Opini

Kumpulan Ide Kegiatan Ospek Online yang Berfaedah Untuk Mahasiswa Baru

Kedua kalinya ospek dilakukan secara online. Keterbatasan membuat kegiatan ospek online kurang meriah. Berikut ini ada kumpulan ide kegiatan ospek online yang berfaedah untuk mahasiswa baru

Ishak Okta Sagita15 Agustus 2021

Saat ini, ospek dilakukan secara online. Mahasiswa baru mengikuti kegiatan ospek online melalui Zoom maupun Google Meet selama seharian penuh. Namanya ospek akan ada kegiatan yang harus diikuti mahasiswa baru

Ospek pada tahun 2021 terbilang inovatif dari versi terdahulu. Pertama, ospek dilakukan secara online karena mengikuti kebijakan PPKM. Kedua, panitia ospek kali ini sudah terbiasa dengan kegiatan virtual. Ketiga, panitia menugaskan mahasiswa baru video call sama mahasiswa beda jurusan.

Keunikan tugas ospek menunjukan panitia ospek lebih kreatif, namun disisi lain mengundang komentar netizen karena dianggap melenceng dari tujuan ospek.

Melihat kejadian ini, Anak Teknik punya masukan ide kreatif kegiatan ospek online untuk mahasiswa baru. Semoga ada faedahnya.

1. Tata cara menghubungi dosen

cara menghubungi dosen

Hal paling krusial dalam kuliah adalah menghubungi dosen. Walau sepele namun banyak mahasiswa berjatuhan dalam utusan ini. Salah satunya adalah tidak tahu bagaimana tata cara menghubungi dosen.

Menghubungi dosen sangat berbeda dengan menghubungi teman, apalagi mantan. Ada template yang harus digunakan ketika ingin menanyakan sesuatu kepada dosen. Secara umum template yang digunakan adalah salam pembuka, memperkenalkan identitas diri, tujuan, dan penutup.

Beberapa perguruan tinggi sudah punya pedoman tata cara menghubungi dosen sendiri. Bagaimana dengan kampus yang  gak punya pedoman tata cara menghubungi dosen? Kamu bisa pakai pedoman cara menghubungi dosen lewat tautan ini.

2. Cara membuat CV

membuat cv untuk mahasiswa

CV merupakan lembar penting untuk menunjukan identitas kamu sebagai mahasiswa. Biasanya CV berisi data diri, pencapaian kegiatan, pengalaman kerja, dan kompetensi skill yang kamu miliki.

Masalah umum dalam pembuatan CV adalah terlalu banyak menampilkan informasi kurang penting seperti tinggi badan, jenis kelamin, dan golongan darah. Selain itu, menunjukan kompetensi skill dengan grafik berpotensi multitafsir.

Panitia ospek bisa menyisipkan cara membuat CV sebagai salah satu kegiatan ospek online. Tujuannya agar mahasiswa baru tidak kaget dan bingung dengan CV.

3. Virtual Tour

ospek virtual tour

Konsep dari virtual tour adalah memperkenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru secara daring. Kegiatan ini terpaksa dilakukan ketika ospek dilakukan secara online. Alhasil panitia memasukan virtual tour sebagai salah satu kegiatan ospek online.

Salah satu virtual tour yang terbilang menarik adalah virtual tour yang dilakukan oleh ITS pada ospek tahun 2020. Panitia ITS mengubah virtual tour menjadi kompetisi Minecraft membuat gedung ITS Sebagai informasi, Minecraft sendiri merupakan game simulasi besutan Mojang pada tahun 2011 silam.

4. Cara membuat proposal kegiatan mahasiswa

membuat proposal kegiatan mahasiswa

Perguruan tinggi memiliki banyak kegiatan kemahasiswaan sebagai sarana pembelajaran di luar akademik. Contohnya adalah membuat acara ospek, pensi, UKM, sampai organisasi mahasiswa. Untuk bisa melakukan kegiatan tersebut dibutuhkan proposal kegiatan.

Fungsi proposal kegiatan adalah agar mahasiswa dapat mengadakan kegiatan kemahasiswaan baik di lingkungan kampus maupun luar kampus. Adanya proposal dapat digunakan untuk mendapatkan dana bantuan dari berbagai pihak, dukungan, sekaligus mendapatkan izin dari kampus. Jangan sampai proposal menghambat kegiatan mahasiswa.

Mengingat hal ini penting untuk keberlangsungan kegiatan mahasiswa. Anak Teknik memasukan cara membuat proposal sebagai ide kegiatan ospek online.

5. Public speaking

ilmu public speaking untuk mahasiswa

Gimana jadinya kalau mahasiswa gak bisa menyampaikan pendapat di depan orang. Pasti dibully habis-habisan karena gak bisa ngomong. Namun mahasiswa bisa mempelajari skill ini yang bernama public speaking.

Untuk mahasiswa teknik, salah satu penyakitnya adalah sulit mengkomunikasikan kepada orang lain. Diminta menjelaskan proses pembakaran belum tentu tersampaikan dengan baik. Bukan karena gak paham, bingung aja cara menjelaskan secara runtut.

Mengingat public speaking penting untuk masa depan, panitia ospek bisa menggunakan ini untuk ide kegiatan ospek.

6. Cara membuat presentasi power point yang menarik

kegiatan presentasi

Salah satu kegunaan public speaking adalah pendukung kegiatan presentasi. Sering kali presentasi  menggunakan power point. Namun seringkali masih ditemukan berbagai kesalahan umum.

Kesalahan yang paling sering dilakukan adalah menjabarkan kalimat terlalu panjang. Banyaknya kalimat yang ditampilkan membuat audien bingung. Dalam jangka panjang berakibat audien gagal fokus.

Agar audiens tetap fokus dengan presentasi maka perlu membuat power point yang menarik. Menambahkan ilustrasi dan animasi agar gak membosankan.

7. Pengenalan struktur jabatan organisasi kampus

Setiap perguruan tinggi memiliki susunan organisasi jabatan baik tingkat universitas, fakultas, sampai program studi. Setiap organisasi ada orang yang memegang jabatan tersebut. Pejabat tingkat universitas adalah rektor, sedangkan tingkat tingkat fakultas adalah dekan, dan tingka program studi adalah kepala program studi.

Mahasiswa baru perlu mengetahui ini agar memudahkan dalam urusan akademik maupun non akademik. Walau orang yang memegang jabatan sudah berganti, setidaknya mereka tahu harus mencari siapa. Jangan sampai setelah ospek masih kebingungan tentang jabatan organisasi kampus

8. Membuat surat pengajuan beasiswa

surat pengajuan beasiswa

Hal penting lain yang wajib diketahui oleh mahasiswa baru adalah cara membuat surat membuat beasiswa. Tujuannya agar mahasiswa bisa mendaftar program beasiswa baik dari kampus maupun luar kampus. Soalnya surat pengajuan menjadi salah satu syarat mendaftar beasiswa.

Jangan sampai mahasiswa baru bingung gimana caranya surat pengajuan beasiswa. Kalau di kampus sudah ada format surat pengajuan, gunakan saja. Tetapi jika belum punya bisa lho jadi kegiatan ospek online.

 

Semua ide kegiatan ospek online ini tentu jauh bermanfaat terutama pada kondisi saat inI. Mahasiswa baru bisa langsung mempraktikkan setelah ospek selesai. Ada ide kegiatan ospek online lainnya?

 

 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait