Pengetahuan

Bagaimana Cara Membaca Kode Warna Resistor (Beserta Tabel)

Kali ini kita akan belajar bagaimana caranya membaca kode warna pada resistor secara detail dan lengkap. So, sobat teknik wajib baca banget.

Khomaria4 Januari 2022

Tahukah kamu bahwa membaca nilai resistor ternyata ada banyak cara lho, salah satunya dengan melihat warna pada badan resistor. Pengkodean resistor telah didefinisikan dalam standar internasional IEC 60062. Selain itu, kode penandaan resistor dan kapasitor juga diatur dalam standar tersebut. 

Selain mendefinisikan gelang warna, standar juga mencakup kode numerik, seperti yang digunakan resistor SMD.

Asal muasal kode warna resistor

Kode warna resistor sudah ditentukan EIA (Electronic Industries Alliance). Oranisasi ini dibuat oleh RMA (Radio Manufacturers Association) dari Amerika dan Eropa. EIA menentukan beberapa kode warna, mulai dari 3 gelang, 4 gelang sampai 6 gelang.

Cara membaca kode warna resistor

Terkadang dalam membaca nilai resistor sering menemukan kesulitan-kesulitan. Salah satunya sobat teknik pernah binggung bagaimana nentuin gelang pertama dari sebuah resistor. Berikut beberapa tips membaca resistor.

  1. Gelang pertama biasanya yang paling dekat dengan lead. Sedangkan gelang emas atau perak selalu merupakan gelang terakhir yang merupakan nilai toleransi.
  2. Lebih baik periksa datasheet untuk memastikan tentang sistem kode warna yang digunakan.
  3. Apabila masih ragu, ukur hambatan dengan ohmmeter. Dalam case tertentu, cara ini merupakan satu-satunya cara ketika gelang warna terbakar.

Bagaimana cara menghitung nilai resistor dengan kode warna?

Resistor 4 gelang

Resistor dengan 4 gelang merupakan resistor yang paling banyak ditemukan dipasaran. Resistor ini memiliki dua gelang  untuk nilai resistansi, satu pengali dan satu toleransi.

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ya.

resistor empat warna

Sebagai contoh, resistor diatas memiliki 4  berwarna coklat, hitam, merah dan emas.

Dengan menggunakan tabel kode warna

  1. Gelang pertama berwarna coklat menunjukan 1
  2. Gelang kedua berwarna hitam menunjukkan 0.
  3. Gelang ketiga adalah pengali, dengan merah mewakili nilai pengali 102. Oleh karena itu, nilai resistor ini adalah 10 x 100 = 1kΩ .
  4. Gelang emas berarti resistor memiliki toleransi 5%. Oleh karena itu, nilai resistansi terletak antara 950 dan 1050.
tabel resistor 4 pita
sumber gambar : skemaku.com

Resistor 5 gelang

Tahukah sobat teknik bahwasannya resistor dengan presisi tinggi memiliki gelang tambahan untuk menunjukkan digit signifikan? Yap yang berarti semakin banyak gelang, resistor memiliki presisi yang tinggi. Oleh karena itu, pada resistor 5 gelang, tiga gelang pertama menunjukkan angka penting, gelang keempat adalah faktor perkalian, dan gelang kelima menunjukkan toleransi.

Simak contoh berikut ya sobat.

resistor lima warna

Resistor 5 gelang diatas memiliki gelang berwarna orange, orange, putih, hitam dan coklat.

Dimana menurut tabel kode warna, orange 3 dan putih 9. Sedangkan pengalinya 100. Resistor tersebut memiliki toleransi 1%. Sehingga nilai resistansinya adalah 3390 Ω. Oleh karena itu, nilai resistan asli terletak pada 3423,9Ω dan 3356,1Ω.

tabel resistor 5 pita
sumber gambar : skemaku.com

Resistor 6 gelang

Resistor dengan 6 gelang memiliki presisi tinggi. Dengan satu gelang tambahan untuk menentukan koefisien suhu.

Warna yang paling umum untuk gelang keenam adalah coklat. Dengan nilai koefisien 100 ppm/˚C. Artinya untuk perubahan suhu 10 C nilai hambatannya dapat berubah 1000 ppm = 0,1%.

resistor enam warna

Untuk contoh resistor 6 gelang  yang ditunjukkan di atas, memiliki warna orange, putih, hitam, merah, coklat dan merah.

Sesuai dengan tabel kode warna, orange 3, putih 9, hitam 0, pengalinya 102 dan toleransinya 1%. Sehingga nilainya 39kΩ dengan 1% toleransi dan koefisien suhu 50 ppm/°C.

tabel resistor 6 pita
sumber gambar : skemaku.com

Gimana, mudahkan membaca kode warna resistor.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait