Teknologi

Mengenal Software Proteus Design Suite, Wajib Bagi Teknik Elektronika

Mengenal lebih jauh tentang software wajib bagi kamu anak teknik elektronika dalam membuat simulasi rangkaian elektronika bahkan membuat desain pcb yang tentunya dapat mendukung kinerjamu , untuk itu mari kita baca artikel dibawah ini .

Krysna Yudha Maulana6 September 2021

Pengertian Proteus Design Suite

Teknologi yang kini hadir dapat membantu kehidupan manusia dalam melakukan berbagai pekerjaan. Teknologi membuat manusia dimudahkan dalam pekerjaan masing-masing. Saat ini hadir perangkat keras maupun perangkat lunak yang dapat menunjang pekerjaa manusia.

Dalam segala aspek termasuk didalamnya elektronika yang dimana perangkat lunak ini dinamakan Proteus Design Suite. Proteus Design Suite adalah perangkat lunak yang dirancang oleh para ahli khusus untuk mendesain PCB yang dilengkapi dengan simulasi rangkaian sebelum diupgrade menjadi PCB .

Sehingga memungkinkan kita untuk mencoba terlebih dahulu apakah rangkaian yang kita buat dapat bekerja sesuai dengan apa yang kita inginkan. Ini sangat berguna sekali karena, kita dapat mengurangi biaya trial and error dalam pembuatan PCB .

Schematic Capture

 

schematic capture proteus

Schematic Capture merupakan tampilan awal yang ada didalam perangkat lunak , menu ini berfungsi sebagai tempat untuk mendesain atau merangkai wire atau pengkabelan dan juga penyambungan antar komponen. Nah bukan hanya merangkai dan juga penyambungan disini juga dapat mencari berbagai macam komponen yang kita inginkan untuk disimulasikan di perangkat lunak ini. Bagimana kita dapat memasukan komponen di dalam menu ini? Yaitu dengan cara memasukkan file library komponen yang dapat diunduh di browser dengan kata kunci "library proteus".

PCB Layout

pcb layout

 

PCB Layout merupakan tampilan kedua yang ada didalam perangkat lunak Proteus Design Suite dimana menu ini digunakan sebagai tata letak komponen dan juga penempatan terminal yang divisualisasikan secara 2 dimensi bahkan kita dapat mengatur ukuran dan bentuk dari PCB. Disini kita dapat mengatur pengkabelan yang sebelumnya tertumpuk atau bermasalah menjadi lebih teratur sehingga tidak terdapat jalur yang saling terhubung.

3D Visualizer

Bagian ini merupakan yang paling menarik karena kita dapat melihat secara langsung bentuk asli dari komponen-komponen yang sebelumnya di schematic dan juga layout berbentuk simbol sehingga kita dapat membayangkan apakah rangkaian yang kita buat sesuai dengan keinginan yang kita inginkan. Bukan hanya melihat saja ,kita dapat mengeksport ke dalam bentuk pdf untuk keperluan review.

Source Code

Source Code merupakan sebuah menu yang memungkinkan kita untuk menuliskan kode pemprograman yang biasanya digunakan untuk keperluan simulasi kontroller misalnya arduino dan juga AVR .Sehingga kita dapat mencoba mengisi program tanpa harus menggunakan kontroller yang nyata .

Oke teman-teman itulah beberapa fitur atau menu yang ada didalam perangkat lunak Proteus Design Suite yang sebenarnya masih ada fitur lain yang lebih kompleks ,untuk selengkapnya teman-teman dapat mencoba secara langsung perangkat lunak ini, Terimakasih.

Share:

0 Komentar