Teknologi

Apa Itu Sensor LM35 Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Apasih kelebihan dan kekurangan dari sensor LM35

Krysna Yudha Maulana10 Oktober 2022

Sensor suhu LM35

Sensor suhu LM35 merupakan komponen elektronika yang berfungsi mengubah besaran suhu menjadi besaran listrik berupa tegangan. Dibandingkan dengan sensor suhu lainnya, LM35 sangat akurat dan desainnya sederhana, dengan impedansi keluaran rendah dan linieritas tinggi, sehingga dapat dengan mudah dihubungkan ke sirkuit kontrol khusus dan tidak memerlukan penyesuaian lebih lanjut.

Karakteristik sensor LM35

1. Kalibrasi dalam Celcius. Alat ini peka terhadap suhu dengan faktor penskalaan linier antara tegangan dan suhu 10 mVolt/ºC dan dapat dikalibrasi langsung dalam           derajat Celcius.
2. Akurasi 0,5C pada suhu kamar.
3. Rentang -55C - 150C.
4. Bekerja dengan catu daya 4V-30V. 5. Tarik arus kurang dari 60A
6. Impedansi keluaran rendah 0,1W pada beban 1mA.

Cara kerja sensor LM35

Dalam praktiknya, proses antarmuka sensor LM35 dapat dikatakan cukup sederhana. IC sensor LM35 memiliki tiga pin: Vs, Vout, dan pin ground. Dalam pengoperasiannya, pin Vs dihubungkan dengan tegangan suplai 4-20 volt, pin Ground dihubungkan ke ground, dan pin Vout merupakan keluaran yang menenggelamkan tegangan yang besarnya sesuai dengan suhu yang diterima.

Prinsip kerja termometer ini adalah menggunakan sensor suhu untuk mengubah suhu menjadi tegangan. Dengan kata lain, ia mengubah panas yang diserap oleh LM35 sebagai sensor suhu menjadi tegangan. Proses mengubah panas menjadi tegangan adalah karena adanya termistor PTC (koefisien suhu positif) di dalam LM35, termistor yang merasakan perubahan panas. Prinsip kerja PTC ini adalah resistansi meningkat seiring dengan kenaikan suhu. Semakin tinggi resistansi, semakin tinggi tegangan output.

Kelebihan sensor LM35

  1. Kisaran suhu yang luas dari -55 hingga +150 °C
  2. Pemanasan sendiri rendah, 0,08 °C
  3. Operasi pada tegangan dari 4 hingga 30 V
  4. sirkuit tidak rumit
  5. Tidak diperlukan pengkondisian sinyal

Kekurangan sensor LM35

Membutuhkan sumber tegangan untuk operasi

Pendeteksian suhu dengan LM35

Sensor ini dapat mendeteksi suhu dari 0 sampai 100 derajat Celcius dengan karakteristik 10 mV pada output setara dengan 1 derajat Celcius. Ketika tegangan output 300mV, suhunya 30 derajat Celcius, dan ketika tegangan output 230mV, suhunya 23 derajat Celcius.

Misalnya percobaan dengan sumber tegangan 5 VDC dan sensor suhu LM35. Tujuan penggunaan AVO digital adalah agar tegangan keluaran pada sensor lebih mudah terbaca.

Dalam percobaan, ujung kaki kiri (+5VDC) dihubungkan ke terminal positif dengan kabel merah catu daya, dan kaki tengah terhubung ke terminal positif dengan kabel merah AVO meter (yaitu tegangan output dari sensor), yaitu Hubungkan kaki kanan ke ground. Yaitu, pin dan klip hitam AVO dan power.

Share:

0 Komentar