Pengetahuan

Perlu Tahu! 7 Sensor Canggih yang Ada Dimotor Injeksi

Meskipun motor produksi masal, ternyata motor injeksi sudah memiiki sensor-sensor canggih loh.. mau tau apa saja sensornya?

Khomaria15 Februari 2021

Teknologi pada saat ini sudah sangat berkembang, terutama pada kendaraan bermotor. Saat ini teknologi pada kendaraan bermotor sudah beragam. Beragam  tambahan teknologi–teknologi baru pada sepeda motor saat ini. Injeksi merupakan salah satu teknologi pada kendaraan bermotor.

Injeksi merupakan pencampuran bahan bakar dengan udara pada kendaraan bermotor, tujuannya untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna. Proses ini membutuhkan perangkat bernama injector, tugasnya adalah menyuplai campuran bahan bakar dengan udara. Sistem injeksi adalah peningkatan teknologi dari istem karburator.

Motor injeksi masa kini telah dilengkapi sensor canggih yang berfungsi ngirim data ke ECU (Electronic Control Unit). Sistem injeksi ini sangat memungkinkan motor dengan bahan bakar lebih irit, tenaga yang lebih besar, dan efisiensi mesin lain. Tetapi tahukan kamu, sensor apa saja yang ada di sistem injeksi ini? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

 

Menurut Gridoto.com, banyak sensor canggih yang dimiliki oleh motor injeksi. Akan tetapi kali ini kita hanya akan membahas 7 jenis sensor.

  1. Lean Angle Sensor

Sumber gambar : i.ebayimg.com


Sensor ini adalah sensor penting yang harus ada didalam motor injeksi. Tugas dari Lean Angle Sensor adalah memberikan data tentang kemiringan motor ketika motor jatuh ataupun mengalami kecelakaan. Prinsip kerja sensor ini adalah mengirim data kepada ECU untuk mematikan pengoperasian mesin sehingga ketika mengalami kecelakaan mesin akan mati dengan otomatis.

 

  1. Crank Angle Sensor

Sumber gambar : images.homedepot-static.com


Mendeteksi posisi crankshaft dan posisi Titik Mati Atas (TMA) saat mesin baru dinyalakan merupakan tugas dari Crank Angle Sensor. Sensor akan mengirimkan sebuah sinyal ke ECU sehingga ECU akan mengatur proses pengapian, penyemprotan bahan bakan serta pengisian aki.

 

  1. Oxygen Sensor

Sumber gambar : images.carid.commm


Tahukah kamu bahwa sensor ini bukan untuk mengukur kadar oksigen yang ada pada mesin motor. Akan tetapi untuk menjaga gas buang sisa dari pembakaran agar selalu optimal. ECU akan menerima informasi gas buang sisa ini untuk mesin menentukan campuran bahan bakar yang tepat dan gas buangan akan lebih ramah lingkungan.

 

  1. Manifold Air Pressure Sensor

Sumber gambar : images.bonanzastatic.com


Yang biasanya disingkat dengan MAP Sensor, adalah sensor yang menggunakan teknologi elektronik. Sensor MAP sendiri memiliki fungsi untuk mengkalkulasikan perbandingan tekanan udara yang disediakan untuk mesin pada emisi yang lebih rendah sehingga menghasilkan pembakaran yang lebih rendah dan bahan bakar yang lebih efisien. Data ini bukan berupa data raw, melainkan data yang dapat dikonversikan menjadi data massa udara menggunakan metode densitas kecepatan. Dengan MAP Sensor bisa ditentuin berapa jumlah bahan bakar yang dibutuhin demi pengoperasian mesin.

 

  1. Intake Air Temperature Sensor

Sumber gambar : www.ecddiesel.com


Kerap disebut dengan IAT sensor. Berfungsi untuk mendeteksi suhu udara yang masuk ke dalam throttle body. Melalui IAT akan ditentukan berapa kadar bensin yang digunakan untuk injeksi pada ECU.

 

  1. Engine Oil Temperature Sensor

Sumber gambar : www.ecddiesel.com


Mengukur suhu oli, sensor ini tak kalah penting dengan Lean Angle Sensor. Idealnya, suhu mesin pada oli adalah sedikit lebih hangat dibandingkan dengan pendinginnya. Oleh karena itu, kondisi sensor Engine Oil Temperature pun harus diperhatikan seperti misalnya resiko pembacaan yang salah, pengukur yang tidak bergerak, kerusakan pada kabel, dan sebagainya.

 

  1. Engine Coolant Sensor

Sumber gambar : www.ebay.com


Sensor sederhana yang satu ini hampir sama fungsinya dengan Engine Oil Temperature Sensor, yaitu memonitor suhu internal di dalam mesin. Sensor pendingin ini fungsinya mendeteksi perubahan suhu yang terjadi di dalam mesin dan mengirim informasi ke Powertrain Control Module jika mesin dalam keadaan suhu yang tinggi, normal, atau terlalu panas. Apabila mesin mengalami overheat pada beberapa model motor, lampu indikasi yang terletak di speedometer akan menyala dan memberikan peringatan pada pengemudi.

 

So, itu tadi beberapa sensor canggih yang ada didalam motor injeksi

Share:

0 Komentar

Related Article