Pengetahuan

Bagaimana Tips Belajar Coding yang Efektif Bagi Pemula Biar Makin Jago

Belajar coding namun bingung mulai darimana? Ikuti tips-tips ini supaya kamu bisa belajar coding yang efektif

Ishak Okta Sagita26 Juli 2021

Coding menjadi salah satu skill yang banyak dibutuhkan di dunia kerja saat ini. Perubahan aktivitas perusahaan menuju kepada kegiatan digital membuat kebutuhan programmer semakin bertambah.

Pandemi covid-19 makin mempertegas akan pentingnya kompetensi coding. Hal ini ditandai dengan  banyaknya perusahaan mencari programmer untuk kebutuhan mereka. Serta berbagai campaign agar menaikkan minat untuk belajar coding. 

Sayangnya, bukan hal mudah untuk meningkatkan minat masyarakat untuk mau belajar coding. Bagi mahasiswa teknik, sebagian dari mereka gak mau mempelajari coding. Nominal gaji perusahaan migas dan pertambangan jauh lebih layak untuk diperjuangkan.

tips belajar coding untuk pemula
Photo by cottonbro from Pexels

Masalah lainnya adalah bingung mau mulai belajar dari mana. Manakah yang harus didahulukan dan diprioritaskan. Serta merasa lelah harus mengejar ketertinggalan, apalagi setelah menjadi freshgraduate.

Kalaupun masih kuliah, mengerjakan tugas dan laporan jauh lebih mendominasi daripada belajar coding. Alhasil mahasiswa merasa gak ada waktu untuk belajar dan memulai. Bingung mencari waktu yang tepat untuk memulai.

Sebenanya masalah tersebut dapat teratasi apabila kamu ingin belajar coding secara efektif. Tanpa mengganggu tugas dan laporan. Lalu, bagaimana tips belajar coding yang efektif?

1, Kuasai konsep dasar coding

Memegang pondasi dasar sebuah adalah hal penitng untuk mempelajari sesuatu. Tanpa pemahaman dasar yang mendalam membuat kamu sulit memahami coding.

Dasar-dasar coding terdiri dari lima fase menurut bitlabs.com, yaitu

  • Originating : yaitu kegiatan pengumpulan data
  • Input : kegiatan memasukan data ke dalam perangkat
  • Process : kegiatan dimana memproses data dengan cara menghitung, mengurutkan, dan pengelompokkan
  • Output : Data yang muncul di dalam perangkat setelah diproses
  • Distribution : Kegiatan penyebaran informasi berdasarkan data yang dihasilkan

Lima fase ini adalah alur dasar dalam coding. Tentunya ini bukan fase yang mutlak, setidaknya ini bisa jadi referensi. 

Namun bisa juga kamu mengadaptasi alur berpikir ketika mahasiswa elektro membuat rangkaian listrik. Mahasiswa elektro tahu bahwa untuk membuat rangkaian listrik ada input dan output. Menentukan input dan output terlebih dahulu dapat membantu bagaimana nantinya program yang hendak dibuat

2. Pilih salah satu bahasa pemrograman yang ingin dipelajari dahulu 

Bruce Lee pernah berkata

Saya tidak takut dengan orang yang belajar 10,000 tendangan, tetapi saya takut dengan seseorang yang belajar satu tendangan 10,000 kali

Memang benar syarat agar bisa jadi jagoan coding adalah dengan menguasai banyak bahasa pemrograman. Namun akan lebih efektif jika mempelajari satu bahasa terlebih dahulu.

Belajar satu bahasa dapat menghemat waktu dan tenaga. Seluruh energimu bisa terfokuskan pada satu titik. Sehingga belajarmu tidak sia-sia. 

Misalnya kamu memilih HTML sebagai bahasa pertama yang mau dipelajari.  Fokus perlajari HTML sampai selesai. Jika sudah, baru beralih ke bahasa lainnya. 

Belajar beberapa bahasa pemrograman dalam satu waktu justru bikin kamu mudah lelah. Mengingat berbagai ilmu sekaligus dapat menguras tenaga.

