Pengetahuan

Mengenal Lebih Dekat Dengan Revit Untuk Struktur Bangunan

Pekerjaan struktur tidak bisa lepas dari penggunaan software berbasis BIM. Salah satunya dengan menggunakan Revit. Bagaimana kegunaan Revit untuk struktur bangunan

Bicara soal software untuk mahasiswa teknik, sebagian besar akan mengarah ke Autocad. Software dari Autodesk ini terkenal sederhana, mudah digunakan, dan dapat mengerjakan berbagai macam desain. Salah satunya adalah desain struktur bangunan.

Nyatanya, Autocad bukan satu-satunya software yang dipakai untuk struktur bangunan. Masih ada Revit untuk membuat desain struktur. 

Yang membedakan antara Autocad dan Revit adalah skala penggunaannya saja. 

Autocad berfungsi membuat blue print bangunan gambar 2D untuk memudahkan penyimpanan maupun dokumentasi. Revit dikenal secara terbatas dalam lingkup penggunaan BIM.

Penerapan BIM dalam pengerjaan proyek sangat membantu dalam proses perencanaan, perancangan, pelaksanaan, sampai tahap pengoperasian. Permodelannya sudah dalam bentuk 3D.

Namun, artikel ini akan membahas spesifik terkait penggunaan Autodesk Revit untuk struktur bangungan. Apa manfaat dari pengunaan Revit untuk struktur bangunan?

Apa itu Autodesk Revit

Revit adalah software yang umum digunakan para pekerja konstruksi seperti artsitek, kontraktor, sampai praktisi MEP. Pengunaan ini membantu koordinasi karena menggunakan permodelan 3D secara mendetail.

Software berbasis BIM ini memudahkan dokumentasi pengerjaan proyek. Oleh sebab itu, Revit digunakan pada penggarapan struktur bangungan dengan kondisi tertentu.

Khusus di Indonesia, penggunaan BIM diatur melalui Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 22/PRT/M/2018 Tentang Pedoman Pembangunan Bangunan Gedung Negara.

Syarat yang diberlakukan adalah dibangun lebih dari dua lantai dengan tanah seluas lebih dari 2000 meter persegi. Output yang dihasilkan dari desain perancangan BIM berupa

  • Gambar arsitektur
  • Gambar struktur
  • Gambar utilitas MEP
  • Gambar lansekap
  • Rincian volume pelaksanaan biaya
  • Rencana anggaran biaya

Kegunaan Revit untuk struktur bangunan

Revit berguna dalam pengerjaan permodelan 3D yang meliputi pembuatan desain konseptual, permodelan komponen bangunan, sampai perincian perihal fabrikasi konstruksi.

Kebutuhan membuat desain penguat 3D permodelan BIM dapat menggunakan fitur add-on dan plugin. Dengan ini, kamu bisa membuat model kerja tulangan sampai penjadwalan rebar.

Kegunaan Revit lainnya di industri dapat kamu temukan lewat artikel Apa itu Autodesk Revit : Pengertian, Fungsi, dan Penggunaan di Industri.

Hadirnya software berbasis BIM ini menaikkan ketelitian pembuatan desain baja maupun beton. Kamu bisa melakukan analisa struktur secara parallel dan menyeluruh berbasiskan cloud. Dan, hasil analisa struktur dapat ditampilkan secara langsung.

Nyaris 70 persen pengerjaan strutukral memakai Revit. Dampaknya memudahkan para pekerja konstruksi untuk mengintegrasikan gambar arsitektur dengan komponen struktural seperti MEP dan HVAC. 

Manfaat revit untuk struktur bangunan 

Berdasarkan Studi Literatur Penggunaan Software Autodesk Revit, ada delapan manfaat Revit untuk pengerjaan desain struktur bangunan.

  • Tampilan desain dinding bangunan secara virtual
  • Menyediakan informasi teknis pada tiap objek
  • Memudahkan pembentukan objek
  • Meningkatkan produktivitas antar divisi terkait
  • Penyajian gambar secara real time yang dapat menghemat waktu
  • Hasil gambar sangat presisi dan cepat
  • Tersambung dengan software Autodesk lainnya
  • Menyajikan tampilan visual bagi klien maupun orang awam

Melihat manfaat Revit untuk pekerjaan struktural bangunan sangat berdampak pada pekerjaan di industri. Dalam dunia kerja, tentu melibatkan berbagai pihak. Walaupun posisimu structural engineer, tetap saja butuh menjelaskan hasil gambarmu kepada orang awam.

Kelas Belajar Revit Online
Kelas Revit untuk Struktur Bangunan 

Lewat Introduction Revit For Structural Engineers, kamu tidak sekadar tahu cara memakai Revit, melainkan bagaimana memaksimalkan penggunaan fitur-fitur untuk meningkatkan produktivitas. Informasi lengkapnya tersedia di https://www.anakteknik.co.id/e-learning

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait