Kreatifitas

Aircraft Lights System, Sistem Penggunaan Lampu Pesawat

Kalian tau gak sih sebenernya kegunaan lampu pesawat ini apa?

Juan Harris29 Agustus 2021

Kalian pasti sering bertanya-tanya kalau lihat pesawat pada malam hari, itu lampu apa ya? Kok lampunya kedip-kedip sih? Kok ada warna merahnya sih? hmm.. ada yang tau itu lampu apa? oke saya akan bahas satu persatu ya.

Aricraft lights system

Jadi lampu itu adalah salah satu sistem dalam pesawat terbang. sistem ini disebut dengan "Aircraft lights system". Kegunaan dari aircraft lights system itu untuk membantu pencahayaan agar dapat terlihat dengan jelas.

Nah untuk lampu ini termasuk dalam jenis "Aircraft Exterior Light" yang artinya lampu tersebut berada diluar pesawat. Lalu kegunaannya apa sih? Kegunaannya adalah sebagai "Navigation Lights" atau lampu navigasi atau bisa disebut juga lampu yang menunjukan posisi pesawat.

Dalam suatu bandara maka orang yang bekerja di ATC (menara kontrol) akan tau posisi pesawat itu seperti apa di runway, Apakah pesawat tersebut menghadap kearah selatan? atau ke arah timur? pada saat malam hari. Dengan adanya lampu tersebut maka seorang yang bekerja di menara kontrol akan mengetahui jelas posisi dari pesawat tersebut. 

Warna lampu yang ada pada aricraft lights system

Jadi, lampu ini memiliki 3 jenis warna: 

  • Pertama adalah warna merah. lampu tersebut letaknya berada di sebelah kiri ujung sayap pesawat.
  • Kedua adalah warna hijau. lampu tersebut letaknya berada di sebelah kanan ujung sayap pesawat
  • Ketiga adalah warna putih = letaknya berada di kedua ujung sayap ataupun di ekor pesawat. Kalau di ekor pesawat biasa disebut dengan Strobe Light

Jadi lampu ini akan terus menerus menyala apabila pesawat tersebut masih di operasikan dan biasanya lampu tersebut dinyalakan pada saat malam hari.

Pengunaan lampu pesawat ketika belum lepas landas

Lalu tandanya apa sih? katanya lampu itu sebagai "Position Lights" lalu bagaimana kasusnya apabila kondisi pesawat tersebut sedang tidak berada di "ground" atau daratan (dirunway)? Nah ini jawabannya :

  1. Kalau yang menyala adalah lampu hijau dan putih maka pesawat tersebut sedang bergerak atau bermanuver ke kanan.
  2. Kalau yang menyala adalah lampu merah dan putih maka pesawat tersebut sedang bergerak atau bermanuver ke kiri
  3. Kalau yang menyala adalah lampu hijau dan merah maka pesawat itu akan segera landing
  4. Kalau yang menyala adalah lampu hijau, merah dan putih maka pesawat sudah meninggalkan landasan atau biasa kita sebut dengan "Take-off"

Gimana nih teman-teman kalian sudah paham kan? Tunggu info selanjutnya ya tentang dunia kedirgantaraan lainnya. Salam Dirgantara! 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait