Opini

Kamu Perempuan? Ingin Berkarir di Bidang Teknologi? Ngak Masalah

Teknologi akan terus berkembang. Ini yang menjadikan seseorang akan selalu tertarik di bidang teknologi. Tak terkecuali perempuan. Namun, tak sedikit perempuan yang merasa minder untuk berkarir di bidang teknologi. Kamu salah satunya? Simak ya

Khomaria16 Januari 2021

Tidak bisa dipungkiri bahwasannya kemajuan teknologi sedang berkembang sangat pesat. Terbukti dengan banyaknya inovasi-inovasi yang telah dibuat di dunia ini. Dari yang sederhana, hingga yang luar biasa mengguncang dunia. Terutama setelah penemuan komputer dan laptop, dimana kedua benda tersebut sudag mempengaruhi sekarang sebagian besar pekerjaan manusia. Sehingga hal ini menjadikan komputer sebagai penemuan yang paling mutakhir, dan yang paling berpengaruh pada kehidupan manusia.

Seiring meroketnya dunia digitalisasi, permintaan untuk insinyur perangkat lunak meningkat pesat dan diperkirakan akan terus tumbuh. Ini adalah pekerjaan yang menarik, fleksibel, dan bergaji tinggi serta menawarkan kesempatan untuk memberi pengaruh perempuan harus memiliki akses ke karir ini. Tidak hanya perangkat lunak saja, jenis pekerjaan di bidang teknologi lainnya juga telah memberikan banyak kesempatan untuk perempuan memulai karirnya.

Banyak orang yang akan memandang sebelah mata tentang perempuan yang berkarir di bidang teknologi, itu tentu. Tetapi hal yang perlu diingat adalah hidup kita, kita yang menentukan, bukan mereka. Seperti tiga perempuan menakjubkan ini, yang menjadi female engginers di Grab, salah satu platform ojek online yang sudah dikenal diberbagai belahan dunia. Siapakah mereka? Ada Xiaole Kuang, Shivani Mukherjee, dan Hannah Vergara.

Ada beberapa hal yang tentu kamu miliki dan akan membuatmu tetap semangat dalam menggapai mimpimu, yaitu sebagai perempuan yang berkarir di bidang teknologi.

 

1. Ketelitianmu

Sumber gambar : www.information-age.com


Ketelitian dari perempuan akan sangat berguna untuk suatu pekerjaan, baik di bidang teknologi maupun non teknologi. Mayoritas laki-laki berpikir lebih lugas dan rasional sementara perempuan lebih berorientasi pada detail dan perasaan mereka. Mereka berpikir out of the box dan akan mempertimbangkan semua kasus penggunaan, termasuk kasus edge dan skenario negatif. Pemikiran seperti ini adalah perpaduan yang baik.

 

2. Kepribadianmu

Sumber foto : sketsawisata.co.id


Jika seorang perempuan dalam tim yang didominasi dengan laki-laki, jangan pernah menganggap diri kamu sebagai wanita dalam tim tersebut. Fokus saja pada tugas dan lakukan apa yang menurutmu terbaik untuk perusahaan. Kamu sudah dilatih untuk menjadi laki-laki sekaligus dalam bangku perkuliahan, jadi kepribadianmu otomatis sudah terbentuk.

 

3. Keberanianmu

Sumber gambar : michigan.it.umich.edu


Yang menjadi kelebihanmu adalah keberanianmu. Dari memutuskan mengambil jurusan teknik sampai dengan kamu lulus dengan gelar sarjana teknikmu. Tetapkan dibenakmu bahwa perempuan juga bisa. Namun sayangnya, masih ada persepsi bahwa laki-laki adalah 'teknisi'. Kamu harus mematahkan stigma bahwa perempuan bekerja lebih baik dalam peran seperti sumber daya manusia, keuangan, dan perdagangan, tetapi tidak di bidang teknik atau teknologi. Kamu harus lebih berani lagi dan menunjukkan kepada dunia bahwa kamu, kita dan perempuan bsia berkarir di bidang teknologi.

 

Girls, kamu tidak perlu khawatir atau bahkan minder ketika kamu ingin berkarir di bidang teknologi. Teguhkan pendirian dan tunjukkan bahwa kamu mampu :)

Share:

0 Komentar

Related Article