Industri

Bagaimana Cara Memenangkan Tender Proyek Sipil dan Kosntruksi?

Jagi begini lho caranya

Ishak Okta Sagita16 Desember 2020

Proyek dalam industri biasanya bernilai ratusan sampai milyaran rupiah. Untuk bisa mendapatkan proyek besar harus memiliki kemampuan lain diluar hal teknis. Maka dari itu, kemampuan negosiasi sudah menjadi keharusan.

Negosiasi adalah kegiatan diskusi yang dilakukan oleh dua belah pihak untuk menyelesaikan masalah dan memdapatkan kesepakatan bersama. Bentuk diskusi bisa berbentuk formal maupun sosial. Dengan kata lain, kehidupan manusia gak bisa lepas dari namanya negosiasi karena sama-sama ingin mendapatkan keuntungan.

Persiapan yang matang adalah cara supaya bisa memenangkan proses negosiasi. Tanpa persiapan matang semua yang rencanakan jadi ambyar. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya negosiasi berjalan lancar.

1. Riset, riset, dan riset

https://businessfirstfamily.com/low-cost-market-research-techniques/
businessfirstfamily.com

Setiap industri memiliki kriteria dan pasarnya sendiri. Kemampuan riset disini sangat penting untuk mengenali karakter industri. Memiliki data tentang industri secara detail sudah membantu untuk melancarkan sepik-sepik pada saat pertemuan.

Seorang kontraktor bangunan yang hendak mendirikan apartemen di kawasan perkotaan harus melakukan pengamatan terlebih dahulu. Mengetahui apa saja kebutuhan di wilayah tersebut, keuntungan yang diperoleh, dan cara mengatasi kesulitan dalam pengerjaan.  Setiap perencanan dipersiapkan secara terperinci.

2. Berikan tiga penawaran

https://www.inc.com/yoram-solomon/10-rules-that-will-help-you-win-negotiations.html
inc.com

Salah satu cara untuk menggaet konsumen adalah dengan memberikan tiga penawaran. Setiap penawaran memiliki nilai yang kurang lebih sama, gak jauh perbedaannya. Ini adalah kunci untuk mengetahui kebutuhan konsumen.

Aturan tiga penawaran ini bukan tanpa asalan. Jika menawarkan kurang dari tiga maka pelanggan merasa pilihannya dibatasi. Sedangkan lebih dari tiga pilihan membuat pelanggan bingung dan berakhir dengan keraguan.

3. Berikan justifikasi ringkas

https://artplusmarketing.com/5-necessary-steps-to-prepare-you-for-any-negotiation-3756e5eb0587
artplusmarketing.com

Memberi pernyataan pembenaran secara ringkas jauh lebih mudah diterima oleh otak manusia. Dengan menyebutkan keuntungan secara lugas dapat memancing rasa penasaran dan mengurangi munculnya argumen balasan.

Cara untuk memperkuat argumen dan menghindari argumen balasan adalah stay in character. Jaga ketenangan dan kendalikan diri. Apapun yang terlontar dari mulut selalu jadi penilaian. Apalagi kalau kamu maju sendirian. Tanpa percaya diri dan ketenangan, semuanya ambyar.

4. Berpenampilan menarik

https://www.thefashionisto.com/well-dressed-man-style/
thefashionisto.com

Penampilan adalah hal pertama yang dinilai sebelum karakter seseorang. Walau bukan segalanya, tanpa berpenampilan menarik apapun jadi percuma. Tetapi ada pengecualian kalau dia adalah Elon Musk, Bill Gates, atau Jeff Bezos pasalnya seluruh dunia sudah mengenal mereka bertiga.

Orang yang menyepelekan akan dipandang sebelah mata oleh orang lain. Supaya mendapat hormat, perlakukan diri sebaik mungkin, berpakaian rapi dari ujung kepala sampai ujung kaki. Dengan demikian, orang lain akan menghormati kamu dan otomatis rasa kepercayaan dirimu meluap-luap.

5. Percaya diri

https://masculinemindset.com/are-you-an-alpha-male/
masculinemindset.com

Percaya diri adalah kemampuan yang wajib dimiliki supaya bisa memenangkan proyek. Dengan ini kamu bisa menyampaikan keinginanmu tanpa ada unsur kegelisahan. Jika masih muncul perasaan takut maka susah untuk orang percaya. Percaya diri bisa dilatih seiring dengan tingginya jam terbang.

Bagaimana kalau masih minim jam terbang. Cara terbaik adalah dengan membuat diri setenang mungkin. Pada saat kondisi detak jantung normal, kamu dapat berpikir jernih dan bisa mengatisipasi kesalahan yang muncul. Tentu diimbangi dengan bahasa tubuh yang kuat dan positif.

6. Berikan permainan emosional

https://www.ucreative.com/offbeat/sell-pen-takeaways-wolf-wall-street/
ucreative.com

Sesuatu yang sifatnya emosional dapat menguggah serta memenangkan hati seseorang. Cara ini juga dipakai dikala ingin mendapatkan proyek. Pasalnya menjual fakta, data, dan angka saja belum cukup walau pada akhirnya logika yang mengambil keputusan final.

Permainan emosional adalah bagaimana membuat orang lain merasa berharga. Apabila situasi berbalik, amati perubahan dan ubah strategi dari mengamati situasi sosial yang terjadi. Salah satu permainan emosi paling terkenal adalah bagaimana Jordan Belford menjual pena.

7. Nyatakan secara spesifik dan terperinci

https://www.europeanventuremarket.com/blog/6-common-areas-where-a-tech-company-startup-budget-is-wasted-by-phil-morettini
europeanventuremarket.com

Berikan kejelasan dengan memberikan pernyataan secara spesifik. Katakanlah sesuai dengan angka yang sudah direncanakan. Tujuannya supaya menghindari kebingungan, masalah atau komplain di kemudian hari.

Menjadi spesifik juga berarti kamu punya perencanaan matang yang terlihat dari susunan rancangan anggaran. Semakin spesifik maka kualitasnya semakin baik. Rencana anggaran biaya dapat dipelajari lewat kelas dari Anak Teknik Academy pada tanggal 19-20 Desember 2020.

Pada kelas pembuatan RAB (Rencana Anggaran Biaya) akan diajarkan bagaimana cara membuat susunan anggaran dari awal. Semua akan dipandu secara sistematis melalui video. Langsung saja klik academy.anakteknik.co.id untuk informasi dan registrasi.

Share:

0 Komentar