Teknologi

Mengenal Teknologi Augmented Reality

Ketika teknologi komputer semakin berkembang maju, semua bidang pekerjaan manusia dibantu oleh komputer.

Mawarni19 Agustus 2022

Ketika teknologi komputer semakin berkembang maju, semua bidang pekerjaan manusia dibantu oleh komputer.  Mulai dari peralatan rumah tangga sampai pekerjaan yang sulit dilakukan manusia.

Perkembangan komputer sangat memunngkinkan menghasilkan teknologi canggih, salah satunya adalah teknologi Augmented Reality.

Augmented reality

Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan citra sintetis dalam dunia nyata melalui webcam. Gambar yang ditangkap kemudian ditampilkan kelayar monitor. Teknologi AR telah digunakan diberbagai bidang, contohnya pendidikan, olahraga dan permainan.

Konsep augmented reality

Augmented Reality (AR) merupakan teknologi menambahkan obyek maya kedalam dunia nyata. Pada perkembangan teknologi yang semakin maju sangat berpengaruh terhadap computer vision.

Computer vision adalah teknologi mesin melihat sesuatu dengan memasukan sebuah citra atau image. Visi komputer adalah sekumpulan metode - metode untuk menghasilkan simbol atau angka yang diambil dari gambar berdasarkan dunia nyata agar komputer dapat mengetahui makna dari gambar tersebut.

Computer Vision juga dapat digunakan untuk menduplikasi kemampuan penglihatan manusia kedalam elektronik sehingga elektronik dapat mengerti maksud gambar tersebut.

Contoh penerapan computer vision yaitu, controlling process, detecting events, organizing information, modeling objects or environment, dan interaction. Teknologi computer vision digunakan AR untuk menentukan kesesuaian citra dan dunia nyata.

Kunci keberhasilan AR adalah meniru dunia nyata dengan semirip mungkin. Dengan konsep ini diharapkan pengguna tidak perlu belajar lebih untuk menggunakan sistem AR.

Kemudian dengan mudah pengguna dapat mengoperasikan AR berdasarkan pengalamannya di dunia nyata.

ARToolKitPlus

ARToolKitPlus adalah alat bantu yang banyak digunakan aplikasi AR di seluruh dunia. Tool ini bersifat open source dibawah naungan GPL dan sangat mudah digunakan. Alat ini merupakan pengembangan dari pustaka AR sebelumnya. Dikembangkan oleh Hirokazu Kato Hiroshima City University dan Mark Billinghurst di Human Interface Technology Laboratory (HIT Lab).

Pengembangan ARToolKit yang bersifat open source ini terhenti pada versi 2.72. Namun, kita tetap bisa mendapatkan versi komersial di www.artoolworks.com, yaitu versi 4.

Pustaka OpenGL

Untuk menampilkan citra sintetis sistem AR membutuhkan pustakawan khusus. Nah disini tool yang kita gunakan adalah OpenGL yang bersifat cross platform. Tool ini dapat digunakan pada semua sistem operasi termasuk sistem operasi windows.

Teknologi augmented reality dapat membantu kita secara maksimal untuk menyelesaikan berbagai hal. Contohnya, siaran pada pertandingan bulu tangkis  di TV. Pada saat siaran sedang berlangsung, citra sintetis ditambahkan pada layar tersebut. Citra yang dimaksud adalah iklan dari sponsor.

Teknologi AR juga dapat diterapkan pada dunia pendidikan. Salah satunya adalah untuk mengenalkan bentuk - bentuk hewan pada anak balita. 

Share:

0 Komentar