Pengetahuan

Pengen Tahu Kenapa Pesanmu Bisa Sampai ke Temanmu? 5 Ini Buku yang Bisa Kamu Baca

Pernah kepikiran ngak, kenapa pesan teks bisa sampai ke orang tujuanmu? Mengapa dimanapun kamu berada, kamu bisa terkoneksi dengan internet? ini adalah buku yang cocok kamu baca.

Khomaria18 Januari 2021

Dunia Telekomunikasi memang jarang dikenal banyak orang, apalagi sering dibilang rumpun ilmu komunikasi. Padahal Telekomunikasi merupakan salah satu multi disiplin ilmu dari Teknik Elektro. Di Indonesia, perguruan tinggi yang mempunyai jurusan Telekomunikasi masih jarang, kecuali Politeknik. Hampir semua politeknik negeri memiliki jurusan telekomunikasi, namun berbeda-beda pula fokusan lulusannya.

Pada zaman dahulu, mengirim pesan akan bisa memakan waktu yang lama. Selain harus pergi ke kantor pos juga karena teknologi yang belum berkembang pesat seperti sekarang. Era sekarang mengirim pesan tidak butuh waktu yang lama, hanya tinggal sekali klik saja, pesan akan terkirim dalam beberapa detik. Tentunya kamu sering menggunakan sosial media sebagai pengantar pesanmu. Entah dalam bentuk teks, foto ataupun video.

Tidak hanya dalam perihal mengirim pesan, bahkan sekarang pun nonton tv ataupun film bisa langsung dari smartphone kamu. Yang fantasticnya lagi, dunia Telekomunikasi sedang menyongsong jaringan sampai 6G. Di Indonesia sendiri jaringan 5G sudah dikembangkan, namun sekarang dalam tahap pengujian untuk bisa segera dinikmati warna Indonesia.

Nah, dunia Telekomunikasi memang sangat menarik, bagi anak jurusan Telekomunikasi maupun orang awam. Karena memang kamu diharuskan untuk melek dengan teknologi, apalagi ditengah pandemi Covid-19 yang serba digital. Untuk kamu selain anak Telekomunikasi juga bisa belajar bagaimana sih sebenarnya teknologi internet dan perintilannya dapat berkembang pesat seperti sekarang.

Langsung aja yuk, bisa dibaca beberapa buku anak Telekomunikasi dibawah ini :

 

  1. Data Communications and Networking

Sumber gambar : www.carousell.com.my


Buku ini akan membawamu menuju dunia data dan jaringan. Banyak ilmu yang akan kamu dapatkan dibuku ini. Salah satunya adalah kamu bisa mengetahui proses bagaimana sebuah gambar dapat sampai ke tujuan. Didalam sistem pengiriman gambar akan ada banyak proses didalamnya. Ada banyak istilah-istilah dunia Telekomunikasi dalam buku ini.

 

  1. Elements of electromagnetics

Sumber gambar : amazon.co.uk


Buku ini menjelaskan tentang bagaimana tower bekerja. Kok bisa ada tower maka disitulah ada sinyal untuk internetan. Tapi jangan kaget kalau tidak ada istilah tower dibuku ini, adanya adalah BTS atau bisa disebut dengan Base Station. Buku ini akan mengajarimu vector lebih dalam. Ada nilai dan arah. So, jangan pusing ya hihihi

 

  1. Saluran Transmisi Telekomunikasi

Sumber gambar : openlibrary.telkomuniversity.ac.id


Bayangkan ada sesuatu yang sedang menempuh sebuah perjalanan. Sesuatu itu disebut data. Dan perjalanan membutuhkan sebuah jalan. Nah jalan ini adalah saluran transmisi. Saluran transmisi merupakan media sebuah data untuk dapat sampai ke tujuannya. Buku ini akan menjelaskan bagaimana cara kerja distribusi data untuk sampai tujuan.

 

  1. Komunikasi Serat Optik

Sumber gambar : openlibrary.telkomuniversity.ac.id


Berisi salah satu saluran transmisi di Telekomunikasi. Yaitu fiber optik. Dibuku ini serat optik akan dikupas tuntas sampai akar-akarnya. Fiber optik merupakan media untuk FTTH (Fiber To The Home), sederhananya adalah kabel Wifi. WiFi sekarang sudah berkembang sangat pesat, yang mana dulu menggunakan kabel tembaga. Akan tetapi sekarang sudah bisa menggunakan fiber optik. Fiber optik adalah sebuah media yang terbuat dari serbuk kaca. Dan lebih cepat 10 kali lipat daripada kabel tembaga. Kecepatannya bisa sampai 100 Mbps. Wow, sudah bisa dong memperkirakan secepat apa saat internetan.

 

  1. Jaringan Komputer

Sumber gambar : dhoto.lecturer.pens.ac.id


Buku ini berisi segala hal tentang komputer, mulai dari Layer OSI yang juga dipelajari di Teknik Informatika sampai jaringan telephoni yang masih berkaitan dengan informatika. Bagaimana caranya antar komputer bisa saling terhubung satu sama lain. Selain itu, di buku ini kamu juga bisa menegrti bagaimana bisa memanggil atau menelepon seseorang hanya dalam satu kali klik.

Itu lah beberapa buku yang dapat kamu baca apabila kamu sangat tertarik dengan dunia Telekomunikasi terlepas mau anak Telekomunikasi maupun orang awam. Happy Reading 😊

Share:

0 Komentar