Teknologi

Bagaimana Cara Kerja Panel Surya di Atas Rumah?

Taukah Anda bagaimana panel surya mengubah cahaya matahari sampai menjadi listrik dan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari ? Yuk simak artikel berikut ini agar tau

Krysna Yudha Maulana23 Desember 2021

Pernahkah Anda melihat panel surya dan bertanya-tanya apa fungsinya, dan bagaimana caranya? Nah, hamparan kaca berkilauan berteknologi tinggi hanyalah salah satu komponen dalam jaringan kompleks yang memanfaatkan energi terbarukan matahari untuk mendistribusi listrik ke rumah. Mari kita langkah sederhana cara kerja panel surya.

Sinar matahari mengaktifkan panel surya

Array panel surya atap
Tata surya rak-dan-panel

Setiap panel individu terbuat dari lapisan sel silikon, bingkai logam, casing kaca yang dikelilingi oleh film khusus, dan kabel. Untuk efek maksimal, panel dikelompokkan menjadi "array" (rangkaian berurutan). Diletakan di atap atau tempat terbuka. Sel surya, yang juga disebut sebagai sel fotovoltaik, menyerap sinar matahari pada siang hari.  

Sel menghasilkan arus listrik

Silikon ingot dan wafer
Sebuah ingot silikon 

Di dalam setiap sel surya terdapat wafer semikonduktor tipis yang terbuat dari dua lapisan silikon. Satu lapisan bermuatan positif, dan lapisan lainnya bermuatan negatif, membentuk medan listrik. Ketika cahaya matahari menyerang sel surya fotovoltaik, itu memberi energi pada sel. Hal itu menyebabkan elektron 'lepas' dari atom di dalam wafer semikonduktor. Medan listrik menggerakan elektron lepas yang mengelilingi wafer. Gerakan ini menciptakan arus listrik. 

Energi listrik diubah

Sebuah inverter surya
Sebuah inverter surya. Gambar disediakan oleh SMA Solar Technology AG

Anda sekarang memiliki panel surya yang mengubah sinar matahari menjadi listrik arus searah (DC). Bukan jenis listrik yang menggerakkan sebagian besar rumah, yaitu listrik arus bolak-balik (AC). Untungnya, listrik DC mudah diubah menjadi listrik AC dengan alat yang disebut inverter

Listrik yang dikonversi memberi daya pada rumah Anda

Sebuah mikroinverter surya
Sebuah mikroinverter surya

Setelah mengubah listrik DC ke AC, ia mengalir melalui panel listrik dan didistribusikan ke seluruh rumah. Ini bekerja dengan cara yang persis sama seperti daya listrik yang datang dari PLN. Sehingga tidak perlu diubah di dalam rumah. Karena masih terhubung ke PLN, otomatis menarik listrik tambahan untuk melengkapi kekurangan tenaga surya dari jaringan.

Sebuah meteran bersih mengukur penggunaan

Pengukur listrik pintar
Pengukur listrik pintar

Saat langit tertutup awan atau gelap, panel surya Anda tidak dapat menangkap sinar matahari untuk sumber energi. Namun, pada tengah hari ketika tidak ada orang di rumah, ada kemungkinan ada pengumpulan energi berlebih dari yang Anda butuhkan.

Itulah mengapa meter digunakan untuk mengukur aliran listrik dua arah dari rumah Anda. Perusahaan utilitas akan sering memberikan kredit untuk setiap kelebihan daya yang Anda kirim kembali ke jaringan. Ini dikenal sebagai pengukuran bersih. 

Sekarang setelah Anda mengetahui dasar-dasar tentang energi surya. Anda dapat mengagumi bagaimana teknologi fotovoltaik saat ini dapat menangkap matahari untuk mengoperasikan peralatan listrik dirumah. Dan nantikan artikel-artikel yang lebih menarik selanjutnya.

Share:

0 Komentar