Kreatifitas

Alasan Mengapa Mendesain Ruangan Sangatlah Penting dan Tidak Bisa Disepelekan?

Di dalam ruangan yang well designed, terdapat jiwa raga yang semangat!

Kelvin Kasvani Ondang14 Januari 2021

Mulai beranjak dari tempat tidur hingga menuju ke tempat tidur lagi, manusia tak pernah luput dari bangunan. Lebih tepatnya, ruangan. Ruangan bisa kita artikan sebagai tempat untuk melakukan sesuatu. Baik itu untuk beristirahat, berkumpul bersama orang-orang terdekat, bahkan untuk melakukan pekerjaan kantor. Terutama di masa pandemi ini, berbagai industri menetapkan kebijakan untuk Work From Home atau biasa kita sebut dengan WFH. Artinya segala bentuk aktifitas yang biasa kita kerjakan di kantor, harus dikerjakan melalui sebuah ruangan di dalam rumah, yang sebenarnya bukan untuk itu peruntukannya. 

Bangun tidur langsung mager? Mungkin kamarmu belum bersahabat.
Bangun tidur langsung mager? Coba evalusi kamarmu!

Kegiatan yang dilakukan di suatu ruangan dapat kita takar progresifitasnya. Salah satunya dengan cara memperhatikan kenyamanan di ruangan tersebut. Apakah ketika kita melakukan aktivitas di dalamnya kita merasa nyaman atau bahkan mendapatkan perasaan yang membuat suntuk dan malas? Jawaban yang muncul tentunya beragam.

Desain ruangan untuk tingkatkan produktifitasmu.

Perasaan-perasaan yang muncul ketika kita berada di suatu ruangan dapat disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa diantaranya adalah kuantitas serta kualitas furnitur yang berada di ruangan tersebut, warna dari cat tembok-nya, sampai ke dekorasi yang dapat mempengaruhi mood. Hal-hal yang berkaitan dengan poin tersebut masuk dalam kategori desain interior. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa desain interior merupakan hal yang sangat penting. Dikarenakan desain interior dapat mempengaruhi kualitas dari aktivitas di ruangan tersebut menjadi maksimal.

Pemberian tindakan desain interior yang baik memiliki aturan. Dalam artian, aturan-aturannya masih berdasar pada keinginan dan selera dari orang yang mendesain ruangan tersebut. Ketika seseorang memilih suatu tema tertentu untuk ruangannya, maka hal-hal yang perlu disiapkan harus berkaitan dengan tema yang ditentukan. Apabila suatu ruangan tidak memiliki tema atau desain interior yang jelas, tidak menutup kemungkinan bahwa kualitas dari aktivitas yang dilakukan dalam ruangan tersebut menjadi berpengaruh.

Untuk itu, dalam kehidupan sehari-hari disarankan untuk selalu memperhatikan sentuhan-sentuhan pada ruangan yang selalu kita tempati. Ruangan yang nyaman selalu menjadi pertimbangan kita untuk melakukan aktivitas di dalamnya. Bahkan kamar mandi dengan bebagai macam ukuran, baik itu yang kecil hingga besar tetap dapat diberikan tindakan untuk desain interior-nya. Ruangan se-kecil atau se-besar apapun dan dengan fungsi apa pun harus tetap memiliki ke-khas-an interior-nya masing-masing.

Share:

0 Komentar