Teknologi

Teknologi dan Jenis-Jenis Cloud Computing

Apa itu cloud computing dan apa saja jenisnya sih ?

Krysna Yudha Maulana16 Oktober 2021

Komputasi awan (Cloud Computing) merupakan istilah yang merujuk pada pengembangan dan layanan berbasis Internet. Cloud adalah metafora untuk Internet. Beberapa karakteristik menentukan data cloud, infrastruktur dan layanan aplikasi

Remotely hosted: Yaitu layanan atau data dihosting di infrastruktur dari pihak lain.
• Ubiquitous (ada di mana-mana) : Layanan atau data tersedia dari mana saja dan kapan saja.
• Komodifikasi: Merupakan model komputasi utilitas yang mirip dengan utilitas tradisional. Contohnya adalah seperti gas dan juga listrik.

Jenis-Jenis Cloud Computing

Infrastructure as a Service (IaaS)

Infrastructure-as-a-Service, atau “IaaS,” merupakan cloud computing yang memberikan sumber daya berupa komputasi, jaringan, dan penyimpanan fundamental kepada konsumen atau client sesuai permintaan. Permintaan tersebut datang melewati internet, dan dengan pembayaran sesuai dengan permintaan.

IaaS memungkinkan pengguna  membuat skala dan banyaknya susutan sumber daya sesuai kebutuhan. Mengurangi kebutuhan untuk belanja modal di awal yang sangat tinggi atau memiliki sebuah infrastruktur sendiri yang tidak perlu. Perbedaanya dengan PaaS dan SaaS adalah IaaS memiliki kontrol sumber daya tingkat terendah di sebuah cloud.

Platform as a Service (SaaS)

PaaS merupakan model komputasi awan yang memberi pelanggan platform lengkap seperti perangkat keras, perangkat lunak, dan infrastruktur. Penyedia platform PaaS menampung server, jaringan, penyimpanan, perangkat lunak sistem operasi dan juga basis data.

Client menggunakan semuanya dengan biaya yang dibayarkan per bulan berdasarkan penggunaan. Selain itu, dapat membeli lebih banyak sumber daya sesuai dengan kebutuhan. Pengembangan dam pengelolaan pada platform lokal dapat menimbulkan kerumitan

Software as a Service (SaaS)

SaaS merupakan model penggunaan perangkat lunak di mana aplikasi di-host sebagai layanan untuk pelanggan atau client di Internet. SaaS umumnya dipakai untuk merujuk pada perangkat lunak bisnis daripada konsumen. Diantaranya termasuk dalam Web 2.0.

Dengan menghilangkan kebutuhan untuk menje aplikasi di komputer, ini dipandang sebagai cara bagi bisnis untuk mendapatkan manfaat yang sama seperti perangkat lunak komersial dengan pengeluaran biaya yang lebih kecil. Saas mampu mengurangi beban pemeliharaan dan dukungan perangkat lunak.

Akan tetapi pengguna melepaskan kendali akan versi dan persyaratan perangkat lunak. Istilah lain dalam bidang ini termasuk Platform sebagai Layanan (PaaS) dan Infrastructure as a Service (IaaS)/Infrastruktur untuk pelayanan..

Sekian artikel yang membahas tentang Cloud Computing beserta jenisnya. Nantikan artikel -artikel yang menarik berikutnya. Sampai jumpa. 
 

Share:

0 Komentar