Pengetahuan

Kenali Perbedaan CSWA dan CSWP sebelum Ambil Tes Sertifiaksi Solidworks

Solidworks merupakan salah satu Computer Aided Design yang digunakan untuk merancang komponen manufacturing dan banyak digunakan oleh perusahaan industri.

Khomaria18 September 2021

Sebagai mahasiswa teknik, kamu tentu sudah tahu akan pentingnya sertifikasi bagi karir ke depannya. Tak sedikit lulusan perguruan tinggi yang menganggur karena tidak memiliki sertifikat keahlian. Memiliki sertifikasi memberikan nilai tambah bagi kamu di hadapan perusahaan atau klien nantinya. Sertifikasi menunjukan kompetensimu sudah dievaluasi dari pihak ketiga.

Ada banyak jenis sertifikasi dan bidang tertentu yang bisa kamu ikuti. Salah satunya adalah bidang desainer yang menggunakan solidworks. Solidworks mampu mempersiapkan mahasiswa teknik agar dapat relevan oleh industri saat ini melalui pengembangan keterampilan teknik, kolaborasi, project management, dan data intelligence. Tetapi ternyata sertifikasi solidworks masih dibagi-bagi lagi lho. Binggung mau pilih jenis yang apa? Langsung aja baca sampai akhir yaa 😊

Tiga tes sertifikasi solidworks

ujian kompetensi secara online

Terdapat tiga sertifikasi solidworks yang bisa kamu ikuti sebagai mahasiswa teknik, yaitu CSWA, CSWP dan CSWE. Khusus untuk CSWE adalah sertifikasi tingkat tertinggi. Kamu harus memiliki kompetensi tingkat tinggi dalam empat dari lima ujian lanjutan untuk lulus CSWE.

Disamping itu, kamu harus berhasil menyelesaikan sertifikasi CSWP sebelum mengikuti CSWE. Jadi yang bisa dipilih sebagai pemula adalah CSWA dan CSWP ya sobat. Aduh, bimbang lagi mau pilih CSWA apa CSWP? simak ya ..

CSWA Solidworks

CSWA merupakan level pertama dari tiga level sertifikasi solidworks. Sertifikasi Solidworks yang paling umum untuk siswa sekolah menengah, siswa pasca sekolah menengah, dan profesional desain teknik tingkat pemula. Namun, setiap pengguna solidworks dapat mengikuti ujian CSWA.

Tes CSWA Solidworks

Dalam ujian sertifikasi solidworks tidak memandang siapa yang dapat atau tidak dapat mengikuti ujian. Kamu hanya perlu mendownload software pengujian dan memiliki akun solidworks, maka sudah bisa melakukan ujian sertifikasi.

Peserta ujian memiliki waktu tiga jam untuk menyelesaikannya. Kamu tidak dapat menjeda ujian kapan pun, oleh karena itu kamu harus memastikan bahwa dapat mengikuti ujian tanpa gangguan.

Ujian CSWA mencakup 14 pertanyaan dengan total nilai sebesar 240 poin. Terdapat tiga topik: pemodelan, perakitan model, dan penyusunan. Untuk materi meliputi : Sketch entities, Sketch tools, Sketch relations sampai dengan Annotations. Sedangkan untuk harga dari sertifikasi CSWA ini berkisar antara 1,4 juta-an.

CSWP Solidworks

CSWP merupakan level selanjutnya dari CSWA, yang dirancang untuk pengguna tingkat lanjut solidworks untuk para profesional. Lulus ujian setifikasi CSWP menunjukkan bahwa kamu telah melampaui keterampilan dasar di solidworks dan memiliki pemahaman yang lebih tinggi tentang cara menavigasi software lho.

Tes CSWP Solidworks

Kamu dapat membuktikan kepada recruiter bahwa kamu memiliki kemampuan menanggani sebagian besar tantangan solidworks melalui sertifikasi CSWP. Beberapa perusahaan mempertimbangkan sertifikasi sebagai bagian dari kenaikan gaji dan promosi.

Untuk ujian sertifikasi CSWP membutuhkan 3,5 jam, ujian CSWP menguji kemampuan Anda untuk membuat bagian-bagian dari gambar; mengedit persamaan, parameter dan urutan fitur dan membuat rakitan, di antara berbagai keterampilan lainnya.

Berbeda dengan CSWA, CSWP dibagi menjadi tiga bagian, yang dapat diambil secara terpisah. Untuk lulus CSWP, pengguna harus mencetak setidaknya 75% pada setiap bagian ujian. Tes CSWP memiliki tingkat kelulusan yang lebih tinggi daripada tes CSWA, dengan 74% peserta yang lulus sertifikasi. Bahkan, di seluruh dunia ada 32.328 CSWP.

Perbedaan CSWA dengan CSWP

perbedaan tes CSWA dengan CSWP solidworks

Ujian sertifikasi CSWP lebih sulit daripada CSWA, dimana CSWP menguji kemampuan pengguna untuk merancang dan memperbarui model dengan cepat sesuai gambar. Untuk lulus ujian sertifikasi, kamu harus dapat membuat model secara efisien dengan cara yang memungkinkan model kamu untuk diperbarui. dengan kata lain flexsibel. CSWP juga harus jauh lebih kuat daripada desain untuk CSWA.

Jenis sertifikasi solidworks seperti tingkat dan sudah terdapat standarisasi yang harus dicapai setiap jenis sertifikasinya. Jadi kamu harus bisa menyesuaikan dan menyadari kemapuanmu ketika ingin mengambil ujian sertifikasi ini. Jangan sampai menyesal ya.

Nah itu tadi gambaran sedikit tentang sertifikasi solidworks. Semoga bisa membantu bagi kamu yang akan ambil sertifikasi ini ya. Good luck!

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait