Industri

Lulusan Jurusan Teknik Pertambangan Jadi Apa?

Buat kalian yang mau masuk jurusan pertambangan yuk simak artikel berikut ini

Krysna Yudha Maulana17 Januari 2022

Sebelum kita masuk ke pembahasan inti tentang prospek dari lulusan jurusan teknik pertambangan mari kita bahas tentang apasih Jurusan teknik pertambangan itu ? Seperti namanya pertambangan teknik ini tentunya berhubungan erat dengan dunia tambang.

Teknik pertambangan merupakan teknik yang didalamnya menerapkan ilmu pengetahuan dan juga teknologi untuk mengekstraksi mineral dari dasar bumi .Jika dipelajari lebih dalam teknik pertambangan dibagi-bagi menjadi beberapa disiplin ilmu seperti geologi ,rekayasa geoteknik ,pengolahan mineral dan metalurgi 

Nah langsung ketopik utama yaitu prospek dari teknik pertambangan 

1. Ahli Pengeboran

https://bdtbt.esdm.go.id/ 

Apasih ahli pengeboran itu ? Ahli pengeboran merupakan bidang ahli yang bertugas untuk mengoperasikan berbagai macam jenis pengeboran untuk mengakses suatu bahan tambang yang akan dieksplorasi ,dan didalam tugasnya bukan hanya bor saja akan tetapi juga menggunakan bahan peledak dan menjasi operator mesin penggali vertikal maupun horizontal. Ahli ini wajib memahami dasar keselamatan yang tinggi, sebab pekerjaannya bersinggungan dengan teknologi peledak yang berbahaya. Jika ingin belajar tentang pekerjaan ini, kamu bisa kunjungi Live Training

2. Ahli Tambang 

https://www.mecmining.com.au/ 

Ahli tambang merupakan ahli yang bertugas untuk memilih lokasi dan merencanakan segala aspek untuk melakukan pertambangan seperti mensepesifikasikan sebuah proses tambang ,berapa banyak tenaga kerja yang harus digunakan dalam pertambangan dan juga menentukan peralatan apa yang harus digunakan saat pertambangan ynag tentunya ramah bagi lingkungan dan ekonomis  baik yang ada dibawah tanah atau yang ada dipermukaan bumi.

3.Konsultan Tambang

Karena bidang pertambangan merupakan pekerjaan yang membutuhkan dana yang besar dan tentunya resiko yang sangat besar juga , maka diperlukan suatu manajemen yang baik dan mempertimbangkan segala sesuatu ,konsultan tambang adalah solusinya . Apasih tugas menjadi konsultan tambang? ,tugas dari konsultan tambang adalah membantu mengetahui sifat-sifat mineral yang akan ditambang ,mulai dari resiko pertambangan ,fungsi mineral dan membuat perusahaan tidak sembarangan dalam melakukan pertambangan.

4. Peneliti Tambang

Lalu prospek yang selanjutnya adalah menjadi peneliti. Peneliti sangat dibutuhkan dalam dunia pertambangan karena dengan penelitian yang dihasilkan oleh para peneliti dapat bermanfaat dan menambah khasanah baru dalam ilmu pengetahuan khususnya dalam pertambangan. Para peneliti juga wajib memberikan masukan dan saran terhadap industri agar bisa melakukan kegiatan usaha yang mempertimbangkan faktor lingkungan. Dan juga dapat memberikan inovasi tertentu untuk bisa melakukan kegiatan yang efektif dan efisien.

5. Wirausaha Pertambangan

alis.alberta.ca/

Mungkin prospek ini merupakan yang didambakan oleh kebanyakan lulusan teknik pertambangan karena prospek dan keuntungan yang sangat besar, tetapi juga membutuhkan usaha dan modal yang lebih untuk mendapatkan posisi sebagai wirausaha di dunia pertambangan dibutuhkan ilmu pertambangan, networking dan juga ilmu marketing yang baik untuk bisa menjadi wirausahawan di pertambangan .

6. Dosen

Dr Ir Irdika Mansur

Ilmu pertambangan tentunya harus diteruskan ke generasi berikutnya sehingga menjadikan bibit ynag berkompetensi didunia pertambangan ,maka solusinya adalah menjadi dosen karena dengan menjadi dosen kita bisa memajukan pendidikan di generasi berikutnya.

Nah teman teman itu beberapa prospek yang kamu dapat setelah lulus dari teknik pertambangan , Nah terimakasih telah membaca artikel ini nantikan artikel-artikel selanjutnya yang pastinya lebih menarik dan lebih seru.

Share:

0 Komentar