Opini

10 Soft Skill yang Harus Dimiliki Oleh Fresh Graduate

10 Soft Skill yang harus dimiliki oleh Fresh Graduate agar menjadi modal memasuki dunia kerja

Prayogi Donny Dharmawan3 Juni 2021

Halo Sonik, apa sobat teknik tahu kalau mahasiswa dituntut untuk bukan hanya unggul dalam Hard Skill saja contohnya seperti kemampuan akademik melainkan juga dalam kemampuan yang berkaitan dengan Soft Skill nya. Soft Skill sendiri merupakan kombinasi dari ketrampilan sosial seseorang berupa kemampuan berinteraksi, pola pikir, komunikasi, kepribadian, sikap, dan lain-lain.

soft skill yang dimiliki fresh graduate
Photo by ICSA from Pexels

Kemampuan ini harus dimiliki seorang mahasiswa untuk mempermudah dalam hal karir dan kehidupan sosialnya setelah lulus kuliah. Lantas kemampuan lunak (Soft Skill) apa sajakah itu, penulis sudah merangkumnya sebagai berikut :

1. Communication

Communication atau komunikasi sangat berperan penting dalam kehidupan mahasiswa sehari-hari. Dengan komunikasi Sonik bisa menyampaikan ide atau gagasan yang Sonik miliki kepada orang lain.

Dalam dunia kerja komunikasi menjadi salah satu kebutuhan utama karena Sonik dituntut untuk bisa memberikan kontribusi baik dari segi ide-ide ataupun hasil pekerjaan kepada perusahaan.

Komunikasi juga berguna untuk membangun relasi demi kepentingan karir di masa mendatang. Kelebihan seseorang yang menguasai kemampuan ini diantaranya mudah menyampaikan gagasan/ide, mudah sekali membangun relasi, mudah diterima dilingkungan baru, dan masih banyak lagi.

2. Team Work

Soft Skill yang selanjutnya adalah team work atau kerja sama tim yang harus dikuasai oleh mahasiswa ketika lulus kuliah, hal ini dilatarbelakangi ketika Sonik memasuki dunia kerja maka Sonik dituntuk untuk bisa saling bekerja sama untuk melakukan sebuah pekerjaan nantinya.

Tentunya bagi mahasiswa yang sudah sering bekerja sebagai tim di bangku perkuliahan maka tidak akan kesulitan untuk menerapkannya kembali di dunia kerja. Kelebihan seseorang yang menguasai kemampuan ini adalah mudah berinteraksi dengan teman kerja, bisa bekerja dengan siapa dan dimanapun, mudah mencapai tujuan karena pekerjaan dilakukan secara bersama-sama, dan masih banyak yang lainnya.

3. Problem Solving

Selanjutnya Soft Skill yang harus Sonik kuasai adalah Problem Solving atau kemampuan untuk menyelesaikan suatu masalah. Skill ini sangat penting dimiliki oleh seorang mahasiswa yang seringkali dihadapkan dengan permasalahan-permasalahan yang ada di bangku kuliah.

Skill ini juga sangat dibutuhkan ketika nantinya Sonik lulus kuliah dan memasuki dunia kerja. Dengan ketrampilan ini Sonik bisa menyelesaikan segala permasalahan yang akan datang entah itu terkait perkuliahan, pekerjaan bahkan hingga kehidupan pribadi.

Manfaat dari memiliki kemampuan problem solving sangat berpengaruh di kehidupan sosial kalian ataupun di bangku perkuliahan dengan sering ikut kegiatan keorganisasian dikampus dan kegiatan yang lainnya. Dalam ranah pekerjaan,  problem solving sangat membantu mencari penyelesaian masalah yang tepat, lebih tahan bekerja dibawah tekanan, bisa diandalkan ketika ada sesuatu hal yang membutuhkan penanganan cepat, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Public Speaking

Skill yang selanjutnya yaitu Public Speaking atau kemampuan berbicara di depan umum yang tak kalah pentingnya harus dimiliki oleh seorang fresh graduate. Kemampuan ini bisa digunakan saat berhadapan dosen pada saat kuliah ataupun atasan dan klien pada saat masuk dunia kerja.

Mungkin bagi sebagian orang akan meremehkan skill ini karena apa sih istimewanya dari berbicara padahal kenyataanya skill ini bisa dikatakan ujung tombak dari kemampuan-kemampuan kalian yang lain.

Bagi seseorang yang berpikiran kreatif dan inovatif akan memiliki nilai lebih jika menguasai Public Speaking ini. Kelebihan seseorang yang meguasai skill ini yaitu mudah menyampaikan gagasan didepan banyak orang, memiliki skill komunikasi yang baik, mudah membangun relasi, dan masih banyak yang lainnya.

