Teknologi

Resmi diperkenalkan publik, berikut fitur-fitur baru dari SOLIDWORK 2022

SOLIDWORKS resmi memperkenalkan Solidworks 2022 lewat akun Youtube resmi Solidworks. Apa fitur baru yang ada pada Solidworks 2022

Ishak Okta Sagita7 Oktober 2021

SOLIDWORKS resmi memperkenalkan SolidWork 2022 pada tanggal 16 September 2021. Launching dilakukan secara streaming lewat kanal YouTube Resmi Solidworks. Acara yang berlangsung selama dua jam menjelaskan terkait seri baru SOLIDWORKS. 

Untuk mahasiswa teknik dan engineer, software ini sudah tidak asing. Mahasiswa semester awal sudah belajar lewat mata kuliah gambar teknik. Sedangkan professional menggunakan untuk urusan pekerjaan desain. 

Brian Zias, Direktur Tech Marketing Solidwork memperkenalkan 5 fitur baru pada Solidwork 2022. Salah satunya adalah cloud data management.

Perbedaan Solidwork 2022 dengan Solidwork versi sebelumnya

1. Solidwork 2022 jauh lebih pintar dari sebelumnya

Solidwork 2022 dapat beroperasi dengan alur kerja yang lebih ringkas. Terdapat peningkatan dalam fitur assembly dan part design. Termasuk juga fitur drawing detailing, simulation, dan product data manegement.

Terdapat pula kemampuan baru seperti permodelan hybrid dan urutan membuat standardized external. Serta peningkatan yang menguntungkan pada shortcut bar, konfigurasi, toleransi geometrik, dan lain sebagainya. 

2. Solidwork 2022 bekerja lebih cepat dari sebelumnya

Kecepatan membuat pekerjaan bisa selesai lebih cepat karena peningkatan kualitas. Terutama pada saat assembly skala besar dan meng-import file, perincian dan mengelola gambar. Optimasi kinerja dapat berjalan otomatis tanpa perlu khawatir masalah pengaturan (setting). 

3. Solidwork 2022 lebih kolaboratif

Kolaboratif disini artinya semua pekerjaan solidwork tehubung dengan platform 3DEXPERIENCE. Platform ini berbasis cloud sehingga dapat share gambar dengan mudah. 

Fitur-fitur solidwork 2022

Menurut javelin-tech.com, terdapat 19 fitur baru maupun peningkatan pada Solidwork 2022. 

1. User Experience

Peningkatan dari UX Solidwork terlihat dari pembaharuan pencarian perintah melalui Shortcut Bar. Khususnya pada section view, referensi geometri, Selection Sets, dan redesigned notifications

2. Parts

Pada model part hybird memiliki penyempurnaan penggabungan data mesh dengan akurasi fitur parametik. 

Sehingga membuat gambar geometrik jauh lebih cepat. Tentu dengan external threaded stud, bi-directional draft dan mirroring terhadap dua bidang. 

3.. Assemblies

Solidwork 2022 melakukan pendekatan sederhana pada  mode ringan (lightweight modes). Dan mempengaruhi performa assembly. Peningkatan pola pattern-driven berguna untuk fleksibilitas. Adanya tabel konfigurasi baru memungkinkan membuat gambar tanpa harus meninggalkan Solidwork.

4. Drawings

Antarmuka pada desain dan toleransi diperbaharui agar pekerjaan jauh lebih cepat dan intuitif. Selain itu, dapat membuka gambar dari detailing mode secara langsung. 

5. Import

Import yang dimaksudkan import file dari Soidwork ke software lain. Pembaharuan import file DWG atau DXF ke bagian sketch, bahkan file besar seperti STEP.

6. Visualize

Penyempurnaan animasi terlihat dari beberapa efek kamera. Sekaligus  pengelompokan dan re-ordering, dan jalur kamera membuat gambar seolah-olah hidup. Hadirnya intans baru membuat pengguna punya kebebasan membuat dan mengatur pola. Terakhir peningkatan realisme berkat fitur Shadow Catcher yang baru. 

7. Inspection

Inspeksi Solidwork 2022 mendukung dalam pengerjaan gambar dan assembly untuk meningkatkan alur kerja. Dukungan API di add-in memperluas kemampuan otomasi dokumentasi.

