Teknologi

Cara Membuat CV Online dengan Memakai Tiktok

Siapa sangka kalau CV yang identik dengan professional dan formal, tenyata bisa dibuat pakai tiktok lho. Penasaran seperti apa? Yuk simak cara membuat CV dengan tiktok.

Khomaria29 November 2021

Selain bentuk teks, kamu bisa bikin CV pakai video lho. Terutama bikin cv dengan tiktok. Juli 2021, TikTok melakukan uji coba dengan membuat TikTok Resume.

Apa itu tiktok resume

TikToK resume adalah fitur untuk mencari kerja secara digital dari TikTok. Bisa dibilang, ini adalah CV online.

September 2021, TikTok resume di take down. Sampai saat ini belum ada pernyataan resmi dari TikTok. Meski fitur TikTok resume masih belum ada kepastian, kamu bisa membuat CV dengan TikTok kok. Mengutip dari video Youtube Biteable, simak selengkapnya dibawah ini ya …

Bagaimana langkah membuat CV online ini?

1. Siapkan Tools Editing Video

Kamu bisa menggunakan biteable video maker. Dengan fitur-fitur tools ini, CV-mu akan semakin menarik dan amazing. Untuk pilihan tools, bisa menggunakan canva atau yang lain.

2. Gunakan Template Tiktok

Didalam biteable video maker sudah terdapat template “Video Resume”. Template ini disediakan script yang biasa digunakan pada CV. Selain itu, kamu tidak hanya menemukan template video resume tetapi juga template lain.

3. Aturlah Ratio Templatenya

Template video resume dari biteable video maker memiliki ratio 16:9. Oleh karena tiktok beratio 9:16, maka template diubah menyesuaikan ratio tiktok.

Apabila kamu tidak ingin menggunakan ratio 9:16 it’s okay. 

4. Ketikan Informasi Sesuai Kebutuhan

Informasi seperti nama, posisi yang ingin kamu lamar, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, hobi, personality hingga informasi alamat email atau akun media sosial aktif seperti Linkedin. Sudah sepaket dengan template yang kamu gunakan di biteable video maker.

Kamu hanya perlu mengetik yang perlu dan menghapus yang tidak dibutuhkan. Tidak lupa juga untuk memperhatikan durasi videonya. Tiktok memiliki 3 pilihan durasi, yaitu 15 detik, 30 detik dan 60 detik.

Apabila kamu memilih 15 detik, terlalu singkat untuk memperkenalkan diri. So, sebaiknya kamu membuat video dengan durasi 30 detik atau 60 detik.

5. Gantilah Background Sesuai Posisi Yang Kamu Lamar

Seperti sebelumnya, template sudah dilengkapi dengan background akan tetapi kamu bisa menggantinya sesuai posisi yang kamu lamar. Misalkan kamu melamar posisi sebagi design graphic, gunakan background yang menarik dan kreatif 

Tak lupa juga pemilihan latar tempat pengambilan gambar agar terlihat professional seperti posisi duduk dibelakang meja, menyediakan infografis di papan tulis, atau perpustakaan supaya feel professionalnya terasa

6. Pilihlah Font dan Warna Yang Menarik

Memilih font dan warna font sangat menentukan kejelasan dari informasi CV yang kamu buat. Oleh karena itu, kamu harus pandai match and mix warna dengan background yang kamu gunakan.

7. Tambahkan Backsound Profesional

Untuk membuat CV online-mu lebih menarik, tambahkan pula backsound. Backsound ini akan membuat CV-mu lebih hidup dan tidak terlalu sepi.

Jangan tambahkan backsound yang terlalu annoying ditelinga. Pastikan memilih lagu yang cocok untuk posisi yang kamu lamar.

8. Lakukan Finishing

Langkah terakhir adalah finishing. Ini dilakukan untuk make sure bahwa video resume yang kamu buat tidak ada typo atau kesalahan memasukan informasi. Tahap ini biasa dilakukan oleh orang-orang teliti dan perfectsionist.

Nah itu tadi langkah lengkapnya untuk membuat CV online atau yang dikenal dengan Tiktok resume. Semoga membantumu dalam membuat CV ya 😊

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait