Teknologi

Aplikasi Wajib Punya untuk Anak Teknik Perkapalan!

Kamu mahasiswa Teknik Perkapalan yang bingung harus download aplikasi apa aja yang bakal membantu untuk studimu nanti? Ada banyak aplikasi yang akan bermanfaat untuk kamu pelajari dan gunakan kedepannya. Yuk cari tau lebih lanjut di artikel ini!

Sebagai mahasiswa Teknik, penguasaan software sangat penting dalam mengerjakan tugas kuliah. Untuk mahasiswa Teknik Perkapalan sendiri, ada berbagai macam aplikasi yang dapat dipelajari di bidang teknik perkapalan. Memangnya ada apa aja sih aplikasinya? Berikut beberapa aplikasi yang akan sangat berguna bagai mahasiswa Teknik Perkapalan :

Side Note : Ketika masuk ke industri teknik perkapalan, aplikasi yang digunakan tentunya tidak terbatas kepada aplikasi yang disebut di artikel ini.  Sebagai engineer kita dituntut untuk terus belajar dalam menggunakan aplikasi yang mungkin akan berguna pada proyek yang akan dikerjakan. Jadi, jangan lupa untuk terus menanamkan semangat belajar dalam diri kalian yaa!

1. Microsoft Excel

Mari kita mulai dengan aplikasi “sejuta umat”, yaitu Ms Excel! Software ini memang sangat umum digunakan oleh anak Teknik Perkapalan. Namun, jangan remehkan kemampuan menggunakan Ms Excel ya guys! Ms Excel dapat melakukan berbagai perhitungan desain dan analisis kapal mulai dari pembuatan tabel offset, kurva HSC dan cross curve, perhitungan struktur kapal, perhitungan hambatan dan propulsi, dan lainnya. 

Microsoft Excel

Industri perkapalan sendiri umumnya menggunakan Ms Excel di bagian perencanaan dan produksi dalam penyajian data. Penggunaan umumnya untuk forecasting, estimasi biaya awal, inventarisasi suku cadang, dan lainnya. Jadi Ms Excel masih dibutuhkan di industri juga loh. 

2. Maxsurf

Aplikasi yang dikembangkan oleh Bentley Systems ini memudahkan melakukan perhitungan desain dan analisis kapal. Secara spesifik, Maxsurf digunakan dalam tahap perancangan serta pengujian performa desain lambung kapal di tahap desain awal.

Maxsurf

Maxsurf ini mungkin lebih tepat disebut sebagai paket aplikasi karena hal ini, yaitu :

  • Maxsurf Modeller : membuat desain kapal dengan cepat dengan visualisasi 3D desain kapal yang akan dibuat
  • Maxsurf Resistance : menghitung hambatan dan daya model kapal yang telah dibuat
  • Maxsurf Stability : menghitung analisis kriteria stabilitas statis dari model kapal yang telah dibuat
  • Maxsurf Structure : menghitung desain struktur dari model kapal yang telah dibuat
  • Maxsurf Motions: menghitung kemampuan seakeeping dari model kapal yang telah dibuat

Model kapal yang sudah dibuat di Maxsurf Modeller dapat langsung dianalisistanpa perlu konversi file. Input yang perlu dimasukkan juga secara garis besar tidak terlalu rumit. Singkatnya, aplikasi ini akan sangat berguna untuk kamu belajar level advanced.

3. FINE Marine

Aplikasi yang dikembangkan NUMECE ini digunakan untuk menghiting CFD (Computational Fluid Dynamics). FINE Marine cocok digunakan untuk melakukan perhitungan seakeeping, manoeuvring, pemodelan propeller, serta hambatan kapal dengan lebih akurat. Hidrodinamika kapal juga dapat dihitung secara lebih presisi dengan FINE Marine. 

FINE Marine

Aplikasi ini juga memudahkan dalam perhitungan performa hydrofoil maupun sailing yacht. FINE Marine dapat menyediakan hasil yang cukup baik dalam berbagaidesain kapal, contohnya untuk efisiensi bahan bakar. Jika kamu tertarik dengan hidrodinamika kapal, this is the software for you!

4. AutoCAD

Selain MS Excel, AutoCAD juga umum digunakan dalam pengajaran Teknik Perkapalan. Penguasaan fitur aplikasi Computer Aided Design dari Autodesk ini cukup penting dalam membuat berbagai gambar dan kurva rancangan kapal seperti lines plan, general arrangement, midship section, dan lainnya. Perancang kapal menggunakan AutoCAD untuk membuat gambar desain awal serta bagian struktur kapal.

AutoCAD

Aplikasi ini banyak digunakan untuk membuat gambar teknis. Jadi tidak hanya anak Teknik Perkapalan saja yang sering menggunakannya. Ini salah satu aplikasi dasar yang must have buat anak Teknik apapun itu jurusannya.

5. Rhinoceros 3D

Aplikasi ini dikembangkan oleh Robert McNeel & Associates sebagai software CAD. Rhinceros umumnya digunakan ketika ingin membuat model lambung kapal yang lebih rapi. Rhinoceros memanfaatkan NURBS modelling untuk lambung kapal demi memperkaya kualitas lines plan.

Rhinoceros 3D cukup versatile dalam penggunaannya karena dapat mengakomodasi berbagai keperluan desain. Teman-teman dari jurusan Arsitektur juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk keperluan desainnya.

Rhinceros 3D

Aplikasi ini mampu membuat desain superstrukturnya, memodelkan bagian-bagian permesinan serta posisinya pada kapal, sampai ke model outfittingnya. Aplikasi ini sangat cocok kamu yang ingin memiliki desain lambung kapal dengan lebih estetik.

Selain 5 aplikasi di atas, sebenarnya ada banyak aplikasi lainnya yang dapat teman-teman pelajari dan akan berhubungan dengan Teknik Perkapalan seperti SketchUp, SolidWorks, MATLAB, Ansys Fluent, Ansys Aqwa. Masing-masing software tersebut memiliki fungsi masing-masing. Terkadang ada dua atau lebih software yang punya fungsi sama namun dengan fitur berbeda.

Point to take away is, terus kembangkan keterampilan software teknik kamu melalui pelatihan maupun otodidak. Selamat belajar teman-teman mahasiswa Teknik Perkapalan!

Share:

0 Komentar