Industri

Perkembangan Bisnis di Era Digital

Era digital ternyata mempengaruhi perkembangan bisnis

Krysna Yudha Maulana14 Oktober 2021

Perkembangan bisnis di era digital diilustrasikan dengan dua kata, yaitu cepat dan tepat. Melalui digitalisasi, berbagai bidang dapat terhubung dengan jutaan manusia melalui web. Keuntungannya yaitu efisiensi bisnis dan organisasi dan memperhabarui manajemen aset. Teknologi dapat memudahkan manusia untuk mendapatkan suatu informasi digital secara bebas dan cepat. Selanjutnya, perkembangan teknologi ini bisa membentuk masyarakat baru, yakni masyarakat era digital.

Perkembangan bisnis di era digital

Sebuah fakta membuktikan perkembangan bisnis di era digital menjangkau semua individu di dunia. Semua orang bisa mengakses produk dan jasa dengan mudah. Bahkan pembeli dan penjual yang berjarak begitu jauhnya bisa bertransaksi dengan mudah.

Dengan meniru teknologi penjualan yang baru, maka semuanya bisa didapatkan dengan mudah. Selain itu, adanya social media juga membawa dampak yang signifikan. Bisnis di era digital yang menggunakan social media dapat memberikan lebih banyak keuntungan.  :

1. Fintech (Finance Technology)

Yang pertama adalah Fintech. Istilah fintech tentunya sudah sering terdengar di telinga kita . Khususnya para pengguna internet yang melakukan transaksi didalamnya. Generasi milenial menjadi salah satu target perusahaan fintech karena memberikan kemudahan pengelolaan finansial. l.

2. Software As a Service (SaaS)

Di era digital, peluang bisnis yang banyak digunakan adalah bisnis pengembangan software as a service (SaaS). Perangkat lunak yang dikembangkan sebagai pihak ketiga untuk membantu aktivitas usaha . Adapun bentuk penjulannya berupa business-to-business artinya pelanggan utama adalah sesama pebisnis. Contoh bisnis software as a service adalah software payroll. absensi, software keuangan, atau software pendataan.

3. Cloud hosting

Ini merupakan salah satu teknik penyimpanan data yang ringan dan sangat mudah diakses. Dasarnya, masyarakat pasti pernah menggunakan cloud
tetapi tidak tahu kalau itu adalah cloud. Contohnya Google Drive dan Dropbox, cloud yang paling populer digunakan . Itulah yang membuat cloud hosting sangat laku di era digital. Karena saat ini sangat berdekatan dengan dunia industri dan proses bisnis.

4. Bisnis jual-beli online

Di era digital bisnis jual-beli secara online semakin menjanjikan. Promosi yang relatif mudah dan efesien serta tidak mengeluarkan banyak biaya operasional. Banyak penawaran cara pembayaran yang bisa dipilih. Sistem pembayaran Cash on Delivery atau COD, virtual banking hingga pembayaran lewat fintech.

5. On-Demand service

On-demand service adalah peluang bisnis di era digital yang selanjutnya. On-demand service sering sekali digunakan oleh masyarakat, contohnya aplikasi transportasi online. Pada dasarnya on-demand service adalah layanan jasa yang muncul jika ada kebutuhan. Bisnis yang fleksibel membuat on-demand service makin digemari. 

Sekian untuk artikel yang membahas perkembangan bisnis di era digital. Semoga bermanfaat dan nantikan artikel-artikel yang lebih menarik selanjutnya.

Share:

0 Komentar