Industri

Makin Cuan, 5 Strategi Digital Marketing untuk Perusahan Migas

Digital marketing sering identik dengan industri tech. Padahal Industri migas juga bisa lho. Revenue aja bisa naik sampai 3 persen.

Ishak Okta Sagita25 Oktober 2021

Berbagai jenis industri sudah mulai atau sedang bergerak ke digital marketing. Buktinya banyak course digital marketing, dan lowongan kerja atau magang posisi digital marketing

Digital marketing gak selalu identik dengan perusahaan tech semacam Gojek. Perusahaan migas juga bisaBerdasarkan riset kata kunci (keyword research) dari perusahaan migas seperti Exxon menunjukan banyaknya user melakukan pencarian lewat search engine

Data dari Oil and Gas Trends 2019 menunjukan minyak dan gas masih dibutuhkan sampai tahun 2040.. Secara umum menunjukan minyak dan gas masih dibutuhkan manusia. 

Untuk dapat memaksimalkan kegiatan industri migas, perlu menerapkan kegiatan digital marketing pada perusahaan migas.   

Mengapa perusahaan minyak dan gas perlu melakukan digital marketing

perusahaan minyak dan gas

Ada beberapa alasan penting perusahaan migas perlu menerapkan pemasaran digital. 

1. Agar menjadi perusahaan yang kompetitif

Perusahaan migas sangat kompetitif. Penyedia jasa perlu melakukan pendekatan digital untuk mendapatkan kosumen. Salah satu caranya adalah dengan mengoptimasi situs perusahaan agar lebih mudah dicari orang dan berinteraksi lewat sosial media.

Dalam sebulan, kata kunci "oil company" masuk dalam kata pencarian sebanyak 11. 500 kali. Sedangkan "gas company" masuk dalam kata pencarian sebanyak 118.000 kali. Dengan kata lain, diluar sana banyak orang mencari informasi tentang perusahanan migas lewat kata kunci "oil company" dan "gas company". 

2. Mudah menjangkau konsumen

Riset dari B2B Buyer Behavior Study mengatakan 91 persen pelaku B2B (business to business) ingin kemudahan mengakses situs perusahan. Situs juga bisa menyediakan artikel, landing page, optimasi situs untuk kemudahan konsumen. Mengingat pelaku bisnis B2B sangat bergantung dengan riset online untuk pengambilan keputusan. 

Untuk perusahaan migas, hal ini dapat dilakukan dengan menyiapkan infrastruktur digital. Tujuan untuk meningkatkan brand awareness perusahaan.

3. Konsumen merasa punya kenalan "orang dalam" perusahan

Bukan rahasisa umum jika dikit-dikit minta bantuan orang dalam, terutama untuk pekerjaan. Orang dalam disini adalah sosok digital yang menjadi jembatan antara perusahaan dengan konsumen. Sosok tersebut bernama buyer persona

Buyer persona adalah sosok yang mendekatkan konsumen dengan perusahaan. Selain menjadi jembatan, buyer persona adalah sosok di depan yang bisa meyakinkan konsumen digital. Tak lupa juga menawarkan berbagai produk dan fitur dari perusahaan migas.

4. Supply chain jadi efektif

Menurut Mc Kinsey, digital marketing memungkinkan supply chain management perusahaan migas jadi efektif.

Supply chain management berfungsi untuk mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi. Mengatur seluruh biaya yang berkaitan dengan proses produksi. Serta melakukan survei pasar. 

5. Menumbuhkan product knowledge

Product knowledge dapat tumbuh dengan memanfatkan fitur "hubungi kami' dan sejenisnya. Fitur ini dapat diletakan pada situs web perusahaan, newsletter, sosial media, atau tempat-tempat lainnya. Tujuannya untuk memudahkan konsumen menjangkau perusahaan.

6. Membuka lebih banyak funnel

Keuntungan dari digital marketing adalah dapat membuat multi saluran. Makin banyak saluran, makin banyak peluang untuk closing. . 

Strategi digital marketing untuk perusahaan migas

strategi digital marketing untuk perusahaan migas

Terdapat berbagai macam strategi yang dapat digunakan untuk melakukan digital marketing. Berikut ini adalah beberapa strategi digital marketing untuk perusahaan migas.

Search engine optimization (SEO)

SEO merupakan teknik optimasi agar sebuah situs berada dalam laman perncarian pertama search engine. Ini merupakan salah satu teknik paling diminati karena minim biaya operasional.

Cara kerja SEO adalah dengan membuat konten dengan menyematkan kata kunci (keyword). Pemilihan kata kunci bisa menentukan jumlah traffik yang masuk ke situs. Anda bisa menggunakan berbagai keyword tools untuk menemukan kata kunci yang Anda inginkan. 

Email marketing

Email marketing sesedehana mengirimkan informasi mengenai produk kepada pelanggan atau calon pelanggan lewat surat elektronik. Tujuan dari email marketing agar pelanggan mendapat update terkait produk atau perusahaan.

Pay Per Click

Pay per click (PPC) adalah saluran untuk memasarkan produk sesuai target audien. Target prospek dapat diatur berdasarkan usia, minat, demografi, ataupun lokasi. Gampangnya adalah setiap klik iklan maka langsung diarahkan menuju situs ataupun landing page

Konten

Konten dapat menjadi jembatan untuk memperkenalkan produk maupun brand awareness. Terutama ketika memasukan kata kunci yang dinginkan untuk mendapat traffik. Anda dapat menyisipkan konten lewat situs maupun sosial media. 

Anda dapat membuat konten berupa studi kasus, inovasi, dan perkembangan industri migas. Jika perlu, berikan konten eksklusif bagi konsumen dan calon konsumen untuk strategi bisnis berikutnya.

Media sosial

Perusahaan migas setidaknya memiliki akun media sosial resmi. Menurut The International Data Corporation 75 persen keputusan bisnis B2B terjadi karena pengaruh media sosial. Kebayang bagaimana media sosial bisa menjual minyak dan gas. 

Dampak dari penerapan digital marketing pada perusahaan migas

dampak dari penerapan strategi digital marketing

Mengutip dari mckinsey.com, perusahaan migas yang menerapkan digital marketing yang tepat mampu memperoleh kenaikan revenue sebesar 1,2 persen.

Selain itu, dengan memakai analitik geopasial dapat efisiensi jaringan pasokan dan distribusi melalui perencanaan lokasi serta optimasi rute. Upaya tersebut berhasil menurunkan biaya operasional sebanyak 10 persen dan meningkatkan revenue sebesar 3 pesen. 

Kesimpulan

Walaupun sudah menghasilkan banyak cuan, tidak ada salahnya perusahaan migas menerapkan digital marketing. Karena perusahaan migas dapat memanfaatkan digital marketing untuk memberi insight pada user, calon konsumen, konsumen, sampai freshgraduate lulusan teknik yang berminat di industri migas. 


 

Share:

0 Komentar