Opini

Istirahat Dulu Kali, Ah!

Sudah kah kamu istirahat? Mau sampai kapan bekerja hanya untuk mengalahkan orang lain? Ga capek apa?

Imam Farhannabil Roihan2 Oktober 2021

Iya coy, gua gamau basa basi. Gua pengen bilang lu perlu ISTIRAHAT.

Seberapa penting sih persepsi dan omongan orang lain sampe lu berlomba-lomba untuk nyalip siapapun itu?

Emang sih, kita hidup itu berlomba-lomba dalam kebaikan. Tapi jangan lupa kalo tubuh kita ini punya batasan. Lu berhak untuk ga tertekan, lu berhak untuk menyeimbangkan antara hidup dan kerjaan, lu berhak untuk punya gaya hidup sehat, lu berhak punya hubungan yang bukan sekedar untuk keperluan kerja dengan orang-orang di sekitar lu.

“Tapi gua kan sibuk, gimana mau istirahat?” engga, lu ga sibuk, lu hanya ga memprioritaskan istirahat aja. Percaya lah, semua orang sibuk, bukan cuma lu doang. Kalo lu mau nyempetin waktu, pasti lu bisa.

Seriusan. Gua udah pernah nyoba dan berhasil. Awalnya gua berpikir kalo gua ga bakal sempet olahraga. Tapi ketika gua menyempatkan olahraga, gua baru menyadari kalo sebenernya gua punya banyak waktu untuk olahraga setiap hari.

Awalnya gua berpikir kalo gua ga bakal sempet tidur siang. Tapi ketika gua menyempatkan tidur siang, gua baru menyadari kalo sebenernya gua punya banyak waktu untuk tidur siang setiap hari. Ada banyak hal lainnya yang seperti itu.

Gua ada beberapa tips buat lu supaya bisa punya waktu istirahat cukup.

1. Mulai komitmen untuk tidak bekerja di malam hari

Biasanya penyakitnya mahasiswa nih ngandelin malem-malem buat rapat, nugas, nongkrong, dsb. Padahal sebenernya dari pagi-sore itu ada waktu yang tersedia untuk mengerjakan banyak hal. Aslinya kita itu bukan tidak ada waktu, tapi kita belum memanfaatkan waktu yang tersedia.

Kalo emang lu gabisa mengelak lagi untuk mengerjakan sesuatu di malem hari, pastikan lu menyelesaikan nya dengan cepat sehingga lu gaperlu tidur larut malam. Dan jangan lupa, tiap kali ada usul untuk kerja kelompok kayak rapat, nugas, dsb di malam hari lu harus gerak cepet dan berusaha supaya kerja kelompok tersebut ga dilakuin malem-malem

Gua baru tau sebuah fakta nih, dan semoga fakta ini bisa memotivasi lu untuk punya istirahat cukup. Tau ga sih lu kalo tidur itu bisa membakar kalori. Ya, betul. Lu cuman tidur doang tapi kalori bisa kebakar. Bahkan dalam satu jam tubuh lu bisa membakar sampai 50 kalori. Buat kalian yang berjuang untuk jadi kurus, semoga ini bisa jadi motivasi ya.

2. Mulai dan paksain

Tips kedua ini sebenernya umum banget sih dan gua yakin lu semua udah tau. Justru karena udah umum, kenapa masih belum juga dilakuin? Ya, kuncinya lu harus mulai aja. Kalo masih gabisa, paksain!

Udah gitu aja, karena ini bukan persoalan kata-kata. Tapi persoalan aksi.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait