Opini

3 Jenis Investasi Paling Aman Untuk Anak Teknik ditengah Pandemi

Meskipun kamu anak teknik, tetapi kamu juga harus melek investasi selagi masih muda. Investasi akan sangat bermanfaat bagi kehidupanmu kelak. Siapa yang belum investasi?

Siti NurkhomariaJanuary 8, 2021

Tahun 2021 sudah berjalan beberapa hari ini. Berbagai resolusi yang sudah menunggu di wishlist untuk segera diwujudkan. Entah rencana tahun lalu yang sempat tertunda karena pandemi atau rencana baru yang baru muncul setelah merenung kurang lebih sembilan bulan dirumah saja. Meskipun pandemi Covid-19 masih berlangsung, kehidupan harus terus berjalan, tak terkecuali pengelolaan uang.

 

Masa pandemi seperti sekarang ini sangat diperlukan cara pengelolaaan uang dengan baik. Khususnya dalam hal menabung untuk masa depan. Ada banyak cara menabung, dari yang menyimpan uang tunai sampai berinvestasi untuk masa mendatang. Kalau menabung kan sudah biasa, kali ini kita akan bahas tentang investasi.

 

Siapa sih yang gak tahu kata investasi? Yap, investasi merupakan suatu kegiatan penanaman modal, yang sebagaimana pada waktu tertentu akan mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman tersebut. Sederhananya, investasi adalah kegiatan membeli sesuatu yang berharga kemudian dengan harapan dijual lagi dan mendapat keuntungan.


Ini dia, 3 investasi yang aman ditengah pandemi :

1. Deposito

Sumber gambar : payok.id

Produk investasi teraman di tengah pandemi adalah investasi fixed income atau investasi pendapatan tetap. Artinya, produk investasi yang sudah pasti memberikan pendapatan seperti bunga dan nilai uang yang diinvestasikan tidak akan berkurang. Contoh investasi fixed income adalah deposito, tabungan di bank yang memberi bunga dan pasar uang.


2. Emas

Sumber gambar : anekalogam.co.id

Menjelang resesi ditengah pandemi, sangat dibutuhkan instrumen investasi yang berisiko rendah. Selain itu juga pilih investasi yang mudah dicairkan ke dalam bentuk uang tunai. Instrumen ini salah satunya adalah emas. Emas merupakan pilihan tepat. Hal ini dikarenakan apabila ada kemungkinan terburuk di pasar, emas akan mengalami penurunan yang relatif rendah. Namun hal terpenting, jika ingin mendapatkan keuntungan saat investasi emas memang membutuhkan waktu yang cukup panjang. Emas adalah logam yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Selain itu emas juga bisa tahan terhadap korosi dan logam yang tidak reaktif sehingga tidak mudah teroksidasi. Emas bisa menjadi pilihan bagi mahasiswa yang ingin memulai untuk berinvestasi. Harga emas terbilang masih wajar dibandingkan yang lainnya.


3. Surat Utang Negara (SUN)

Sumber gambar : finansialku.com

Surat Utang Negara atau yang bisa disingkat dengan SUN, dapat menjadi salah satu pilihan investasi yang aman, terutama bagi masyarakat kelas menengah ke atas. SUN sangat cocok untuk orang yang sudah mempunyai penghasilan tetap dan mumpuni.  Jadi persiapkan dana simpanan di aset yang relatif aman misalnya deposito hingga Rp 2 miliar yang dijamin LPS kemudian ada surat utang pemerintah (SUN) yang dijamin Negara dengan tenor pendek. Ketika kondisi sedang tidak pasti dan membutuhkan dana emergency maka aset ini cepat cair dan akan menolong.


Jadi sobat teknik mau coba investasi? Mau pilih yang mana nih? Jangan lupa, kalau masih awal terjun ke dunia investasi, pastikan belajar tentang investasi terlebih dahulu. Karena semuanya butuh ilmu agar tidak salah arah. Selamat memulai, semoga sesuai harapan ya :))

Share:

0 Komentar

Related Article