3. Atur jadwal belajar

Hal yang paling penting lainnya adalah bagaimana cara kamu mengatur jadwal. Jika jadwal belajar sendiri tidak diatur dengan baik, hasrat belajar bisa menurun secara perlahan. Lalu menghilang dalam hitungan bulan.

Cara terbaik untuk mengatur jadwal belajar coding adalah dengan mengidentifikasi jadwalmu sepanjang hari. Perhatikan juga berapa waktu senggangmu dalam sehari. Dari situ kamu bisa menentukan kapan waktunya belajar.

Anggaplah kamu punya waktu senggang 3-5 jam per hari. Dari sana kamu bisa ambil waktu 1 jam sehari untuk belajar coding. Atau berapapun waktu yang kamu butuhkan untuk mempelajari satu bahasa pemrograman. Gak perlu lama-lama asalkan dilakukan secara teratur.

Alternatif lainnya adalah dengan belajar sesuai urutan per materi course. Baik mengikuti course yang gratis maupun berbayar, materi ajr sudah tersusun rapi. Kamu bisa menerapkannya dengan aturan satu hari satu materi.  Tujuannya agar kamu lebih fokus dalam menyerap informasi.

4. Praktikkan dengan membuat aplikasi/ website

Belajar coding akan jauh lebih maksimal apabila sambil mempraktikkannya. Mempraktikkan materi membuatmu jauh memahami tentang cara kerja coding. Terkadang apa yang kamu pikirkan bisa jadi berbeda ketika mencoba memasukkan program.

Mempraktikkan coding justru lebih terlihat letak kesulitannya. Kamu jadi tahu melihat dimana sumber permasalahannya. Mengapa program ini sering error. Bagaimana solusinya supaya program dapat berjalan dengan lancar.

Sering membuat aplikasi dapat meningkatkan jam terbangmu. Skillmu semakin berkembang dan berpotensi menjadi pekerjaan sampingan. Caranya dengan menunjukan hasil karyamu melalui portofolio.

5. Amati programmer lain ketika membuat program

Tips belajar coding lainnya adalah mengamati bagaimana orang lain membuat program. Mengamati dapat menambah wawasan dan referensi.

Untuk pemula, kamu bisa mengamati dan meniru bagaimana seseorang membuat program. Tidak ada yang salah dengan meniru selama konteksnya belajar. Toh, waktu kuliah seringkali meniru cara penyelesaian yang diajarkan sama dosen.

6. Menjalin relasi dengan sesama programmer

Menjalin pertemanan dengan sesama programmer membantumu belajar jauh lebih baik. Bentuknya bisa beragam mulai dari ngobrol, sharing, atau berdiskusi tentang bahasa pemrograman dan permasalahannya.

Kebiasaan berbagi menandakan kamu memiliki banyak wawasan, terutama dari programmer yang sudah berpengalaman. Pengalaman mereka bisa jadi pelajaran untukmu di kemudian hari.

Bahkan, kamu bisa mengulang kembali materi yang sudah dipelajari dahulu kala. Banyak belajar hal baru membuatmu terkadang lupa dengan dasar-dasar coding. Penting lho selalu mengulang kembali materi yang sudah dipelajari agar tidak tersesat.

7. Mengikuti bootcamp/ course tentang coding

Seringkali mengikuti boorcamp/ course tentang coding dianggap sebagai cara yang sia-sia. Anggapan bahwa materi coding bisa download di internet, ataupun mencari referensi dari Youtube sudah lebih dari cukup.

Menginvestasikan diri untuk ikut bootcamp tidak selalu berakhir dengan rugi. Salah satu manfaat ikut bootcamp yaitu kamu punya teman yang memiliki pemahaman serupa. Kesamaan level ini bikin kamu nyambung dengan sesama peserta. Bonusnya adalah kamu bisa bertanya dengan trainer.

 

Itu tadi merupakan beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk belajar coding yang efektif. Semakin sering kamu menerapkan semua tips yang dibagikan, besar kemungkinan kamu jadi jagoan coding.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait