Pengetahuan

Inilah 4 Platform yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Backup Data Penting, Terutama Skripsi

Dihari backup data, tepatnya 31 Maret, apakah kamu sudah membackup seluruh datamu dikomputer atau smartphone?

KhomariaApril 2, 2021

Mencadangkan setidaknya satu Salinan data dikomputer atau smartphone sangat penting untuk melindungi sebuah data. Data merupakan urat nadi setiap sistem, bahkan setiap hari teknisi IT melakukan perlindungan dari penjahat cyber dan perangkat pemeras. Data cadangan perlu disimpan sehingga membutuhkan skema rotasi cadangan, yang merupakan sistem pencadangan data ke media komputer dengan membatasi jumlah cadangan dari tanggal yang berbeda dipertahankan secara terpisah.

Penggunaan kembali media penyimpanan data yang sesuai dengan menimpa cadangan yang tidak lagi diperlukan. Skema ini menentukan bagaimana dan kapan setiap bagian penyimpanan dapat digunakan untuk operasi cadangan.

Dalam teknologi informasi, backup data sendiri dapat didefinisikan sebagai perilaku menyalinan data komputer yang diambil dan disimpan di tempat lain sehingga dapat digunakan untuk memulihkan data yang asli setelah peristiwa kehilangan data. Data yang akan dibackup dipilih, diekstrak, dan dimanipulasi untuk penyimpanan.

Proses ini dapat mencakup metode untuk menangani data langsung, termasuk file terbuka, serta kompresi, enkripsi, dan de-duplikasi. Teknik tambahan berlaku untuk pencadangan klien-server perusahaan. Skema pencadangan dapat mencakup dry run yang memvalidasi keandalan data yang dicadangkan. Ada keterbatasan dan faktor manusia yang terlibat dalam skema cadangan apa pun.

Melakukan backup data tidak ada salahnya, malah justru sebaliknya, aksi ini akan mendatangkan manfaat yang banyak sekali. manfaat yang bisa didapat antara lain memiliki cadangan data apabila terjadi sesuatu hal terhadap data-data dikomputer, data akan kembali ketika data tersebut hilang, memiliki rasa aman ketika melakukan kerja menggunakan data, dimudahkan untuk melakukan akses terhadap data, serta memiliki file recovery ketika sistem komputer atau smartphone sedang eror.

 

  1. One Drive

Sumber gambar : www.coriniumtech.com

Layanan cloud computing yang dikeluarkan oleh Microsoft. Layanan ini merupakan bagian dari layanan Windows Live yang memungkinkan pengunanya menyimpan file maupun data tertentu. Layanan ini pertama kali diluncurkan pada 1 Agustus 2007 dengan nama SkyDrive. Nama resmi One Drive adalah Microsoft One Drive. Sebelum menjadi One Drive, nama pertama adalah SkyDrive, kemudian disusul dengan Windows Live. Diganti lagi menjadi SkyDrive hingga pada akhirnya menjadi One Drive dan ngasih kamu memori penyimpanan sebesar 5 GB secara cuma-cuma.

 

  1. Google Drive

Sumber gambar : cdn.icon-icons.com

Media penyimpanan data online (daring) berbasis cloud ini diluncurkan oleh Google pada tanggal 24 April 2012. Google drive berfungsi untuk membackup data baik itu data yang ada di komputer ataupun perangkat lunak lainnya. Google Drive memberikan memori sebesar 15 GB yang dapat digunakan untuk menyimpan data. Apabila menginginkan memori penyimpanan memori tambahan, hanya perlu melakukan upgrade akun. Google drive akan otomatis didapatkan ketika membuat account google.

 

  1. Dropbox

Sumber gambar : penulis

Salah satu aplikasi penyimpanan cloud online. Dropbox memberikan memori yang besarnya hampir 16 GB. Dengan menggunakan Dropbox, maka artinya dapat mengakses file atau dokumen kapanpun dan di manapun ketika dibutuhkan. Selain itu, dropbox bahkan dapat diakses dari perangkat berbeda. Dropbox menyediakan layanan gratis dan berbayar unutk penggunanya. Dropbox tidak akan otomatis menyimpan seluruh file, jadi file yang tersimpan di Dropbox adalah file yang telah dipilih sesuai kebutuhan dan keinginan. Dropbox dapat diakses dari berbagai platform seperti web, Mac, Windows, Linux, iOS, Android Blackberry bahkan Kindle Fire.

 

  1. Mega

Sumber gambar : freevector.co

Mega terkenal dengan fitur keamanannya. Di mana semua file yang dienkripsi secara lokal sebelum mereka diupload. Hal ini untuk mencegah siapa pun untuk mengakses file tanpa mengetahui kunci yang digunakan untuk enkripsi. Mega memberikan memori sebesar 50 GB gratis untuk akun baru dan hingga 8 TB untuk akun berbayar. Mega sangat cocok untuk orang yang mengingikan kapasitas penyimpanan yang besar.

 

Nah itu tadi beberapa layanan cloud computing yang dapat kamu pilih sebagai media penyimpanan data khususnya untuk membackup data. Jangan lupa backup datamu ya :)

Share:

0 Komentar

Related Article