Pengetahuan

Selain IPK dan CV, Lakukan 6 Persiapan Ini Sebelum Melamar Kerja di BUMN

BUMN masih menjadi pilihan favorit para freshgraduate setelah kuliah. Simak persiapan apa saja yang perlu dilakukan agar diterima.

Khomaria11 Oktober 2021

BUMN merupakan perusahaan milik negara dengan perusahaannya yang tersebar di Indonesia. Mulai dari sektor pertanian, konstruksi sampai real estat. Bekerja di BUMN tentu menjadi impian banyak orang, tak terkecuali freshgraduate. Mayoritas freshgraduate memilih BUMN sebagai tujuan setelah lulus kuliah. Walau bekerja diperusahaan start up juga cukup booming dikalangan mereka. Ada dua alasan mengapa perusahan BUMN masih diminati. 

Mengapa BUMN masih diminati freshgraduate

pilihan karier di pertamina, perusahaan bumn
Kerja di Pertamina (id.motor1.com)

Alasan pertama pastinya dari segi gaji. Gaji pegawai BUMN tergolong tinggi, apalagi ditambah dengan tunjangan dan asuransi. Selanjutnya yang kedua adalah persoalan status, bekerja di BUMN memberikan “wah” tersendiri. Kedua alasan tersebut menjadi motivasi banyak orang untuk mempersiapkan diri bekerja perusahaan BUMN.

Walaupun begitu, persaingan recruitment perusahaan BUMN sangat ketat. Tidak hanya mengandalkan IPK dan CV saja, tetapi perlu persiapan lebih supaya diterima. Apa saja sih yang harus disiapkan? Simak sampai habis ya sobat teknik.

Lakukan 6 persiapan ini sebelum melamar kerja di BUMN

Pilih perusahaan yang hendak dituju

Indonesia memiliki banyak perusahaan BUMN untuk tempat berkariermu. Carilah tahu apakah pekerjaan yang ditawarkan sesuai dengan background pendidikanmu atau tidak. Karena biasanya mereka mencari kualifikasi yang sesuai dan kompeten.

Lengkapi persyaratan admnistratif

Tahapan awal dalam melamar sebuah perkerjaan adalah melengkapi syarat administratif. Di tahap ini, kesalahan sedikit dalam pemberkasan, maka otomatis tidak lolos ke tahap berikutnya. Perhatikan hal-hal kecil seperti kualitas scan dokumen atau foto ketika pendaftarannya secara online..

Menyiapkan sertifikat bahasa asing

Kamampuan berbahasa asing juga tidak kalah penting dalam proses recruitment, terutama perusahaan BUMN.  Bekali diri dengan sertifikas bahasa seperti TOEFL atau IELTS. Standar skor TOEFL antara 450-500. Namun lebih baik kalau kamu bisa mencapai lebih dari 500. Agar kamu lebih percaya diri ketika berhadapan dengan kandidat lain. Kamu butuh skor 6-7.5 untuk bisa lolos IETLS sebagai modal melamar kerja. 

Melakukan persiapan fisik untuk tes kesehatan

Tahapan selanjutnya adalah tes fisik. Banyak orang gagal tes fisik karena sering begadang. Oleh karena itu, persiapkan dari jauh-jauh hari untuk mendapatkan kondisi fisik yang sehat dan fit. Supaya hasilnya pun memuaskan dan tim seleksi yakin bahwa layak untuk bekerja.

Mengikuti proses seleksi dengan baik

Mengikuti proses recruitmen dari awal sampai akhir wajib kamu ikuti. Terutama jika ingin diterima di perusahaan BUMN. Selain itu, on time dalam segala hal selama proses juga menjadi nilai plus lhoo sobat.

Berdiskusi dengan orang dalam

Nah ini adalah persiapan terakhir yang bisa kamu lakukan. Eitss, jangan khawatir apabila tidak memiliki kenalan orang dalam. Karena sekarang sobat Teknik bisa mengikuti career class Anak Teknik Indonesia lho.

Topik diskusi pun sangat menarik yaitu Bongkar Rahasia Masuk BUMN dan Kesalahan yang Perlu Dihindari, dengan pemateri yang expert. Langsung aja cek website di anakteknik.co.id

Itu dia tadi beberapa hal yang bisa kamu siapkan sebelum melamar di perusahaan BUMN. Apabila ingin dilirik daripada kandidat lain, selalu update skill yang kamu miliki.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait