Industri

Dengan Menjadi Tukang Las, Kamu Bisa Kerja di 9 Industri Ini

Terkadang pengelasan dianggap pekerjaan sepele. Padahal di tempat yang tepat, tukang las dapat bayaran tinggi. Mana saja industri yang butuh tukang las

Ishak Okta Sagita24 November 2021

Walau terlihat sepele, ilmu pengelasan bisa membawamu mendapatkan kerjaan bagus lho. Kamu bisa kerja di luar negeri, dan otomatis dapat bayaran yang besar. 

Pengelasan merupakan salah satu skill berharga di industri. Bayangin kalau perusahaan gak punya tukang las (welder), perusahan gak bisa berproduksi. Selain itu, banyak sambungan material yang harus dikerjakan. Dari sinilah sosok welder dibutuhkan.

Menjadi welder gak perlu gelar sarjana

proses pengelasan
proses pengelasan

Keuntungan pertama adalah welder adalah pekerjaan yang gak membutuhkan gelar sarjana. Dengan pendidikan SMA/SMK saja sudah bisa menjadi welder.

Menurut data dari U.S. Bureau of Labor, rata-rata gaji welder professional sebesar $45,190 (Rp 644.436.514) per tahun. Jika dihitung perbulan, welder mendapatkan upah Rp 53.700.000 per bulan.

Angka tersebut hanyalah rata-rata yang didapatkan welder. Mengingat tingkat kesulitan pekerjaan, jenis industri, daerah tempat bekerja, dan skill bsa mempengaruhi nominal gaji.

Industri yang membutuhkan welder

pengelasan konstruksi
pengelasan konstruksi

Setelah ini, kamu bertanya-tanya industri mana saja yang butuh tukang las alias welder. Berikut ini ada 9 industri yang pasti butuh penyambung material. 

Manufaktur

Perusahaan manufaktur memproduksi berbagai macan produk material untuk berbagai skala industri. Kebanyakan produk manufaktur digunakan untuk kebutuhan industri migas, otomotif, konstruksi, pertanian, dan lain sebagainya.

Welder di industri manufaktur berurusan dengan penyambungan material dalam berbagai bentuk dan ukuran. Selain itu bertanggung jawab dengan maintenance dan membuat produk baru. 

Konstruksi

Kegiatan konstruksi dapat berhasil kalau ada sosok welder. Bayangkan saja jika tidak ada mereka, gak ada yang ngelas baja untuk dibuat pondasi pilar. Selain itu, tentu masih banyak yang lain.

Industri konstuksi menggarap pekerjaan berupa gedung, jembatan, bendungan, sampai perumahan komersil. Untuk itu, pekerjaan welder di kosntruksi akan mengikuti permintaan kontraktor. 

Kamu bisa cari yang lebih santai dengan ambil pekerjaan ngelas pagar rumah, baliho, dan perabotan rumah tangga lainnya.

Material

Bagian material ini merujuk pada pengelasan berdasarkan gambar lembar kerja. Mudahnya, welder harus menentukan metode pengelasan sesuai dengan spesifikasi. Pasalnya benda kerja tersebut akan digunakan untuk konstruksi. 

Sebagian besar pekerjaan ini berurusan dengan maintenance. Bagian yang sering dicari adalah area HVAC. 

Pembuatan boiler

Boiler adalah alat untuk memanaskan air agar berubah jadi uap untuk kebutuhan produksi. Salah satu contohnya pabrik kelapa sawit memanfatakan uap panas untuk menggerakan turbin. 

Kamu tidak perlu menghitung siklus pemanasan boiler. Welder hanya membuat, menyambungkan, dan memperbaiki komponen berdasarkan ketentuan gambar. Tak lupa dengan mengamati pengujian boiler untuk mencari tahu bagian mana saja yang masih bisa dikembangkan. 

Kelebihan dari pekerjaan pembuat boiler adalah dapat bepergian ke luar kota. Sering kali boiler digunakan di perusahaan-perusahaan besar. Tantangan dari pekerjaan ini adalah berada di lingkungan kerja dengan suhu dan kelembaban tinggi. 

Migas

Bukan lulusan teknik perminyakan tapi pengen kerja di Pertamina? Jawabannya dengan menjadi rig welder.

Sosok rig welder bertugas membuat pulau buatan dan konstruksi untuk pekerja offshore. Selain pembuatan, mereka melakukan perbaikan dan perawatan reguler. Seringkali rig welder adalah orang yang tinggal di dekat kilang minyak karena lebih mudah dijangkau. 

Dengan pekerjaan yang sama, welder di kilang minyak bisa membawa uang lebih banyak dari teman sejawat. Bayaran tinggi juga mengundang risiko seperti cuaca tak menentu, terkena paparan zat kimia, dan harus siap kerja kapanpun. 

Otomotif

Pecinta olahraga balapan tetap bisa bekerja di industri otomotif dengan jadi welder untuk perusahaan atau tim pembalap professional.

Tim mekanik membutuhkan komponen dengan cepat untuk keperluan balapan. Untuk menjawab itu, mereka mencari welder. Tugasnya adalah memyambungkan, memperbaiki, atau maintenance komponen mekanik untuk kendaraan balap. Spesifikasi yang dibutuhkan butuh material yang tahan tekanan dan tegangan tinggi namun tetap bekinerja tinggi.  

Tantangan dari pekerjaan welder otomotif adalah harus membuat komponen baru setiap saat dengan mengikuti aturan yang berlaku. Yang tak kalah penting, produk pengelasan harus aman dan nyaman untuk pengemudi.

Perkapalan

Perusahaan pembuat kapal sudah pasti butuh welder untuk merakit kapal. Tentunya dengan jumlah banyak mengingat ukuran kapal yang begitu besar. Selain itu, ada juga perawatan agar usia kapal makin panjang.

Mengingat tanggung jawab yang besar, welder kapal mendapatkan bayaran yang fantastis. Terkadang welder kapal merupakan bagian dari kru kapal, sehingga harus siap sedia dan jam kerjanya mengikuti jadwal pelayaran.

Militer

Pekerjaan disini adalah melakukan pengelasan terhadap komponen militer. Untuk bisa bekerja di industri militer, werga sipil perlu dibekali dengan pelatihan dasar militer. Pemahaman kultur militer dan kondisi fisik juga keharusan.

Welder militer bekerja membuat, memperbaiki, dan maintenance semua perangkat militer. Beban kerjanya terbilang tinggi karena harus siap sedia. Namun upahnya juga tidak sedikit.

Dalam angkatan laut, welder sering kali harus tinggal di kapal selama waktu tertentu. 

Pekerjaan bawah laut

Terakhir, bisa dibilang pekerjaan pengelasan paling greget. Welder di bawah laut biasanya mengelas di bawah laut atau area tertutup yang dikelilingi air.

Sering kali welder bawah laut memperbaiki jaringan pipa, kapal, rig, dan lainnya yang ada di bawah laut. 

Pengelasan di bawah laut sangatlah berisiko. Welder harus menghadapi tekanan air laut yang tinggi. Belum efek gelembung yang menghalangi penglihatan. Namun, gaji yang ditawarkan bisa sangat tinggi. 

Dari semua jenis industri, masihkah ada tempat lain yang butuh tukang las?

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait