Kreatifitas

Cara Menulis Artikel Ilmiah Populer Agar Mudah dibaca Pembaca

Menulis artikel ilmiah populer berbeda menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Bagaimana caranya agar karya ilmiah tetap bisa dipahami oleh pembaca

Ishak Okta Sagita3 November 2021

program kreativitas mahasiswa

Program Kreativitas mahasiswa (PKM) adalah bentuk karya tulis ilmiah yang dibuat mahasiswa. Setiap tahun, mahasiswa mengirim proposal PKM untuk dilombakan. Jika lolos uji proposal, mahasiswa mendapat dana penelitian. 

Ciri-ciri dari karya tulis ilmiah adalah memiliki latar belakang, tinjauan pustaka, hasil analisa. dan kesimpulan. Diksi yang dipakai teknis dan baku. 

Sedangkan Anak Teknik adalah media yang memuat artikel kreatif. Penggunaan bahasa kreatif agar mudah dibaca oleh orang awam. Salah satu cirinya pemilihan kata yang santai. 

Lalu, bagaimana cara menulis artikel ilmiah agar mudah dipahami? Terutama terkait karya ilmiah mahasiawa seperti Program Kreativitas Mahasiswa.

Cara menulis artikel ilmiah populer tentang Program Kreativitas Mahasiswa

menulis artikel ilmiah populer

Menggunakan bahasa kreatif dan sederhana

Penitng untuk memahani gaya penulisan kreatif, termasuk pemilihan bahasa. Penulisan konten mengadopsi pendekatan tulisan kreatif. Penulisan kreatif memakai bahasa sederhana agar mudah dicerna

Bagaimana urutan menulis artikel ilmiah populer (konten) dengan bahasa yang sederhana?

  • Dekripsi hasil temuan : Apa inovasi ataupun terobosan yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut.
  • Apa yang dilakukan mahasiswa : Senada dengan latar belakang, sampaikan dengan singkat tentang apa yang mereka lakukan saat itu.
  • Cara kerja : Penting bagi pembaca untuk mengetahui cara kerja dari hasil karya, Harapannya pembaca punya bayangan tentang apa yang dilakukan mahasiswa
  • Kesimpulan : Jelaskan kesimpulan dengan sederhana. Tonjolkan bagian atau poin-poin yang menarik untuk pembaca

Lampirkan ilustrasi berupa gambar pendukung

Lampirkan gambar pendukung dalam bentuk produk maupun benda kerja. Ilustrasi tersebut akan mendukung isi artikel.

Apabila tidak ada gambar asli, kamu bisa menggunakan ilustrasi lain yang mendukung isi artikel tersebut. Pasalnya gambar adalah media untuk memperjelas pada pembaca.

Kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut dalam memilih gambar

  • Ukuran gambar : Disarankan memilih gambar dengan kapasitas dibawah 125 kb. Lebih dari itu bikin loading jadi lebih lama. Waktu untuk membaca artikel semakin lama.
  • Resolusi gambar : Kamu bisa memilih gambar dengan resolusi 640 x 480 pixel atau 700 x 360 pixel. Ini resolusi yang direkomendasikan untuk satu kolom konten artikel.

Untuk mengubah kapasitas dan resolusi gambar, kamu bisa memasukan kata kunci "editor gambar online". melalui mesin pencari. 

Berikan data terkait Artikel ilmiah poluler/ Program Kreativitas Mahasiswa

Karya ilmiah, terutama PKM pasti ada data pengujian maupun hasil akhir. Kamu gak harus melampirkan data secara keseluruhan, tampilkan yang menarik saja. Data tidak harus berbentuk tabel tetapi bisa berupa paragraf kesimpulan. 

Selain paragraf, kamu bisa menyajikan dalam bentuk grafis. Tentu harus membuat data grafis terlebih dahulu. Kalau gak mau bikin, pakai saja yang sudah ada. 

Menyajikan data membuat orang lebih tertarik dengan isi artikel. Terutama data dapat jadi tolak ukur perbandingan. 

Menerapkan kaidah Search Engine Optimization (SEO)

Menulis artikel ilmiah populer dengan aturan SEO dapat memudahkan orang mencari artikel terkait Program Kreativitas Mahasiswa. Dalam konteks digital marketing, artikel SEO bertujuan untuk meramaikan situs. 

Kamu bisa membuat artikel SEO cara dengan memperhatikan hal-hal berikut

  • Keyword (kata kunci) : Pemilihan kata kunci sangat berguna untuk memaksimalkan optimasi situs. Pasalnya kamu kalau mencari lewat Google selalu berangkat dari kata kunci. Pililah kata kunci yang relevan dengan artikel kamu.
  • Memasang subheading : Subheading berfungsi untuk memudahkan pembaca memahami isi artikelmu. Mengapa demikian, karena membaca teks digital jauh lebih melelahkan daripada teks fisik. Untuk kenyamanan bersama, sematkan subheading pada poin baru. 
  • Menambahkan gambar : Gambar juga memudahkan orang mencari di mesin pencari. 

Contoh artikel ilmiah populer terkait hasil kreativitas mahasiswa (PKM)

membaca artikel ilmiah populer

Untuk memudahkan membuat artikel terkait kreativitas mahasiswa ada contoh yang bisa diperhatikan.

Seperti itulah cara menulis artikel ilmiah populer secara digital. Artikel digital bergantung pada dua aspek yaitu pembaca dan mesin pencari. Dan yang terpenting adalah mudah dicerna oleh pembaca. Langsung bikin sekarang juga!

Share:

0 Komentar