Industri

5 Tantangan Industri Di Era Industri 4.0

Dalam perkembangan Industri 4.0 tentunya tidak semulus yang dibayangkan pasti ada

Krysna Yudha Maulana21 September 2021

Penemuan teknologi baru telah membuat pengembangan industri sejak adopsi awal sistem mekanis, hingga ke arah otomatisasi saat ini lebih responsif dan adaptif terhadap kebutuhan dan tuntutan pasar yang dinamis. Walaupun didalam perkembangan Industri 4.0 pasti tidak semudah yang kita bayangkan dalam perjalannya pasti ada halangan dan tantangan yang harus kita lewati, sama halnya dengan kehidupan sehari hari pasti ada rintangan yang harus kita lewati .Mari kita bahas berbagai tantangan yang muncul di era industri 4.0 .

1. Intelligent Decision-Making and Negotiation Mechanism

 

Revolusi Industri 4.0 menuntut perusahaan mengoptimalkan dalam pengambilan keputusan. Pada sistem perusahaan membutuhkan lebih banyak pengambilan keputusan otomon dan sosial yang cerdas sebagai faktor kunci dari sistem yang terorganisir mandiri sehingga dapat melakukan pengambilan keputusan. 

2. Manufacturing Specific Big Data and Analytics


Big Data Merupakan tantangan demi memastikan kualitas dan integritas data yang direkam dari sistem pabrikan. Keberagaman Anotasi entitas data sangat menjadi tantangan yang semakin besar untuk menggabungkan beragam repositori data dengan semantik berbeda untuk analitik data lanjutan. 

3. System Modeling and Analysis

Pada permodelan sistem, sistem harus dimodelkan agar mejadi sistem manufaktur yang terorganisi yang bertujuan mengurangi persamaan dinamis dan menyimpulkan model kontrol yang tepat. Dengan demikian perlu pengembangan untuk sistem yang kompleks. 

4. Cyber Security

Faktor keamanan cyber menjadi penting seiring dengan peningkatan konektivitas dan penggunaan protokol komunikasi standar di era Industri 4.0. Kebutuhan untuk melindungi data dan sistem perusahaan dari ancaman keamanan cyber meningkat secara dramatis (Rüßmann, Michael; Markus Lorenz, Philip Gerbert, Manuela Waldner, Jan Justus, Pascal Engel, 2015)
 

5. Investment Issues

Investasi merupakan permasalahan yang umum bagi pelaku bisnis berbasis teknologi baru di bidang manufaktur. Investasi signifikan yang diperlukan untuk mengimplementasikan industri 4.0 pada awalnya adalah berupa Usaha Kecil dan Menengah (UKM), nyatanya implementasi semua pilar industri 4.0 membutuhkan sejumlah besar investasi untuk suatu industri. 

Nah sekarang jadi lebih tau kan berbagai macam tantangan dan isu dalam perkembangan industri 4.0 yang semuanya berbasis digital dan internet, sekian dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya

Share:

0 Komentar