Pengetahuan

Teknik Mesin Kerja Apa? Berikut 5 Perusahaan Besar Mengincar Lulusan Teknik Mesin

5 Perusahaan Besar Untuk Lulusan Teknik Mesin

Pada umumnya mindset orang tentang lulusan Teknik Mesin hanyalah berurusan dengan mesin -  mesin Otomotif. Padahal lulusan ini banyak di butuhkan di sektor Energi, Sektor Migas, Sektor Pertambangan, Kontruksi, Gedung (MEP). Nah! Di jamin pasti banyak perusahaan yang mau menerima lulusan teknik mesin. Karena lapangan pekerjaan untuk jurusan ini sangatlah luas, berikut 5 perusahaan besar yang selalu menanti lulusan teknik mesin.

1. PT. PLN (Persero)

Perusahaan Listrik Negara (PLN) adalah suatu perusahaan yang bergerak dibidang penyaluran listrik. Perusahaan ini sudah ada sejak abad ke 19 akhir bermula dari pabrik gula dan teh yang masih di kelola oleh Belanda sewaktu masih jaman penjajahan.

Setiap tahunnya PT PLN membuka rekruement ke kampus negeri di Indonesia. Dominannya untuk jurusan yang diterima : Teknik Elektro, Teknik Elektronika, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Informatika, Akutansi. 

2. PT. Pertamina (Persero)

Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara (Pertamina) adalah perusahaan minyak dan gas yg dikelolah oleh pemerintah (BUMN). Perusahaan ini juga sangat banyak peminatnya karena sangat bergengsi.

PT. Peramina (Persero) mempunyai enam Subholding diantaranya : PT. Pertamina Hulu Energi (PHE), PT Pertamina Gas Negara, Refinery & Petrochemical, PT Kilang Pertamina International, PT. Power Pertamina Indonesia, PT Pertamina Patra Niaga, dan PT Pertamina International Shipping. Setiap Subholding mempunya sektor masing - masing. 

3. PT. Pupuk Indonesia (Persero)

Perusahaan ini salah satu perusahaan produsen pupuk terbesar di Asia. Kelpompok dari PT. PUpuk Indonesia antara lain: PT. Pupuk Kaltim, Pupuk Sriwijaya Palembang, Petrokimia Gresik, PT. Pupuk Iskandar Muda, dll. Perusahaan ini juga membutuhkan banyak lulusan dari jurusan Teknik Mesin. 

4. PT. Wijaya Karya

Awal berdirinya persuahaan ini sekitar tahun 1961 dengan kegiatan Instalasi Kelistrikan dan perpipan air. Pada tahun 1970 an perusahaan ini resmi menjadi kontraktor Sipil. Singkatnya perusahaan ini sekarang statusnya sudah menjadi Engineering Procurment Contractor (EPC) dan mempunyai 5 lini usaha, diantaranya: 

  • Investasi yang meliputi, Energi (Energi Terbarukan), Infrastruktur, dan Prasarana Air;
  • Realti & Properti, Pengembangan Real Estat & Properti dan Manajemen Properti;
  • Prasarana dan Bangunan, yang terdiri dari konstruksi sipil, konstruksi bangunan, dan konstruksi baja.
  • Proyek Energi & Industri, termasuk EPCC dan Energi Listrik, serta Proyek Energi Terbarukan;
  • Industri, sektor industri WIKA memproduksi Beton Pracetak, Industri Konstruksi, Kendaraan Bermotor Listrik, dan Produksi Aspal.

5. PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero)

Perusahaan ini bergerak di bidang jasa penyeberangan dan pelabuhan dengan armada kurang lebih sekitar 160 unit dan 300 route perjalanan seluruh indonesia.

Nah! untuk teman - teman yang akan lulus dari jurusan Teknik Mesin bisa memantau terus perkembangan dan info - info mengenai perusahaan ini melalui media cetak maupun online. Ini hanya sebahagian, masih banyak lagi perusahaan yang membutuhkan lulusan dari jurusan Teknik Mesin. 

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait