Teknologi

Aurora 7 : Laptop Dengan 7 Layar Monitor, Ribet atau Mudah?

Laptop merupakan komputer portable yang pada umumnya ber-LED tipis. Baru-baru ini telah diluncurkan laptop dengan 7 layar sekaligus. Laptop ini merupakan keluaran Expanscape.

KhomariaFebruary 18, 2021

Terlihat dari fisiknya yang dapat dibawa kemana-mana serta bentuk yang relatif kecil sehingga lebih efektif digunakan ketimbang komputer, banyak orang yang memilih laptop. Laptop menjadi perangkat elektronika yang membantu menyelesaikan banyak pekerjaan, mulai dari tugas pelajar hingga pekerjaan kantor.

Hal ini tentu saja berbeda dengan komputer, laptop dilengkapi baterai yang memungkinkan tetap beroperasi meskipun tidak terhubung langsung dengan sumber listrik. 

Selain itu, laptop memiliki komponen penyusun yang hampir sama dengan komputer. Perbedaannya adalah komponen laptop relatif lebih kecil.

Bagaimana jika sebuah laptop memiliki design yang mleenceng tidak seperti pada umumnya? Yap, baru-baru ini tengah diluncurkan sebuah laptop dengan 7 layar sekaligus. Jauh berbeda dengan laptop pada umumnya, laptop 7 layar ini memang hampir tidak masuk akal.

Perusahaan bernama Expanscape membuat laptop yang dilengkapi 7 layar sekaligus. Dengan memberi nama Aurora 7, laptop ini sukses membuat heboh pasar industri.

Spesifikasi apa saja yang dimiliki oleh laptop 7 layar ini? Simak sampai akhir yuk!

 

  1. Resolusi Layar

 

Sumber gambar : www.windowscentral.com


Aurora 7 memiliki layar bawaan sebesar 17,3 inch dengan enam layar tambahan. Apa saja layar tambahannya? Satu diatas layar utama, dua layar di kiri-kanannya, dan satu dibagian palm rest bagian kanan. Resolusi sebesar 4K pada layar utama dan masing-masing layar tambahan memiliki resolusi 1200p.

Ada satu layar kecil diatasnya yang terpasang secara horizontal dan layar yang ada dibagian kiri-kanan terpasang secara vertikal. Sementara layar yang ada dibagian palm rest merupakan layar sentuh.

Secara total, laptop ini memiliki bobot mencapai 11 kg dengan ketebalan hampir 11 cm. Sehingga diperlukan mekanisme tambahan untuk menahan berat semua layar itu.

 

  1. Processor

Sumber gambar : www.forbes.com


Processor yang dipakai laptop Aurora 7 ini adalah Core i9-9900K dengan RAM 64GB. Kamu bisa membayangkan sendiri bagaimana kecepatan laptop ini. Dilansir dari detikNET kutipan The Verge, Aurora 7 ini berencana menambah opsi processor Ryzen 9 3950x atau Core i9-10900K.

Sementara GPU yang digunakan untuk mendisplay tampilan ke tujuh layar itu adalah Nvidia GTX 1060. Expanscape berencana menggantinya dengan RTX 2070.

GPU sendiri merupakan singkatan dari Graphics processing unit atau biasa juga disebut visual processing unit (VPU). Bisa juga disebut sebagai Unit pengolah grafis, yang adalah sebuah prossesor khusus untuk untuk bagian grafis 3D dari microprocessor. GPU ini diciptakan untuk menjadi pasangan CPU (Central Processing Unit) dan membantu tugas CPU sehingga beban kerja CPU menjadi lebih ringan.

 

  1. Kapasitas Baterai

Sumber gambar : www.jakartanotebook.com


Aurora 7 ini tentu saja bukan perangkat yang mudah dibawa kemana-mana, walaupun display memang laptop. Laptop ini juga harus terus tersambung ke listrik, dikarenakan hanya bisa bertahan selama 1 jam dengan baterai bawaannya.

Kapasitas baterai mencapai 148Wh, hal ini lebih tinggi dari batas maksimal untuk bisa dibawa dalam penerbangan. Oleh sebab itu, Aurora 7 kurang cocok untuk dibawa ke luar kota.

Selain masalah ukuran yang menyerupai komputer, Aurora 7 juga memiliki batas maksimum kapasitas baterai. Apabila diabaikan, dalam jangka panjang bisa mengganggu kinerja laptop.

Nah itu dia sekilas tentang laptop 7 layar keluaran perusahaan Expanscape. Gimana menurut sobat Teknik? Lebih mudah atau tambah ribet dengan layar 7 sekaligus.

Share:

0 Komentar

Related Article