Pengetahuan

Menganggu Jaringan Internet, Mengapa Bisa Terjadi Sinkhole dan Penyebabnya?

Siapa yang suka kesal ketika berselancar diinternet tetapi buffering terus? Tahukah kamu bahwa salah satu penyebabnya adalah karena terjadinya sinkhole? Ayo kita kenalan lebih jauh tentang sinkhole.

Khomaria14 April 2021

Pasti pernah kan merasa kesal atau bahkan marah-marah karena jaringan internet yang buffering terus? padahal bukan tanpa alasan lho.. salah satu penyebabnya adalah adanya sinkhole yang sempat terjadi beberapa waktu lalu. Sehingga layanan internet di Indonesia mengalami gangguan karena kabel optik terputus akibat sinkhole di area daratan Changi, Singapura.

Apa itu sinkhole?

Suatu lubang pada tanah yang terbentuk tiba-tiba. Lubang tanah ini muncul akibat dari tekanan terhadap permukaan tanah yang terjadi ketika sebuah lapisan bawah tanah melemah dan tak mampu menopang struktur lapisan di atasnya. Dalam fenomena sinkhole, tanah yang ada di atasnya menjadi turun karena level air pada tanah mengalami penurunan.

Apa penyebab terjadinya sinkhole?

Sinkhole terjadi karena larutnya batuan sekitar karena pengaruh air dan terbentuk gua di bawah permukaan tanah.

Bagaimana proses terbentuknya sinkhole itu sendiri?

sumber gambar : www.ibnurusydy.com

Proses Stadia 1 : Pada awalnya ada sebuah retakan kecil karena sesar dan kekar kemudian membentuk lubang sehingga masuklah air. Biasanya terjadi didaerah yang tersusun oleh batu gamping. Batu gamping ini relatif mudah terlarut ketimbang batu.

Proses Stadia 2 : Akan muncul rongga pada bagian bawah sehingga terjadi erosi oleh aliran sungai bawah tanah tersebut.

Proses Stadia 3-4-5-6 : Proses ini berlangsung terus menerus dengan kikisan serta jatuhan dari batuan diatasnya. Hingga akhirnya lubang kecil ini membentuk lubang cukup lebar dan besar.

 

sumber gambar : www.ibnurusydy.com

Proses Stadia 7 : Lubang ini tidak seluruhnya memenuhi hingga paling bawah, hal ini disebabkan volume yang mengisi batuan atas tidak seluruhnya hilang. Kedalaman lubang mulai beberapa meter hingga berukuran besar sedalam 100 meter seperti sinkhole yang berada di Guatemala.

Proses Stadia 8 : Proses siklus ini berjalan ribuan tahun tetapi hanya disebut proses yang sekejap. Walaupun telah terjadi ribuan tahun yang lalu, namun manusia hampir seluruhnya tidak sadar dan seolah-olah tidak terjadi apa-apa.

Lalu, apa saja gejala dari sinkhole?

Setelah mengerti apa itu Sinkhole, penyebab terjadinya hingga proses terjadinya, selanjutnya adalah mengetahui gejala awal akan terjadinya sinkhole di suatu kawasan. Antara lain :

  1. Sering terjadi pada daerah yang tersusun dari batu gamping. Akan tetapi sekarang sudah bisa terjadi didaerah manapun.
  2. Adanya danau baru segera setelah hujan terutama pada daerah cekungan.
  3. Dijumpai retakan-retakan tanah. Misalnya pohon-pohon yang miring menuju kearah titik pusat amblesan.
  4. Aliran sungai bawah tanah akan tertutup yang berarti adanya kemungkinan runtuhan bawah tanah.

Jadi kalau kemarin sempat terganggu jaringan internetnya, berarti efek dari terjadinya sinkhole ya. Meskipun terkadang bukan karena sinkhole juga sudah sering buffering kan hehe :v

Share:

0 Komentar

Related Article