Pengetahuan

5 Tips Mudah Mengatur Waktu Agar Lebih Efisien dan Produktif

Berikut 5 tips mudah mengatur waktu agar pekerjaan lebih cepat selesai sehingga lebih efisien dan produktif

Prayogi Donny Dharmawan29 Oktober 2021

Tips Mudah Mengatur Waktu

Saat ini waktu semakin menjadi hal yang sangat penting sekali bagi kehidupan. Teknolopgi dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia mengerjakan sesuatu dengan tempo/waktu sesingkat-singkatnya. Berkirim kabar ke orang lain secara cepat atau bahkan real time. Berbeda dengan dahulu yang harus belasan lewat surat melalui pos.

Kemudahan teknologi juga membuat orang menunda-nunda pekerjaan. Bahkan sampai terganggu konsentrasinya ketika sedang bekerja. Pekerjaan jadi tertunda menunda karena masih sibuk dengan serial film yang dia tonton. Tentu masih banyak lagi yang lainnya.

Mengatur waktu sangatlah agar dapat digunakan seefisien mungkin. Serta lebih produktif lagi di masa yang akan mendatang. Berikut 5 tips mudah mengatur waktu agar lebih efisien dan produktif :

Membuat Skala Prioritas

Membuat skala prioritas bisa menjadi langkah awal yang kalian lakukan. Cara mudah membuat skala ini dengan menilai seberapa prioritaskah pekerjaan yang harus dikerjakan. Pertimbangkan waktu deadlinenya, kuantitas pekerjaan, dan lain sebagainya.

Dengan cara membuat skala prioritas diharapkan agar kalian tidak menunda-nunda pekerjaan lagi. Semua daftar pekerjaan kalian tercatat dengan rapi dan mampu menyelesaikan dengan baik.

Berhenti Selalu Mengatakan “Ya”

Selalu meng-iyakan setiap pekerjaan yang datang bikin kamu kesulitan untuk mengatur kalian. Efeknya malah menambah daftar pekerjaanmu. Kamu jadi kesulitan mengatur waktu. Cobalah untuk mengatakan “tidak” sesekali dan fokus sama pekerjaan yang belum selesai.

Fokus Selesaikan Pekerjaan 1 per 1

Tidak ada salahnya dengan multitasking. Namun bagi beberapa orang, hal ini sangat melelahkan dan bikin susah membagi fokus. Dan berdampaknya bisa mengurangi produktivitasmu. Tips nya adalah mulailah menyelesaikan pekerjaan 1 demi 1 tanpa gangguan apapun. Dengan mengerjakan satu pekerjaan, fokus kamu akan lebih terjaga.

Efeknya bisa menjaga stamina yang tidak perlu energi ekstra untuk menjaga fokus. Setela selesai 1 pekerjaan, kamu  bisa mengambil jeda waktu sebentar. Kemudian melanjutkan menyelesaikan pekerjaan yang lainnya.

Hindari Gangguan

Tips selanjutnya adalah mengurangi atau bahkan menghindari gangguan yang ada di sekeliling kita. Gangguan bisa datang dari berbagai macam sumber. Orang disekeliling kita bisa juga lingkungan kita bekerja sampai gadget bisa menganggu. Dari beberapa penelitian, gangguan yang sering terjadi berasal pada gadget atau smartphone kamu.

Hal ini karena banyak orang tidak terasa sudah menghabiskan waktu scrolling sosial media. Hal ini bisa mengganggu fokus kerja kalian. Memang smartphone bisa membantu pekerjaanmu, namun disisi lain bisa bikin kamu gagal fokus. 

Me Time dan Istirahat yang Cukup

Istirahat dan me time yang cukup juga menjadi tips untuk mudah mengatur waktu. Dengan istirahat yang cukup maka kesehatan dan stamina tubuh kalian akan tetap fit. Dengan kondisi tubuh yang sehat, kamu menyelesaikan pekerjaan walaupun dengan kesulitan tinggi. Me time bisa kamu pakai untuk olahraga guna mendukung pola hidup yang lebih sehat lagi.

Banyak sekali manfaat dari manfaat olahrga dan istirahat yang cukup. Selain sehat, kamu jadi lebih fokus dan pikiran kalian juga akan fresh. Efeknya bikin kamu siap mengerjakan berbagai macam pekerjaan yang sudah ada di daftar prioritas.

Demikianlah ulasan tentang 5 tips mudah mengatur waktu agar lebih efisien dan produktif. Semoga artikel ini bermanfaat, like jika kalian suka dan tinggalkan komen di kolom komentar untuk ide artikel selanjutnya. Terima Kasih.

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait