Kreatifitas

Port USB Arduino Tidak Terbaca? Ini Solusinya

Saat mengupload coding ke arduino tapi port USB tidak terdeteksi di laptop mungkin ini solusinya ,Yuk baca artikel ini

Krysna Yudha Maulana21 Desember 2021

Arduino adalah mikrokontroller papan tunggal yang bersifat sumber terbuka. Menjadi salah satu proyek Open Source Hardware yang paling populer. Dirancang untuk memudahkan penggunaan elektronik dalam berbagai bidang. 

Perangkat kerasnya memiliki prosesor Atmel AVR. Arduino merupakan mikrokontroler yang dibuat dengan papan tunggal yang bersifat open source. Artinya dapat dibuat dan dikembangan oleh siapapun. Mulanya, Arduino dirancang untuk memudahkan siapa saja untuk berkreasi membuat project. Boleh dikatakan arduino adalah hardware yang populer bagi pegiat teknologi mikrokontroler hari ini.
 
Lalu, ada masalah yang muncul saat pertama kali menggunakan arduino adalah port usb tidak terdeteksi. Ada beberapa faktor mengapa port yang tidak terbaca. Mungkin hardware arduino yang rusak, salah memilih port atau dan driver usb yang belum terinstall. Lalu, Bagaimana cara mengatasinya berikut adalah solusinya 

1. Mendownload USB Driver CH340

Kamu bisa mendownload driver ini. Sebagian besar arduino menggunakan downloader CH340. Jadi, install terlebih dahulu agar bisa bekerja dengan baik. Kamu dapat mendownload driver ini terlebih dengan meng klik link berikut Download. Bisa juga mencari dengan kata kunci "Download driver CH340"

2. Mengekstrak File

cara mengekstrak file

Setelah tahap download selesai, kamu dapat mengekstrak file yang sudah terdownload. Kamu dapat membuka file yang ada didalam folder. Pilihlah menu SETUP dengan cara di klik kiri.

3. Mengistall Driver CH340

cara menginstall driver

Setelah proses mengekstrak dan juga proses mengklik setup maka akan muncul Driver Setup(x64) pada monitor, apa yang harus dilakukan? Kamu dapat memilih menu install dengan cara mengklik kiri dan tunggu sampai proses selesai.

Setelah proses install selesai, akan muncul notifikasi Driver Install success! Ini berarti driver CH340 sudah terinstall dan bisa digunakan untuk proses upload coding. Untuk memaksimalkan kinerja, skamu harus merestart komputer atau laptop dahulu.

4. Check driver

cara mengecek driver

Setelah proses selesai. kamu dapat melakukan checking apakah memang benar usb arduino sudah terdeteksi. Dengan cara menghubungkan usb arduino ke port, buka menu windows dan ketik device manager lalu pilih menu ports. Lihat apakah USB-Serial CH340 sudah terdeteksi. Jika belum maka kemungkinan arduino yang kamu pakai rusak atau port terkena debu sehingga tidak terkoneksi.

Itulah solusi yang dapat dilakukan saat port arduino tidak terdeteksi di device manager. Sekian artikel dari saya, nantikan artikel-artikel berikutnya yang pastinya lebih menarik dan seru.

Share:

0 Komentar