Opini

Kenapa Artificial Intelligence Penting ? Ini Alasannya

Sudah Tau Pentingnya Artificial Intelligence ?

Krysna Yudha Maulana4 November 2021

Pengertian Artificial Intelligence 

Artificial Intelligence (AI) mampu membuat mesin menyesuaikan dengan input baru, dan melakukan pekerjaan manusia. Contoh penggunaan AI adalah komputer yang bermain catur sampai mobil Tesla. Semua itu sangat bergantung pada deep learning (pembelajaran mendalam) dan natural language processing (pemrosesan bahasa alami). Dengan menggunakan teknologi ini, komputer dapat memproses data dan mengenali pola unutk dapat dilatih untuk menyelesaikan tugas tertentu. 

Pentingnya Artificial Intelligence 

1. Mengotomatiskan proses pembelajaran dan penemuan melalui data

Otomatisasi AI tidak digerakan oleh perangkat keras. AI melakukan tugas komputerisasi dengan volume tinggi, andal dan gak gampang capek.

2. Menambahkan kecerdasan pada produk yang sudah ada

AI meningkatkan kemampuan dari produk yang digunakan konsumen. Siri menjadi fitur pada generasi terbaru Apple. Kombinasi data dengan otomatisasi, platform percakapan, bots, dan mesin pintar dapat meningkatkan kemampuan teknologi yang digunakan manusia.

3. Agoritme beradaptasi dengan pembelajaran progresif untuk memungkinkan data melakukan pemrograman

Pada data, AI menemukan struktur dan keteraturan sehingga algoritme memperoleh keterampilan. Algoritme menjadi pengklasifikasi atau prediktor. Seperti halnya dengan komputer yang belajar bermain catur, algoritme bisa mengajarkan mengenal produk online yang layak direkomendasikan. Dan model beradaptasi saat diberi data baru. Back propagation (propagasi balik) memungkinkan penyesuaian model lewat pealtihan dan data tambahan. Terutama ketika jawaban pertama kurang tepat. 

4. Menganalisis data lebih banyak dan lebih dalam dengan neural networks yang memiliki banyak lapisan tersembunyi

Membuat suatu sistem pendeteksi penipuan merupakan hal yang sulit beberapa tahun ynag lalu. Dengan kekuatan komputer dan big data yang luar biasa, semuanya berubah. Pengguna butuh banyak data untuk melatih model deep learning karena dari sana proses belajar berlangsung. Makin banyak data yang diperoleh, hasilnya semakin akurat.

5. Mencapai akurasi luar biasa melalui deep neural network yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan 

Semua penggunaan perangkat pintar, seperti smarthome alexa dan lainnya semuanya didasarkan pada deep learning. Makin lama pengunaan maka hasilnya semakin akurat. Di bidang medis, klasifikasi gambar dan pengenalan objek digunakan untuk menemukan kanker pada MRI dengan akurasi setara ahli radiologi berpengalaman.

6. Memanfaatkan data secara maksimal

Ketika algoritme belajar sendiri, data sudah jadi kekayaan intelektual. Pengguna hanya perlu menerapkan AI untuk mengeluarkannya. Saat ini, peran data sangat penting untuk menciptakan keunggulan kompetitif. Jika pengguna memiliki data terbaik pada industri kompetitif, data terbaik akan menang. 

Share:

0 Komentar