Industri

Bagaimaan Merlakukan Manajemen Resiko Konstruksi

Taukah kamu Resiko dari pembuatan rencana kontruksi ? Jika belum tau Yuk baca artikel ini

frans31 Desember 2021

Secara teori, definisi risiko sebagai penyimpangan positif atau negatif dari suatu variabel dari nilai atau status yang diharapkan. Namun, umumnya risiko hanya dipahami sebagai kerugian. Risiko didefinisikan sebagai peristiwa potensial di masa depan yang tidak pasti dan konsekuensinya.

Apabila itu terjadi dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan Anda untuk mencapai tujuan proyeknya. Untuk mengubah risiko jadi peluang, manajer risiko harus mengetahui risiko yang akan terjadi.

Manajemen risiko berfokus untuk menghindari kerugian dan memanfaatkan peluang yang tersedia dari risiko. Strategi manajemen risiko dapat diidentifikasi dengan memakai analisis SWOT. 

Manajemen risiko penting dalam proyek konstruksi. Untuk mencapai tujuan proyek pada kualitas; biaya dan waktu akan sangat mempengaruhi risiko.

Identifikasi Resiko

Tahap ini dilakukan dengan pengumpulan data primer atau pengumpulan data sekunder tergantung kebutuhan. Identifikasi dapat dikategorikan ke dalam jenis berikut.

  • Risiko umum : ada terlepas dari jenis atau sifat
  • Risiko spesifik : khusus untuk proyek
  • Risiko sisa : risiko yang tersisa setelah mitigasi dilakukan

Penilaian dan evaluasi risiko

Setelah mengidentifikasi risiko, maka diperiksa kemungkinan (Probabilitas) dan dampak dari setiap risiko. Ini adalah langkah yang sangat penting untuk keputusan manajemen risiko yang sukses.

Evaluasi risiko dilakukan dengan mengurutkan risiko dengan menentukan besaran risiko. Ini merupakan kombinasi dari kemungkinan dan konsekuensi.

Respons Resiko

Berdasarkan langkah sebelumnya, strategi respon risiko harus dipilih. Mereka adalah TRANSFER, MENGURANGI, MENERIMA, dan MENGHINDARI. (Metode TARA).

  • Risiko Penerimaan: Penerimaan Risiko tidak mengurangi efek namun masih dianggap strategi. Contohnya adalah perusahaan konstruksi yang tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk menghindari risiko rendah.  (Low probabilitas dan dampak rendah)
  • Risk Avoidance: Penghindaran risiko adalah kebalikan dari penerimaan risiko. Ini adalah tindakan yang menghindari paparan risiko apa pun. Penghindaran risiko biasanya yang paling mahal dari semua opsi mitigasi risiko. (Probabilitas tinggi dan dampak tinggi)
  • Pengurangan Risiko:Strategi ini dilaksanakan dengan mengurangi kemungkinan terjadinya risiko. Untuk melaksanakan keputusan ini komitmen dan koordinasi antar anggota tim sangat penting. (High probabilitas dan dampak rendah)
  • Risiko Transferensi: Transferensi Risiko adalah keterlibatan risiko kepada pihak ketiga yang bersedia untuk manfaat tertentu. Misalnya, banyak perusahaan konstruksi mengalihdayakan operasi tertentu ke sub-kontraktor. ( Probabilitas rendah dan dampak tinggi)

Pemantauan dan Peninjauan Resiko

Ini akan memantau, melacak, dan meninjau risiko. Proses manajemen risiko harus dilakukan kembali dari awal jika ada perubahan signifikan.

Risiko Industri Konstruksi

  1. Jadwal proyek yang ketat

  2. Variasi desain

  3. Polusi suara yang serius

  4. Ekspektasi kinerja/kualitas tinggi

  5. Penjadwalan program yang tidak memadai

  6. Perencanaan program konstruksi yang tidak sesuai

  7. Tidak tersedianya tenaga profesional, manajer, dan tenaga kerja terampil yang memadai

  8. Kompetensi manajemen sub-sub -kontraktor

  9. Terjadinya kecelakaan keselamatan umum

  10. Inflasi harga bahan konstruksi

  11. Variasi oleh klien

Share:

0 Komentar