Teknologi

4 Tingkat Bahasa Pemrograman

Berikut merupakan tigkatan dari pemrograman , kamu sampai tingkat mana ?

Krysna Yudha Maulana15 Oktober 2021

Bahasa adalah suatu sistem untuk berkomunikasi. Bahasa tertulis menggunakan simbol untuk membuat sebuah kata. Dalam komputer, bahasa manusia sering disebut bahasa alamiah karena komputer tidak bisa menterjemahkannya. Dari sini lahirlah sebuah bahasa yaitu bahasa komputer yakni bahasa yang dapat dimengerti oleh suatu komputer sehingga dapat melakukan sebuah aksi tertentu sesuai dengan bahasa yang sudah dibuat sebelumnya.

Fungsi program di komputer

Program adalah sekumpulan instruksi yang bertujuan untuk penyelesaian masalah. Program di komputer dapat memproses dan mengerjakan instruksi dan memberikan hasil yang diinginkan. Agar dapat berjalan, program ditulis dalam bahasa yang bisa dibaca komputer.

Komputer dapat menulis program dengan memakai bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman ada empat jenis  yaitu bahasa mesin, program tingkat rendah, tingkat menengah, dan tingkat tinggi.

1. Bahasa pemrograman mesin

Bahasa pemrograman mesin merupakan perintah komputer dengan kode biner. . Kode-kode tersebut langsung diterjemahkan komputer tanpa lewat proses kompilasi. Contohnya adalah : 010100101010111101 bahasa ini merupakan bahasa yang mudah dimengerti oleh mesin ,karena terdapat data HIGH (0) dan data LOW(1) lalu data ini digunakan untuk perintah aksi suatu output mesin atau komputer

2. Bahasa pemrograman tingkat rendah (low-level)

Bahasa program tingkat menengah yaitu instruksi yang berupa kode mnemonic contohnya adalah : STOLOD, JMP ,ADD, SUB, DIV. Istilah lainya sering disebut dengan bahasa assembly. Namun, bahasa dalam tingkat menengah atau middle-level harus dikonversi ke dalam bahasa mesin. Pasalnya dikarenakan komputer hanya bisa mengerti bahasa mesin.

3. Bahasa pemrograman tingkat menegah (middle-level)

Yang ketiga adalah bahasa program tingkat menengah. Bahasa ini merupakan instruksi canpuran dari bahasa manusia. Intruksi ini biasanya bersifat simbol adapaun contohnya adalah : {, }, ?, <<, >>, &&, ||

4. Bahasa pemrograman tingkat tinggi (high-level)

Bahasa pemrograman tingkat tinggi berisi instruksi dengan bahasa yang dipahami manusia. Contohnya seperti bahasa Inggris atau matematika. Bahasa pemrograman tingkat tinggi dibuat untuk menyempurnakan bahasa pemrograman tingkat sebelumnya. Contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti: pascal, C, Phyton, Java, dan lainnya.

Sekian artikel tentang empat tahapan bahasa pemrograman yang ditentukan oleh kesulitan dan kelebihan. Masing-masing bahasa pemrograman terdiri dari pemprograman mesin, bahasa pemrograman tingkat rendah (low-level),bahasa pemrograman tingkat menegah (middle-level) dan bahasa pemrograman tingkat tinggi (high-level). Nantikan artikel-artikel selanjutnya yang pastinya akan lebih menarik dan informatif, sampai jumpa

Share:

0 Komentar