Teknologi

Cara Pengaplikasian PLC dalam Industri beserta Contohnya

Anak teknik pasti sudah sangat familiar dengan PLC, khususnya anak elektro. Tapi sudah tahukah cara pengaplikasiannya?

Khomaria18 Oktober 2021

PLC adalah sebuah komputer tanpa monitor, keyboard dan mouse. Dengan kesederhanaannya, PLC sangat berjasa dalam perkembangan dunia industri. PLC punya banyak fungsi dalam sistem kendali industri yang didominasi sensor dan aktuator.

Pengertian PLC

PLC merupakan sistem elektronika digital yang terdiri dari gerbang-gerbang logika yang dirancang untuk mengendalikan mesin dengan mengimplementasikan fungsi nalar kendali sekuensial, operasi pewaktuan (timing), pencacahan (counting), dan aritmatika.

Cara kerja PLC

Lalu bagaimanakah cara kerja PLC? PLC akan menerima sinyal input yang dikendalikan. Lalu menjalankan rangkaian instruksi logika terhadap sinyal input berdasarkan program yang tersimpan dalam memori. Setelah menjalankan instruksi akan menghasilkan sinyal output untuk mengendalikan aktuator.

Selanjutnya bagaimana pengaplikasian PLC?

Aplikasi PLC di dunia industri

Industri

Dalam otomasi industri, PLC melakukan berbagai macam produksi manufaktur, memantau peralatan mesin, membangun sistem, dan fungsi kontrol proses. Contohnya sistem transportasi seperti eskalator dan lift, sistem pengepakan dan pelabelan makanan & minuman serta industri kertas untuk produksi buku, koran, dll.

Pembangkit Listrik

Untuk analisis sistem tenaga listrik, PLC memainkan operasi untuk pemeliharaan dan peran utama lainnya di pembangkit listrik dan sistem smart grid. Pada pembangkit listrik otomasi minyak dan gas, PLC dibutuhkan pada valve switching untuk pergantian bahan bakar, lampu pilot ON atau OFF, pemeriksaan keamanan api, prosedur penyaringan oli, dan banyak lagi. Selain itu, beberapa peralatan listrik dapat dioperasikan secara otomatis dengan PLC.

Komersial

Kamu bisa melihat perkembangan PLC dalam aplikasi kontrol komersial. Dengan penggunaan PLC, aplikasi dapat dengan mudah beroperasi tanpa atau dengan tenaga kerja yang sangat minim. Penggunaan PLC dalam komersialisasi adalah sistem kontrol cerdas lalu lintas, deteksi kebakaran dan sistem alarm serta sistem pencuci kendaraan otomatis.

Domestik

Guna keperluan domestik, PLC berperan sebagai perangkat operasi jarak jauh atau perangkat penginderaan otomatis. Kita dapat mengotomatisasi beberapa aktivitas sehari-hari dengan PLC. Salah satu contohnya sistem kontrol lampu kedip dan sistem pembuka atau penutup pintu otomatis.

Pendidikan

Dunia pendidikan pastinya sudah tidak asing dengan PLC. Salah satu mata kuliah teknik elektro adalah mempelajari tentang PLC.

Sehingga banyak mahasiswa teknik elektro memilih sistem otomatisasi untuk melakukan proyek akademik atau penelitian mereka. Jadi tidak heran jikalau perkembangan sistem otomatisasi banyak menggunakan PLC.

 

PLC menggunakan sistem yang mudah dan sederhana tetapi manfaatnya begitu besar. Hal ini karena tujuan dari PLC untuk meringkas teknologi yang dibutuhkan dengan fungsi luar biasa. Semoga artikel kali ini menambah pengetahuan sobat teknik ya ..

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait