Pengetahuan

Bagaimana Memilih Material Konstruksi Yang Tepat Guna

Material konstruksi mempengaruhi ketahanan, keamanan, dan fungsional bangunan. Sisanya adalah masalah biaya dan distribusi.

Ishak Okta Sagita12 Maret 2024

Material konstruksi adalah hal penting yang nggak bisa dilewatkan begitu saja. Ini sama pentingnya dengan menentukan struktur konstruksi. Ketahanan, keamanan, dan fungsional konstruksi patut diperhitungkan. 

Material konstruksi yang dipakai juga gak sembarangan. Ada berbagai alasan mengapa sebuah material jadi krusial. Semua kembali lagi ke rencana proyek. 

Rencana proyek memberi panduan seperti apa pengerjaan konstruksi tersebut. Dalam rancangan kerja sudah dijelaskan alur kerja, kebutuhan, dan material yang digunakan. 

Dalam praktiknya, ada beberapa pertimbangan dalam memilih material konstruksi. Berikut ini adalah faktor apa saja yang mempengaruhi pemilihan material konstruksi. 

Memilih material konstruksi yang tepat

material konstruksi

Material adalah dasar dari semua aplikasi teknik. Proses pemilihan material ditentukan oleh persyaratan, hasil rancangan, serta pengaplikasianya di lapangan.

Persyaratan material menghasilkan kualitas konstruksi yang baik dan kokoh. Tidak hanya terlihat bagus namun dapat memberi fungsi bagi manusia. 

Ada beberapa pertimbangan yang patut diperhatikan dalam memilih material konstruksi. 

Ketahanan

Bangunan dapat berfungsi kalau memiliki ketahanan yang baik. Secara umum, insinyur merancang konstruksi dapat berdiri selama puluhan tahun. 

Tujuannya supaya dapat digunakan dalam jangka panjang. 

Efisiensi energi

Efisiensi energi menjadi faktor lain yang perlu dipertimbangkan. Material konstruksi tidak berfungsi sebagai pelindung, namun ada manfaat pengaturan suhu ruangan. 

Material konstruksi memiliki nilai koefisien termal yang menjadi parameter dalam sistem pembebanan listrik. 

Nilai koefisien termal material dapat ditemukan pada buku rancangan konstruksi dan sejenisnya. 

Sederhananya, material konstruksi membuat udara dalam ruangan terasa dingin walau tanpa memakai AC. Suhu dingin yang alami dapat menghemat tagihan listrik. 

Perawatan

Bangunan membutuhkan perawatan rutin mulai dari pengkajian sampai penggantian komponen. Biaya perawatan dapat ditekan apabila dari awal sudah menentukan material konstruksi. 

Material dengan kualitas bagus dapat menekan biaya perawatan dalam jangka panjang. Karena perawatannya lama, maka bangunan ini makin produktif karena minim gangguan perawatan. 

Biaya

Biaya menjadi hal penting dalam memilih material konstruksi. Sederhananya, jika anggaran proyek besar maka bisa mendapatkan kualitas material yang bagus. 

Selain bahas kualitas. biaya juga mempengaruhi tingkat kesulitan pengerjaan konstruksi. Semakin kompleks konstruksi maka biaya yang keluar juga makin besar. Ini belum termasuk dengan biaya keterlambatan dan sebagainya.

Terlepas dari itu, pada akhirnya biaya pengerjaan mempengaruhi pengerjaan konstruksi. Terutama masalah pemilihan material. 

Ketersediaan

Ketersediaan dan waktu tunggu menjadi pertimbangan lain dalam memilih material konstruksi. Ada kalanya material yang dipesan tidak ada di pasar lokal. 

Mau tidak mau harus mengirim dari pihak lain. Tentunya ada biaya tambahan untuk transportasi. 

Pertimbangkan kembali untuk mencari materil yang ada di pasar serta mudah dijangkau. Selain mudah, hal ini juga menghemat anggaran dan waktu pengiriman. 

Kontraktor akan menghubungi pihak ketiga untuk mengirimkan material sesuai pesanan. Ada kalanya pengiriman barang tersendat di perjalanan. 

Dengan begitu, pertimbangkan kembali siapa pemasok barang yang dapat mengirim barang. 

Keberlanjutan

Keberlanjutan menjadi pertimbangan penting dalam memilih material bangunan. Terutama jika kamu mengerjakan proyek konstruksi yang mengedepankan bebas emisi karbon. 

Kualitas Material

Ada harga ada kualitas. Itulah yang menggambarkan kualitas material bangunan. 

Pemilihan material yang tepat adalah bentuk investasi jangka panjang. Walau secara harga lebih mahal, namun jauh lebih awet dan minim perawatan. 

Beton, baja, maupun bebatuan adalah material dengan daya tahan yang tinggi.

Instalasi

Proses instalasi adalah kunci untuk konstruksi memiliki ketahanan yang panjang. Instalasi melebihatkan tenaga ahli yang berpengalaman dalam perlakuan material. Sebab, material memiliki karakteristik, yang mana nantinya butuh perlakuan berbeda. 

Simulasi Material Konstruksi Dengan Structure Analysis and Modeling with ETABS

Structure Analysis and Modeling with ETABS
Structure Analysis and Modeling with ETABS

Mempertimbangkan pemilihan material mempengaruhi kualitas konstruksi yang dihasilkan. Lakukan pengujian konstruksi melalui simulasi struktural analisis modeling with ETABS.

Dapatkan infomasi dan training tentang konstruksi lainnya di anakteknik.co.id

Share:

0 Komentar