu saja.

Secara umum, terdapat dua cara yang digunakan OpenSCAD. Salah satu teknik pemodelan dapat digunakan geometri padat konstruktif, sementara lainnya adalah ekstrusi garis 2D.

Versi terakhir dari OPENSCAD adalah Mac OS X 10.9 atau lebih atau windows 7.  

6. QCAD

Selanjutnya adalah QCAD, software pengganti AutoCAD gratis yang bersifat open source. QCAD sangat bagus untuk pengerjaan pemodelan 2D. Sehingga layak jadi pertimbangan kalau kamu tidak bisa mengakses AutoCAD.

Salah satu kelebihan dari QCAD adalah ramah pengguna pemula. Interface memang tidak terlihat terlihat modern, namun sangat intuitif dan mudah dipahami.

Berbagai fitur menarik dari Qcad adalah sebagai berikut

  • Print to scale
  • Print on multiple pages
  • Group with blocks
  • Use up to 35 CAD fonts
  • 4,800 CAD parts from the library
  • Many more features

Kamu bisa masuk ke laman download QCAD gratis. QCAD dapat diakses melalui OS Windows, Mac, maupun Linux

7. DRAFT IT

Software pengganti AutoCAD gratis lainnya adalah Draft It, yang didistribusikan dari Cadlogic. Draft It bisa diakses secara gratis.  Kamu dapat dipakai untuk menggambar pemodelan CAD secara profesional.

Fitur menarik dari Draft it adalah

  • Create lines, circles, arcs, and more
  • Various dimension tools
  • Dynamic editing

Selain versi gratis, Draft It memiliki versi pro alias berbayar. Versi pro sendiri dikenakan biaya Rp 1.600.000. Dengan biaya segitu sudah mendapatkan simbol library yang dapat dimasukan saat menggambar. Bahkan kamu dapat upload file DWG dan DXF seperti AutoCAD.

Untuk versi arsitektur jauh lebih mahal sekitar Rp 3.400.000. Walau begitu, sudah mendapatkan simbol arsitektur dan pemodelan 3D lainnya.

Sayangnya, Draft It hanya bisa dioperasikan pada OS windows 32 Bit dan 64 bit. Dapatkan versi gratis Draft It hanya disini.

8. LEOCAD

Leocad dapat digunakan di OS Windows, Linux, dan Mac. Sebagai salah satu software pengganti AutoCAD ini mengijinkanmu membuat desain pemodelan dengan balok Lego. Ini adalah keunikan yang ditawarkan oleh LEOCAD. Namun, perlu diketahui bahwa LEOCAD bukan bagian dari LEGO.

Software LEOCAD sangat cocok dengan LDraw tools. Serta memanfaatkan library LDraw lebih dari 10.000 bagian pada model. Tidak hanya itu, file LDR dan MPG pun cocok pada LEOCAD.

Masuk langsung ke laman LEOCAD untuk memulai gambar teknik.

9. Vectorworks and ConnnectCAD

Vectorworks adalah alat sketch, desain, dan pemodelan yang dapat import file ke AutoCAD. Lalu, dengan menambahkan ConnectCAD add-on. Yang cocok untuk 2D Hybrid dan pemodelan 3D. Serta dapat mengizinkan untuk import maupun eksport file DXF dan DWG.

Software Vectorworks adalah software berbayar, namun gratis untuk kegiatan akademik. Jika kamu masih mahasiswa, kunjungi Vectorworks Academic Portal untuk mendapatkan lisensi gratis.

Dari semua software pengganti AutoCAD ini, mana yang sudah kamu pakai?

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait