Pengetahuan

Habis Rp 2 Miliar, Mengapa Biaya Pengecatan Pesawat Sangat Mahal

Cara mengecat pesawat hampir sama dengan mengecat mobil. Biaya pengecat pesawat sangat mahal sampai Rp 2 miliar. Kenapa harganya mahal?

Ishak Okta Sagita20 Agustus 2021

Awal bulan Agustus 2021 dihebohkan dengan postingan Pesawat Kepresidenan Indonesia ganti cat. Pengecatan pesawat kepresidenan Indonesia mengundang reaksi dari netizen. Khususnya saat tahu biaya pengecatan pesawat kepresidenan mencapai  Rp1,4 miliar hingga Rp2,1 miliar.

Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa biaya ngecat pesawat mencapai 2 milyar rupiah. Masa Rp 2 miliar habis buat ngecat pesawat. Emangnya apa yang bikin harga pengecatan pesawat itu mahal?

Kamu perlu cari tahu kenapa harganya bisa 2 milyar rupiah. Memang gak bisa kurang?

Berapa biaya pengecatan pesawat

biaya penegcatan pesawat
salatigaterkini.pikiran-rakyat.com

Melansir dari CNN, biaya pengecatan pesawat tergantung ukuran dan tingkat kompleksitas desain. Mengecat pesawat penumpang biasa seperti Boeing 747 saja harganya kisaran $150.000 (Rp 2,1 milyar) sampai $300.000 (Rp 4,3 milyar)

Proses pengecatan pesawat tidak bisa selesai dalam hitungan jam. Pekerjaan ini bisa memakan waktu berhari-hari. Untuk pesawat kepresidenan indonesia memakan waktu 1 minggu.

Penyebab biaya pengecatan pesawat mahal

biaya pengecatan pesawat
blog.klm.com

Kamu berpikir kok bisa mengecat pesawat keluar uang sampai Rp 2 miliar. Tetapi uang segitu masih terbagi dalam beberapa aspek lho.

1. Membayar jasa dan cat

Hal mendasar dari pengecatan pesawat adalah orang yang mengecat.. Mengecat pesawat saja bisa memakan waktu hingga berhari-hari. Dan sulit dilakukan ketika hanya membayar satu orang. Di Emirates Airlines tukang cat sendiri dapat upah $18/ jam.

2. Harga cat

Melansir dari travelstatsman.com, harga satu gallon cat saja mencapai $187.43. Untuk mengecat pesawat boeing 747 saja butuh kira-kira 160 gallon cat. Jadi bisa ditebak berapa biaya yang habis untuk beli cat.

3. Jenis cat yang digunakan

Proses pengecatan pesawat umumnya menggunakan dua jenis cat yaitu epoxy dan enamel. Kedua cat ini punya perbedaan, yaitu.

  • Epoxy merupakan cat poliuretan yang melekat pada permukaan pesawat. Selain itu, ia memiliki ketahanan terhadap bahan kimia sehingga tidak mudah teroksidasi, rusak, maupun luntur.
  • Enamel sendiri merupakan cat yang harganya lebih murah dari epoxy. Namun aman bagi manusia karena tidak mengeluarkan gas tertentu ketika sedang menyemprotkan.

Sering kali, cat enamel dipakai untuk desain dan warna pesawat. Sedangkan epoxy untuk kekuatan dan membuat pesawat tampak kinclong. Sehingga mendapatkan kekuatan dan estetika secara bersamaan.

4. Teknik pengecatan pesawat

Pengecatan pesawat memakai cat semprot untuk pengganti pengecatan dengan kuas atau roller. Perangkat yang digunakan juga beragam mulai dari yang bervolume tinggi, tekanan rendah atau HPLV dan sangat cocok untuk jenis pengecatan pesawat.

Hasilnya adalah memungkinkan lapisan cat yang merata dan tipis dan tidak ingin memberikan berat berlebih. Sejatinya pengecatan dapat menambah berat pesawat mencapai 550 pounds.

Cara pengecatan pesawat

cara mengecat pesawat
flightradar24.com

Mengecat pesawat juga ada proses tersendiri. Berdasarkan aerocorner.com, beginilah urutan pengecatan pesawat

1. Mengupas cat lama yang menempel di pesawat

Sebelum pesawat dilakukan pengecatan, pertama kali cat yang menempel dilepas dahulu. Terdapat dua cara untuk mengelupas cat yaitu dengan mengamplas dan menyiram cairan kimia.

Mengamplas adalah hal yang umum namun memakan waktu. Apabila sampai salah mengamplas dapat merusak bodi pesawat. Jadi perlu ketelitian ketika mau mengamplas pesawat.

Mengelupas dengan cairan kimia membuat pekerjaan jauh lebih ringan. Caranya adalah dituangkan ke pesawat dan akan terkelupas dalam kurun waktu 24 jam.

2. Pemeriksaan perangkat mekanik pada pesawat

Setelah mengelupas cat, pesawat halus lolos pemeriksaan terlebih dahulu oleh mekanik berlisensi FAA. Pemeriksaan ini meliputi paku keling yang longgar, retak, ataupun mengalami kecacatan lainnya. Setelah ketemu, mekanik memperbaiki terlebih dahulu sebelum masuk ke tahap berikutnya.

3. Mengoles pesawat dengan seng kromat

Terdapat dua langkah yang dilakukan setelah pemeriksaan mekanik. Pertama, mengoleskan primer; kedua, menerapkan mantel. Seng kromat adalah jenis primer yang umum dipakai pesawat terbang

4. Mendokumentasi kegiatan pengecatan

Sesuai dengan Peraturan Penerbangan Federal (FAR) Bagian 43, ada dokumentasi merekam sesi kegiatan pengecatan pesawat.

Mengapa harus melakukan pengecatan pesawat

mengapa harus melakukan pengecatan pesawat
aerocorner.com

Terlepas dari buang duit, ada alasan logis dibalik pengecatan pesawat. Pengecatan pesawat dilakukan untuk melindungi dari garam, oksidasi, dan tumpahan bahan bakar yang berisiko merusak logam.

Pengecatan pesawat dilakukan setiap 7-10 tahun. Pasalnya setelah mengecat pesawat, cat dapat membentuk retakan  yang bisa mengumpulkan kelembaban dan bintik-bintik korosi.

 

Dengan kata lain, pengecatan pesawat harus dilakukan untuk menjaga bodi pesawat agar tidak terkorosi. Pasalnya pesawat bisa berada pada lingkungan dengan suhu -65ᵒ dan 350ᵒ Fahrenheit. Biaya pengecatan pesawat memang besar karena banyak kebutuhan yang harus terpenuhi.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait