Pengetahuan

Mengenal Sensor Suhu dan Kelembapan DHT11

Taukah kamu apa itu sensor DHT11. Bagaimana pengunaan DHT11 sebagai sensor suhu

Krysna Yudha Maulana11 Oktober 2022

Sensor adalah alat untuk mendeteksi perubahan besaran fisika seperti tekanan, gaya, besaran listrik, cahaya, gerak, kelembaban, suhu, kecepatan, dan fenomena lingkungan lainnya. Setelah mengamati perubahan, input yang dirasakan melalui jaringan menjadi informasi yang berguna. Dapat diubah menjadi output yang dapat dipahami manusia.

Pengertian sensor

Sensor suhu dan kelembaban kadang-kadang dikembangkan secara terpisah, tetapi banyak peneliti membutuhkan kedua sensor pada saat yang sama. Beberapa produsen sensor membuat perangkat sensor tunggal untuk mengukur kedua parameter. Sensor suhu kelembaban adalah DHT11.

DHT11 adalah sensor digital yang dapat mengukur suhu dan kelembaban udara sekitar. Sensor ini sangat mudah digunakan dengan Arduino. Ini sangat stabil dan memiliki kalibrasi yang sangat akurat. Koefisien kalibrasi disimpan dalam memori program OTP, sehingga modul ini masuk ke dalam perhitungan saat sensor mendeteksi sesuatu.

Spesifikasi sensor

DHT11 berisi sensor kualitas tertinggi dalam hal respons, pembacaan data yang cepat, dan kemampuan anti-interferensi. Ukurannya yang kecil mencapai 20 meter. produk ini cocok untuk berbagai aplikasi pengukuran suhu dan kelembaban.

Spesifikasi sensor DHT11

  • Tegangan suplai:+5v
  • Kisaran suhu:0 hingga 50 ° C kesalahan ± 2 ° C
  • Kelembaban:20-90% RH ± 5% RH kesalahan
  • Antarmuka:Digital
  • Kabel koneksi 3-pin

Pengaplikasian pada Arduino

DHT11 adalah sensor digital yang dapat mengukur suhu dan kelembaban udara sekitar. Sensor ini sangat mudah digunakan dengan Arduino. Ini sangat stabil dan memiliki kalibrasi yang sangat akurat. Koefisien kalibrasi disimpan dalam memori program OTP, sehingga modul ini akan memasukkannya ke dalam perhitungan saat sensor mendeteksi sesuatu.

Sangat mudah untuk membuat termo-higrometer dengan Arduino. Yang Anda butuhkan hanyalah papan Arduino dan sensor suhu DHT11.

Berikut adalah rangkaian DHT11 menggunakan Arduino.

Pengaplikasian pada suatu sistem (green house)

Prinsip kerja sensor DHT11 ditempatkan langsung di bawah nebulizer mengukur suhu dan kelembaban normal di dalam ruangan. Kemudian lampu di kamar sebelah menyala. Sensor membaca kenaikan suhu ruangan.

Ketika pembacaan suhu melebihi batas atas, sensor mengeluarkan perintah Arduino untuk mengaktifkan solenoid. Jika penyemprot berjalan, sensor akan membaca kembali suhu sekitar. lebih dingin dan kelembaban lebih tinggi).

Arduino saja tidak cukup untuk menggerakkan beban keluaran. Sirkuit driver diperlukan untuk memungkinkan Arduino menggerakkan output arus tinggi.

Output driver untuk solenoid valve, valve dan motor AC adalah IC ULN2003. IC ULN2003 berperilaku seperti transistor karena pada dasarnya IC ini adalah transistor Darlington. Karena beban yang akan dideteksi memiliki arus yang besar, maka sangat ideal untuk kontrol on/off.

Share:

0 Komentar