5. Leadership

Skill yang selanjutnya adalah Leadership atau kepemimpinan. Jika pemimpin adalah pelakunya maka kepemimpinan adalah sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Sifat ini bisa kalian pelajari dan terapkan baik dari bangku perkuliahan, pekerjaan, hingga kehidupan sehari-hari.

Sifat-sifat dari kepemimpinan antara lain jujur, visioner, amanah, rendah hati, menginspirasi dan masih banyak lagi. Akan tetapi jika kalian merasa memiliki sifat-sifat yang sudah disebutkan diatas bukan berarti kalian tiba-tiba melamar langsung menjadi pemimpin di suatu organisasi atau perusahaan.

Tetap ada proses yang harus dilalui dan ketika kesempatan menjadi pemimpin itu datang maka kalian sudah mempunyai modal untuk mengemban amanah itu. Salah satu contohnya adalah lewat program Manegement Trainee (MT).

6. Writing

Skill yang selanjutnya adalah writing atau menulis, yang dimaksud disini adalah Sonik bisa menuangkan ide-ide yang dipikirkan ke dalam bentuk visual alias tulisan. Skill ini berguna ketika harus mempresentasikan ide kepada orang lain, tentu juga digabung dengan Public Speaking.

Dengan menulis maka Sonik memiliki beberapa kelebihan diantaranya mudah berkomunikasi, mudah menyampaikan ide, mudah menarik perhatian klien/pembeli (jika kita jualan), dan masih banyak lagi.

7. Time Management

Skill ini merupakan kemampuan seseorang untuk membagi waktunya meskipun tengah mengerjakan beberapa hal sekaligus. Manajemen waktu sangat berguna sekali baik di dunia perkuliahan atau kerja karena memungkinkan seseorang untuk dapat multitasking dengan baik.

Jika  kalian sudah terbiasa dengan skill ini maka menjadi nilai plus dimata perusahaan. Kelebihan dari seseorang jika menguasai skill ini adalah mudah menyelesaikan perkerjaan, dapat mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus, dapat bekerja dengan efektif, meningkatkan efisiensi kerja dan masih banyak lagi.

8. Fleksibilitas

Skill ini merupakan kemampuan seseorang untuk lebih luwes dengan lingkungan dengan tidak kaku tentang sesuatu hal. Kemampuan ini memungkinkan kalian untuk lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Dengan memiliki kemampuan ini membuatmu memiliki mindset yang terbuka dan membuat kalian disukai banyak orang termasuk atasan kalian jika berada di dunia kerja nanti. Kelebihan seseorang yang menguasai kemampuan ini yaitu mudah diterima dilingkungan baru, mudah beradaptasi, bisa enerima perbedaan, dan masih banyak lagi.

9. Critical Thinking

Skill ini merupakan kemampuan seseorang untuk berpikiran kritis tentang sesuatu hal. Berpikiran kritis disini bisa tentang sesuatu hal yang kurang tepat dengan cara memberikan masukan agar sesuatu hal itu lebih benar.

Skill ini juga berguna ketika masuk dunia kerja karena perusahaan tempat kalian bekerja akan menuntut untuk memberikan inovasi ataupun masukan terkait hal yang sudah ada.

10. Kreatif and Inovatif

Skill ini merupakan kemampuan seseorang untuk berpikiran out of the box alias berbeda dari pada yang lain. Kreatif artinya kemampuan seseorang untuk berkreasi dan inovatif adalah kemampuan seseorang untuk selalu berinovasi dengan menemukan hal-hal yang baru terkait sesuatu hal.

Seseorang yang menguasai skill ini selalu memiliki pemikiran yang fresh dan tidak akan kehabisan ide-ide untuk diterapkan. Seseorang yang memiliki pemikiran kreatif dan inovatif selalu dicari oleh perusahaan.

Terutama jaman sekarang industri sudah bergerak ke arah industri kreatif yang menuntut terobosan-terobosan baru agar mampu menyesuaikan zaman. Ini adalah bekal utama jika ingin bekerja di perusahaan rintisan (startup).

 

Itulah ulasan mengenai 10 Soft Skill yang harus dimiliki oleh fresh graduate dan jika Sonik masih berstatus mahasiswa maka bisa mecoba melatih beberapa skill yang sudah diulas diatas. Like jika kalian suka dan komen ide artikel untuk selanjutnya. Terima kasih

 

Share:

0 Komentar