Kreatifitas

9 Teknologi Jadul Ini Pernah Populer Pada Masanya, Apa Saja Itu?

Ada beberapa perangkat dan aplikasi yang sempat populer pada zamannya. Sayang seribu sayang, sekarang jarang digunakan atau bahkan ada yang tidak digunakan lagi. Mari kita kenalan atau bernostalgia bagi yang sudah pernah pakai.

Khomaria14 April 2021

Seiring berjalannya waktu, teknologi terus mengalami perubahan. Perubahan ini tentunya didasari oleh kebutuhan manusia yang semakin bervariasi dan terus-menerus berubah. Tidak ada periode waktu untuk era revolusi industri, Revolusi industri pertama kali terjadi pada abad 17 – abad 18. Tanda dari lahirnya revulusi industri pertama adalah perubahan besar hampir di setiap sisi kehidupan manusianya, terutama teknologi.

Dampak dari perkembangan teknologi

Selain membantu pekerjaan manusia, teknologi mulai digunakan sarana sarana hiburan, dan menjadi simbol sosial. Sehingga tercipta perangkat ataupun aplikasi yang membantu aktivitas manusia lebih mudah. Sebelum mengenal teknologi yang serba canggih seperti saat ini, zaman dulu ada banyak perangkat teknologi inovatif yang telah hadir. Meski belum secanggih teknologi sekarang, namun sangat bermanfaat dan berguna pada masanya. Selain itu, teknologi yang akan kita bahas dibawah ini juga memberikan kennagan manis bagi para penggunanya. Langsung saja dibawah ini penjelasan singkatnya..

 

  1. Disket

Sumber gambar : Boredomtherapy

Disket adalah benda yang berfungsi untuk menyimpan data pada era 1980-an, sebelum flashdisk muncul. Pada era tersebut, disket pernah terjual lebih dari lima miliar tiap tahunnya. Kemudian di tahun 1984, IBM memperkenalkan disket hi-density untuk PC yang mampu menyimpan 1,2 MB data. Tentunya kapasitas tersebut sangat mengesankan pada masa itu.

 

  1. Laserdisk

Sumber gambar : Boredomtherapy

Sebelum Netflix memiliki banyak pelanggan, dulu menonton film lewat laserdisk. Laserdisk memasuki pasar Indonesia pada akhir tahun 1980-an dan bertahan hingga akhir tahun 1990-an. Pada masa itu tempat rental/penyewaan film tumbuh di Indonesia dan menyewakan film-film dengan format laserdisk, pita video BETA dan VHS. Film-film Indonesia yang pernah dibuat dalam format laserdisk antara lain film-film Warkop DKI dan Catatan Si Boy.

 

  1. DivX

Sumber gambar : Boredomtherapy

Sebuah software yang dapat menciptakan format video sekaligus dapat menampilkannya. Selain itu, divX dapat mengubah video digital menjadi DivX media berkas (file). Fungsi dari DivX Web Player untuk mengunduh dan memainkan video secara langsung dari internet. DivX Player digunakan untuk memutar berkas DivX. Fitur yang ada di DivX Player seperti Audio Enhancer yang mampu membuat efek pada suara yang dihasilkan.

 

  1. Walkman

Sumber gambar : Boredomtherapy

Walkman adalah alat pemutar audio portable yang dapat dibawa ke mana saja. Walkman menjadi trademark perusahaan Sony dan pertama kali dipasarkan di Jepang pada tahun 1979. Walkman ini layaknya spotify yang bisa digunakan untuk mendengarkan lagu dan perangkat portable.

 

  1. Gamewatch

Sumber gambar : Boredomtherapy

Seri konsol permainan gengam yang di produksi oleh Nintendo dari tahun 1980 sampai dengan tahun 1991. Dirancang oleh Gunpei Yokoi, satu unit Game & Watch memainkan permainan pada sebuah layar LCD dan dilengkapi dengan sebuah jam dan alarm.

 

  1. PS Sony (PS One)

Sumber gambar : Boredomtherapy

Sebelum muncul PS 5, PS Sony pertama kali sangat popular pada masanya. PS Sony ini merupakan konsol permainan grafis dari era 32-bit. Pertama kali diproduksi oleh Sony sekitar tahun 1990. Hingga pada akhirnya hadirnya PS 5 yang tengah booming.

 

  1. Tamagochi

Sumber gambar : Boredomtherapy

Sebelum ramai permainan yang tersedia di smartphone, dahulu ada permainan yang nggak kalah seru, salah satunya adalah Tamagotchi. Tamagotchi merupakan konsol yang sempat populer di Indonesia pada tahun 90-an. Tamagotchi mengajak pemainnya untukmerawat hewan. Mainan mungil ini pertama kali diluncurkan oleh perusahaan mainan di Jepang.

 

  1. Pager

Sumber gambar : Boredomtherapy

Jauh sebelum ada SMS, pager adalah teknologi untuk mengirim pesan. Pager adalah alat komunikasi yang ditemukan para peneliti di London pada tahun 1956. Teknologi ini mulai muncul di Indonesia pada tahun 1990-an. Cara kerja pager adalah mengirim pesan yang dilakukan dengan menghubungi operator dari telepon rumah. Menunjukkan ID penerima dan memberi tahu pesan yang akan disampaikan ke operator.

 

  1. OHP

Sumber gambar : Boredomtherapy

Overhead projector (OHP) sering digunakan sekolah untuk presentasi. OHP ini menggunakan cahaya untuk memproyeksikan gambar diperbesar pada layar, yang memungkinkan tampilan dari dokumen kecil atau gambar untuk dibagikan dengan khalayak yang besar.

 

Nah itu dia, visual dari teknologi jadul yang sangat amat populer pada masanya. Jika kamu pernah memakai teknologi tersebut, sudah jelas dong kalau kamu sudah sangat dewasa saat ini. Semoga yang pernah memakai bisa bernostalgia dan yang belum sempat memakai bisa lebih kenal dengan teknologi jadul yang merupakan cikal bakal teknologi canggih seperti saat ini.

Share:

0 Komentar

Related Article