Teknologi

Mengulas Teknologi RFID yang Jarang Kita Ketahui

Pernah melihat pembayaran dengan e-toll saat berada di gerbang toll? atau mungkin melakukan absensi dengan kartu identitas ? Tapi tahukah sobat, tdibalik itu ada teknologi canggih loh yang digunakan. Yuk simak dan cari tahu di ulasan berikut ini

Rafi Dimas Ariyanto8 Agustus 2021

Apa itu RFID

https://www.refrigeratedfrozenfood.com/
Apa sih RFID itu ?

Radio Frequency Identification atau biasa dikenal dengan RFID merupakan penemuan yang sangat revolusioner dari sosok Charles Warton pada tahun 1970-an. RFID menjadi salah satu teknologi yang sangat dekat dengan kita pada saat ini.

RFID sendiri merupakan teknologi yang digunakan untuk melakukan identifikasi atau pengambilan data dengan menggunakan label atau transponder secara jarak jauh tanpa harus kontak fisik dengan memanfaatkan radiasi gelombang elektromagnetik. RFID terdapat dua bagian yakni RFID Tag dan RFID Reader . RFID Tag didalamnya berisi kode yang nantinya akan dibaca oleh RFID Reader.

Lalu, gimana cara kerja RFID

https://te.umtas.ac.id
Proses pemindahan data pada RFID

Teknologi RFID sendiri memanfaatkan dari radiasi gelombang elektromagnetik sehingga dapat mengurangi kontak fisik. Pada RFID terdapat RFID Tag dan RFID Reader, ketika saat melakukan pemindahan data RFID Tag didekatkan dengan RFID Reader maka RFID Reader akan membaca kode yang terdapat dalam RFID Tag tersebut.

Pembacaan data dari RFID Tag tersebut dilakukan dengan cara RFID Reader akan memancarkan dan mengirimkan sinyal frekuensi radio yang kemudian disesuaikan dengan RFID Tag. Ketika Frekuensi dari RFID Tag dan RFID Reader sama maka data dan informasi yang terdapat didalam Tag dapat dibaca oleh sisi Reader, sehingga dapat berkomunikasi secara wireless.

Pada RFID Tag terbagi menjadi 3 tipe sesuai dengan frekuensi yang digunakan yakni, LF (Low Frequency)  dengan frekuensi 30kHz-300kHz, HF(High Frequency) dengan frekuensi 3MHz-30MHz, dan UHF(Ultra High Frequency) dengan frekuensi 300MHz-3GHz  dengan memanfaatkan pengaplikasian dari antena mikrostrip.

Manfaat dari RFID ?

 https://memoori.com
Pemanfaatan dari RFID dalam kehidupan sehari-hari

Setelah mengenal tentang cara kerja dari RFID itu sendiri selanjutnya adalah tentang dari manfaat RFID dalam kehidupan sehari-hari. RFID dapat digunakan untuk label pada barang dagangan di supermarket atau pakaian. Lalu dapat digunakan untuk kartu identitas baik untuk kartu pelajar/mahasiswa bahkan hingga warga negara.

Selain itu juga dapat digunakan untuk pembayaran seperti e-toll yang digunakan di indonesia saat ini. Selain untuk identifikasi, RFID juga dapat digunakan untuk melakukan tracking benda seperti melakukan tracking hewan ternak saat berada di padang rumput. 

Nahhh begitu tadi ulasan mengenai teknologi RFID, teknologi revolusioner yang sangat berkembang pada era Revolusi Industri 4.0 seperti pada saat ini. Semoga ulasan diatas dapat menambah wawasan bersama :)

Share:

0 Komentar

Artikel Terkait