Industri

7 Contoh Pengaplikasian Big Data

Pasti kamu sering mendengar tentang Big Data, pengaplikasiannya dimana sih ? Daripada banyak bertanya yuk simak artikel berikut ini

Krysna Yudha Maulana16 September 2021

Sebelum kita masuk ke aplikasinya mari kita bahas tentang apa itu Big Data .Big Data bukanlah sebuah teknologi, teknik, maupun inisiatif yang berdiri sendiri. Big Data merupakan trend yang mencakup area bisnis dan teknologi. Big Data merupakan jumlah data yang sangat besar yang diproduksi di era digital.

Data dalam jumlah besar ini, baik terstruktur maupun tidak terstruktur, mencakup semua data web yang dihasilkan oleh email, situs web, dan situs jejaring sosial (Holmes, 2017). Banyak bidang saat ini yang telah menggunakan Big Data, berikut contoh beberapa bidang diantaranya:

1. Kesehatan


Hadrinya bantuan analitik prediktif, profesional medisdapat memberi layanan kesehatan secara personal pada tiap pasien. Selain itu, perangkat kebugaran, telemedicine, pemantauan jarak jauh yang didukung oleh Big Data dan Artificial Intelligence dapat membantu mengubah hidup menjadi lebih baik.

2. Akademisi


Big Data juga membantu meningkatkan pendidikan saat ini. Pendidikan tidak terbatas pada batasan fisik ruang kelas - ada banyak kursus pendidikan online untuk dipelajari. Institusi akademis berinvestasi dalam kursus digital yang didukung oleh teknologi Big Data untuk membantu perkembangan pelajar pemula secara menyeluruh.

3. Perbankan


Sektor perbankan mengandalkan Big Data untuk deteksi penipuan. Alat Big Data dapat mendeteksi tindakan penipuan secara real-time dan efisien seperti penyalahgunaan kartu kredit / debit, pengarsipan jalur inspeksi, perubahan yang salah dalam statistik pelanggan, dll.

4. Manufaktur

Menurut TCS Global Trend Study, Big Data bermanfaat untuk meningkatkan kualitas produk dan strategi pemasokan di bidang manufaktur. Pada sektor manufaktur, Big Data membantu menciptakan transparansi infrastruktur sehingga dapat memprediksi hal-hal yang bisa mempengaruhi jalannya bisnis.

5. Teknologi Informasi (TI)


Salah satu pengguna Big Data terbesar, perusahaan TI di seluruh dunia menggunakan Big Data untuk mengoptimalkan fungsinya, meningkatkan produktivitas karyawan,
dan meminimalkan risiko dalam operasi bisnis. Dengan menggabungkan teknologi Big Data dengan Machine Learning dan Artificial Intelligence, sektor TI terus mendorong inovasi untuk menemukan solusi bahkan untuk masalah yang paling kompleks sekalipun.

6. Ritel


Big Data sudah masuk ke ranah toko ritel. Perusahaan ritel mengumpulkan data dengan cara survei demografis lokal serta pemindai POS, RFID, kartu loyalitas pelanggan dan nventaris toko selama bertahun-tahun.

Sekarang, mereka mulai memanfaatkan data ini untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi, meningkatkan penjualan, meningkatkan pendapatan, dan memberikan layanan pelanggan yang luar biasa. Mereka juga mengumpulkan data media sosial untuk memahami apa yang pelanggan katakan tentang merek mereka, layanan mereka, dan menyesuaikan desain produk dan strategi pemasaran mereka.

7. Transportasi


Big Data Analytics memiliki jasa yang besar untuk industri transportasi. Di negara-negara di seluruh dunia, baik perusahaan transportasi swasta maupun yang
dikelola pemerintah menggunakan teknologi Big Data untuk mengoptimalkan perencanaan rute, mengontrol lalu lintas, mengelola kemacetan jalan, dan
meningkatkan layanan.

Layanan transportasi mamakai Big Data untuk mengatur manajemen pendapatan, mendorong inovasi teknologi, meningkatkan logistik, dan tentunya mendapatkan keunggulan di pasar.
 

Share:

0 Komentar