8. Graphics

Penyempurnaan arsitektur grafis membuat pengalaman pengguna jauh lebih lancar. Redesign Cosmetic di desain ulang agar mendapatkan visual yang lebih jelas.

9. Simulation

Pengunaan konetrot rad yang baru merepresentasi varian komponen fisik yang lebih luas. Dengan penyempurnaan meshing dan contect definition, persiapan model dapat menghemat waktu. 

10. Flow simulation

Scene plot terbaru dapat menghemat waktu untuk memuat hasil tampilan. Serta merged plot terbaru memungkinkan melihat sekilas perbedaan.

11. Plasticts

Hadirnya injeksi lokasi adviser bisa mendapatkan hasil yang optimal. Bentuk runner yang diperluas memungkinkan lebih banyak studi kasus yang terjadi. Penyempurnaan symmentry membuat cetakan multi-rongga dapat selesai lebih cepat dari sebelumnya.

12. PDM

Fitur eDrawing dalam Windows Exploler dapat menghemat waktu meninjau file Solidwork. Hal ini memungkinkan dapat melihat lebih banyak format 3D langsung dari browser. 

13. Manage

Pengerjaan dokumen non-CAD jauh lebih efektif karena telah terintegrasi dengan Microsoft Office. Hadirnya pengguna eksternal dalam tautan web membuat pengiriman data lebih terkendali dan efisien.

14. Administration

Opsi New administrative image memberikan kendali penuh atar penerapan instalasi Solidwork. Untuk pengguna jarak jauh (remote), ini dapat mengurangi waktu instalasi.

15. Routing

Solidworks 2022 mempercepat routing kawat 3D, kabel, dan dimanfaatkan untuk mengevaluasi siklus desain. Penyempurnaan kontrol Radius Bend membantu menghindari kesalahan. Kolaborasi dengan Solidworks Electrical menjadikan pembuatan rute yang lebih kuat.

16. Electrical

Peingkatan kinerja multi-user proyek elektrikal dapat menghemat waktu pengerjaan. Dokumentasi dengan file PDF membuat laporan terlihat professional. 

17. Works Cloud-Based Sculpting

Solidwork memiliki fitur Pematung 3D - solusi permodelan subdivisi (Sub-D) berbasis cloud. Fitur ini merupakan bagian dari 3DEXPERIENCE Works. Pembuatan bentuk organik dan permukaan kompeks dapat dilakukan dengan cepat. Terdapat natural push-pull interaction dan underelying technology untuk menjaga kualitas tingkat tinggi. 

18. Works Cloud Data Management

Fitur ini memungkinkan komunikasi antar pihak dengan Solidworks dengan mudah. Orang teknik, marketing, klien, dan desain bisa langsung terhubung. Tentunya dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas manajerial

19. Works Simulation Without Limits

STIMULA merupakan 3DEXPERIENCE Works untuk melakukan simulasi fisika kompleks. Pengerjaan membutuhkan informasi struktural, aliran fluida, dan elektromagnetik akan terasa lebih ringan.

Spesifikasi yang dibutuhkan untuk mengoperasikan Solidworks 2022

Spesifikasi hardware dapat menentukan pengoperasian software Solidworks 2022. Spek yang tepat membuat Solidworks 2022 jarang freezing. Terutama pada waktu penggarapan desain yang kompleks.

Berikut spesifikasi yang direkomendasikan untuk Solidworks 2022.

  • Prosesor : 3.3 GHz atau lebih
  • OS : Windows 10 64-bit
  • Memory : 32GB sampai 64 GB
  • Hard Drive : minimal 26 GB (Solid State Driver)
  • Kartu grafis 
    • NVDIA Quadro (P1000/2200; RTS 4000/5000; RTX 6000/8000)
    • AMD Radeon Pro (WX 3100/4100; W5500/WX5100/WX6100; W5700/WX8200/WX9100)

Kesimpulan 

Solidworks 2022 memiliki berbagai fitur untuk meningkatkan produktivitas pekerjaaan desain. Salah satunya adalah dapat mengirim dan menyimpan desain dengan cloud.

Artinya siapapun dapat mengakses desain tersebut. Untuk bisa menjalankan Solidworks 2022 membutuhkan spesifikasi hardware gahar agar penggunaannya maksimal.

 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait